Pengertian Ghadab

Posted on

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel tentang Pengertian Ghadab secara bahasa dan istilah dalam pandangan islam lengkap dengan Pengertian, makna, arti, prilaku, cara dan contohnya, supaya mudah dipahami.

Ghadab adalah adalah salah satu perilaku yang tercela yang harus dijauhi karena hal ini suatu perbuatan yang disebut dengan marahyang memuncak dan menimbulkan gadab, sehingga hal ini dapat membuat berubah nya kondisi anggota tubuh dan mencerminkan suatu perbuatan yang keji, untuk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Ghadab Adalah

Pengertian-Gadab

Ghadab adalah perilaku tercela yang harus dihindari sikap ini dapat muncul jika keinginannya tidak terpenuhi maka seseorang akan marah jika tujuan yang diinginkan tidak tercapai.

Ghadab (marah) secara harfiah berarti keras atau perbuatan yang kasardan akan mengakibatkan marah hal ini juga mengenai tentang sikap seseorang karena sering tidak senang terhadap perlakuan orang lain.

Orang yang pemarah adalah orang yang lemah imannya karena ia berpikiran sempit dan tidak dapat mengendalikan keinginannya sehingga seseorang berpikir keinginannya dapat menyelesaikan masalah.

Seorang mukmin yang baik selalu siap untuk memaafkan kesalahan orang lain trutama saudaranya Allah SWT menjelaskan bahwa menahan amarah adalah salah satu cara untuk bertakwa.

Ghadab atau marah juga sifat alamiah yang ada pada manusia dan islam mengajarkan untuk bisa mengendalikan marah seperti apa yang sudah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, Orang yang benar-benar takut akan dapat mengendalikan diri ketika mereka marah.

Amarah itu adalah suatu perbuatan yang terlarang Allah SWT sangat membenci orang yang memiliki sifat gadab atau pemarah.

Abu Hurairah r.a dan Rasulullah SAW bersabda.

Artinya:

”Orang yang kuat bukanlah orang kuat dalam bergulat atau berkelai melainkan orang mampu mengendalikan dirinya dari perbuatan amarah.

Baca Juga: Macam Macam Tobat

Contoh Perilaku Ghadab Atau Marah

  • Sangat mudah terpancing emosi
  • Sering melakukan perbuatan yang kasar
  • Mudah menghina dan mencaci orang
  • Menganggap semua masalah dapat diselesaikan dengan baik
  • Sering mengatakan kata kasar dan kotor

Ciri Perilaku Ghadab

  • Berprilaku yang sangat di larang oleh Allah SWT
  • Melakukan tindakan yang buruk dan sering melakukan kesehatan
  • Melakukan tindakan yang berbahaya dan terlarang

Cara Menghindari Perilaku Ghadab

  1. Harus meninggalkan sesuatu perbuatan yang dapat membuat kesal
  2. Harus dapat melihat bahwa masalah dapat diselesaikan dengan baik tanpa adanya kemarahan
  3. Harus berusaha selalu bersabar dan berprilaku lemah lembut dan selalu mendekatkan diri kepada Alloh
  4. Harus sering membaca Alqur’an dan sring mengingat Allah SWT
  5. Harus sering puasa dan kurangi bergaul dengan hal yang buruk
  6. Harus menyadari bahwa perilaku marah sangat dibenci oleh Allah SWT

Baca Juga: Pengertian Dendam

Tingkatan Prilaku Ghadab

1. Tingkatan Rendah – adalah sebuah sikap yang tidak kelihatan dalam marahnya dan sering menyimpan di dalam hati, sehingga akan menimbulkan gejolak sifat yang tenang.

2. Tingkatan Sedang – adalah sebuah sikap marahnya yang kelihatan, tetapi marahnya masih mampu di kendalikan bila menghadapi masalah yang besar dan masalah kecil.

3. Tingkatan Tinggi – adalah suatu sikap yang sangat berbahaya karena marahnya tidak dapat di kendalikan lagi dan akan mengakibatkan permusuhan dan kebencian dan menilai seseorang lebih rendah dari nya.

Nah demikianlah pembahasan dari kami, tentang Pengertian Gadab lengkap sesuai dalam ajaran islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: