Peran Dalam Drama

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang peran dan drama – lengkap dengan pengertian, unsur, penokohan, teknik, syarat dan contohnya supaya mudah dipahami.

Peran drama – adalah karya sastra yang sifatnya bukan hanya di baca saja, melainkan dapat di bikin untuk sebuah pementasan yang memiliki banyak tokoh dan sifat.

Apa Itu Peran Dalam Drama

peran-dalam-drama

Peran dalam drama adalah sebuah pementasan atau lakon yang di mainkan oleh banyak orang dengan beragam peran dan sebutan.

Setiap pementasan dalam sebuah drama terkadang penonton di bikin bingung dengan peran yang di mainkan oleh para toko di saat sedang pentas di atas panggung.

Bukan hanya peran saja tetapi sebuah karakter juga di mainkan oleh para pemain, sehingga di dalam sebuah alur akan timbul struktur dramati

Bukan hanya peran saja tetapi sebuah karakter juga di mainkan oleh para pemain, sehingga cerita tersebut akan menjadi hidup dengan begitu penonton akan sangat menikmati pertunjukan tersebut.

Baca Juga: Fungsi Huruf Kapital

Syarat Menjadi Seorang Peran Drama

drama

Untuk menjadi seorang peran tidak lah mudah karna kita harus dapat menguasi peran yang kita terima.

Agar kita dapat menguasai peran di butuhkan sebuah latihan yang sangat serius dan secara terus menerus sehingga kita dapat menguasai dan menghayati.

Ada beberapa syarat agar kita dapat menjadi seorang pemeran antaralain yaitu:

1. Disiplin

Untuk dapat menjadi pemeran kita harus dapat disiplin mulai dari latihan hingga disiplin ketika pementasan sedang berlangsung, karna kedisiplinan itu timbulnya dari diri kita sendiri.

2. Bertanggung Jawab

Berhasil atau tidaknya dalam sebuah pementasan tergantung sampai mana pertanggung jawaban kita mengenai peran yang kita terima.

Selain bertanggung jawab atas peran yang kita terima kita juga harus bertanggung jawab terhadap para anggota dalam menghafal sebuah dialog hingga ke pertunjukannya.

3. Ulet

Pemeran juga harus dapat melatih dengan tekun mengenai dialog serta gerak agar dapat mencapai keberhasilan dan kesempurnaan dalam sebuah pementasan.

4. Percaya Diri

Seorang pemeran harus memiliki percaya diri yang kuat, karna tanpa adanya percaya diri setiap peran yang di mainkan tidak akan sempurna.

Percaya diri merupakan salah satu bekal bagi para pemeran agar ketika berada di depan penonton atau di atas panggung tidak merasa gerogi.

Baca Juga: Kerangka Teks Pidato

8 Peran Dalam Drama

gambar-utility-1

Di sebuah drama banyak terdapat peran dan toko yang mempunyai sebuta beda – beda sesuai dengan perannya masing – masing.

Di bawah ini ada beberapa peran yang terdapat di sebuah drama antara lain:

1. Tritaganis

Peran tritaganis adalah sebuah peran yang bersifat netral dalam arti tidak memihak pada siapapun.

Toko ini biasanya berwatak bijasana dan berwibawa karna tokoh ini bersifat sebagai penengah selain itu tokoh ini memiliki sebuah wawasan yang luas.

2. Foil

Peran foil adalah sebuah peran yang banyak berpihak pada antogonis, tujuannya tidak lain agar dapat menghalangi tokoh protagonis biar tujuannya btidak tercapai.

3. Protagonis

Peran protagonis merupakan peran utama dari sebuah cerita yang di mainkan tetapi mempunyai sifat yang baik.

Selain sebagai peran utama dalam sebuah cerita protogonis juga dapat menyelesaikan bentuk masalah yang timbul, masalah dapat saja timbul dari alam, toko lain serta diri sendiri.

4. Antagonis

Antagonis adalah sebuah peran yang berperan sebagai orang jahat sehingga peran ini bmerupakan kebalikanb dari peran protogonis.

Peran ini selalu menyebabkan timbulnya banyak masalah karna peran ini juga berperan sebagai orang yang bersifat arogan, angkuh dan kuat.

5. Utility

Utility sendiri memiliki peran sebagai penghibur peran ini terkadang dianggap tidak penting, justru dengan adanya peran ini semua adegan akan terasa nyata dan jelas.

Atau bisa juga disebut peran pembantu atau peran pelengkap agar dapat mendukung semua dari rangkaian cerita.

6. Deutragonis

Deutragonis merupakan sebuah peran yang bertugas menolong peran protagonis dalam meyelersaikan setiap persoalaan yang terjadi di pertunjukan.

Deutragonis sendiri selalu berperan untuk membela atau membantu dari pada peran protagonis serta salah satu tempat untuk mengadu protagonis.

7. Confident

Confiden sendiri merupakan tempat mengadu bagi peran protagonis serta untuk sebuah tempat mengeluarkan pendapat setiap persolan dalam adegan tersebut.

Pendapat dari peran protagonis jangan sampai tokoh lain mengetahuin hanya penonton dan confident yang dapat mengetahuin.

8. Raisonneure

Raisonneure sendiri keberadaanya tidak akan nampat di sebuah derama, tetapi kita dapat mengetahui suaranya.

Karna suara tersebut hanya akan menjelaskan tentang kisah atau cerita yang di perankan.

Dalam mencari tokoh untuk sebuah drama tidak bisa sembarangan namun di butuhkan sebuah tehnik agar tokoh yang kita pilih dapat di senangin banyak orang.

Baca Juga: Contoh Isi Puisi

Teknik Penggambaran Sebuah Tokoh

Untuk teknik penggambaran sebuah tokohpun di bagi menjadi dua antara lain:

A. Teknik Dramatik

Teknik dramatik adalah menggambarkan tentang sebuah sifat dari pada tokoh mengenai teknik kesadaran, tingkah laku, serta teknik perasaan dan pikiran.

Teknik ini secara tidak langsung mengarang tentang tingkah laku tentang tokoh serta sifatnya.

B. Teknik Analitik

Teknik analitik merupakan tentang sebuah penjelasan secara langsung mengenai tokoh cerita.

Baca Juga: Sinonim Penggunaan

Unsur Seni Peran

Dalam unsur seni peran ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu:

1. Lakon

Lakon adalah sebuah nyawa jika kita masukan ke dalam seni peran, lakon juga dapat di sebut sebagai kata kerja.

2.Unsur Ruang

Unsur ruang dalam seni peran adalah sebuah gerakan atau tarian yang di timbulkan dari anggota tubuh

3. Penokohan Serta Perwatakan

Penokohan dan perwatakan sangatlah penting dalam sebuah peran karna pran tersebut tidak akan dapat berjalan jika tidak ada penokohan dan perwatakan.

4. Unsur Suara

Unsur suara juga tidak kalah pentingnya karna suara bagus namun tidak dapat berdialog sama saja juga bohong.

Seorang aktor harus mempunyai suara yang sangat prima karna seorang aktor akan meyalurkan suara ya kedalam sebuah peran yang dimainkan agar nampak kelihatan hidup.

5. Unsur Tubuh

Seorang aktor harus mempunyai daya tahan tubuh yang bagus atau perima tubuh juga merupakan hal yang amat penting bagi seorang aktor.

Sebab peran dari anggota tubuh amatlah penting bagi aktor di saat dia ekting atau memainkan perannya.

6. Unsur Sebuah Kostum

Dalam memperkuat watak dari pemain di butuhkan sebuah kostum sehingga kostum amatlah penting di dalam sebuah peran.

7. Penghayatan

Untuk sebuah acting sangat dibutuhkan penghayatan yang betul – betul maksimal atau totalitas karna penghayatan merupakan perhatian yang sangat khusus bagi seni peran.

Karna setiap peran yang di bawahkan akan berbeda – beda sehingga jika kita tidak total dalam memainkan peran maka peran itu akan kelihatan mati.

8. Unsur Musik

Musik adalah sebuah pendukung agar jalan ceritanya lebih hidup musik juga biasanya di sesuaikan dengan bentuk dari pada derama tersebut.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang peran dalam drama agar mudah di pahamin sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>>>