Macam Macam Amanah

Posted on

Assalamu’alaikum, Hallo sobat pada kesempatan kali kami akan menyampaikan Artikel tentang Macam Macam Amanah – dalam islam lengkap dengan contohnya, meliputi dari Pengertian, makna, arti, bentuk, sikap, ciri ciri, dan cara menghindarinya.

Bismillahirrahmanirrahim,,,, Amanah adalah salah satu perbuatan dengan tindakan yang sangat baik yang pernah diajarkan Oleh Nabi Muhammmad karena hal ini juga perbuatan yang sangat di sengangi oleh Alloh sehingga manusia dapat menjaga perasaan satu sama lainya, dan tidak akan merugikan orang lain.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Amanah

Macam-Macam-Amanah

Amanah adalah salah satu perbuatan yang baik dengan sifat Shiddiq, Fathonah dan Tabligh, maka amanah adalah sebuah sikap yang pernah diajarkan Nabi Muhammad.

Arti amanah itu sendiri dapat diandalkan sesuai dengan ayat-ayat Alquran tentang amanah sedengan menurut KBBI diartikan sebagai sikap yang bisa dipercaya yang telah dipercayakan kepada orang lain, dan sebagainya.

Maka Amanah berarti dapat dipercaya dan dapat diteruskan ke orang yang berhak yang harus dipenuhi setiap hak-hak Allah, Kepercayaan terkait erat dengan tanggung jawab.

Orang yang menjaga amanah biasanya disebut sebagai orang yang bertanggung jawab dan sebaliknya disebut orang yang tidak bertanggung jawab sehingga dapat menjaga amanah itu sangatlah penting.

Baca Juga: Hukum Bacaan Mim

Hikmah Sikap Amanah

Orang-orang yang berbuat baik kepada orang lain telah melakukan kebaikan bagi diri mereka sendiri sebagai sikap yang dipercaya dan memiliki efek positif pada diri.

Di bawah kebijaksanaan memiliki sikap yang amanah adalah sebagai berikut.

  1. Kepercayaan dari orang lain sebagai hal yang sangat berharga ketika akan membangun hubungan atau berinteraksi dengan orang lain
  2. Mendapatkan simpati dari semua pihak
  3. Hidupnya akan sukses dan dipermudah oleh Allah

Baca Juga: Pengertian Namimah

4 Macam Macam Amanah

Amanah

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macan sifat amanah diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Amanah Fitrah

Amanah fitrah adalah sebuah sikap yang menunjukkan bahwa pencipta alam semesta yang selalu cenderung sifat manusia terhadap kebenaran, dan kebaikan sehingga amanah Fitrah sesuai dengan aturan Tuhan yang berlaku.

Dalam memahami hal ini juga sebuah kewajiban yang harus dipenuhi oleh umat manusia karena sebagai khalifah dengan memiliki sikap amanat kepada setiap orang selalu berbuat baik dan jujurdan akan menyebabkan kekuatan untuk menegakkan kebenaran.

Baca Juga: Jenis Jenis Kerajinan

2. Amanah Terhadap Allah Swt   

Amanah Terhadap Allah Swt adalah sebuah ketaatan yang akan melakukan perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.

Allah swt berfirman:

Allah-swt-berfirman

Dalam melakukan segala sesuatu yang telah diperintahkan dan untuk meninggalkan segala sesuatu yang dilarang harus memenuhi dan melayani apa yang sudah ditetapkan oleh Alloh.

3. Amanah Terhadap Sesama Manusia

Amanah Terhadap Sesama Manusia adalah sebuah sikap yang dapat ,menentukan hak-hak antar sesama manusia sebagai sikap yang akan menyampaikannya.

Allah swt berfirman:

Allah-Swt-berfirman1

4. Amanah Taklif Syar’i

Amanah Taklif Syar’i adalah sbuah sikap kepercayaan syari’ah dan mematuhi hukumnya sebagai bentuk perbudakan kepadanya. Rasulullah SAW telah mengatakan, “Sesungguhnya, Allah telah memerintahkan agar selalu berbuat kebaikan dan menjauhi semua apa yang di larang.

Baca Juga: Macam Macam Tobat

Contoh Sikap Amanah

Perilaku saling menjaga kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari maka dapat diwujudkan dengan melalui kegiatan-kegiatan berikut ini.

1. Menjaga titipan – sebuah sikap jika seseorang sudah mempercayakan dan haru dapat menjaganya dengan baik sehingga dapat mewujutkan sikap yang bermoral.

2. Menjaga rahasia – adalah sebuah sikap yang dapat menjaga rahasia pribadi, keluarga, sebagai prilaku dengan berkewajiban untuk mencegahnya agar tidak menceritakan nya kepada orang lain.

3. Jangan menyalahgunakan posisi – hal ini adalah sebuah sikap yang amanah yang harus dijaga sehingga harus menjaga apa yng sudah dipercayakan oleh orang kepada kita.

4. Memelihara semua nikmat – hal ini dalah salah satu sikap amanah yang diberikan oleh Allah dengah ilmu pengetahuan dan semua nikmat yang harus dijaga dan digunakan dengan sebaik-bainya.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga kita semua menjadi orang yang amanah, aamiin, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Dendam