Sinopsis Tari

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan Materi tentang Sinopsis Tari dalam seni tari jaipong – lengkap dengan pengertian, jenis, metode, ringkasan dan contohnya supaya mudah dipahami.

Apa Sinopsis Tari –Hal ini Adalah salah satu bentuk seni dalam sebuah ringkasan atau abstraksi, sebagai karya tari Nusantara yang akan ditampilkan di festival seni regional di tingkat nasional.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Sinopsis Tari

Sinopsis-Tari

Sinopsis dalam sebuah karya tari dalam ringkasan atau abstraksi yang diekspresikan dalam sebuah karya tari sehingga dapat mengambil bentuk deskripsi pada kalimat dengan jelas dari ini karya tari.

Sinopsis biasanya dapat ditulis oleh sutradara tari dengan penata tari harus benar-benar dapat menguasai pekerjaan tariannya yang akan membuat ringkasan dari karya tari dalam kelompok sayang saling berhubungan.

Dalam membuat ringkasan juga harus dari bentuk tarian tunggal, sehigga kadang-kadang perlu menyebutkan nama penata tari dengan penata busana dalam karya tarian.

Maka tinjauan tari juag dapat pengantar atau penjelasan dalam penata musik dapat dapat mendukung semua penari atau pendukung musik.

Baca Juga: Akor Keyboard

Jenis Sinopsis Tari

Dari pengertian diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam Sinopsis Tari diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tari Cik Puan

Tarian Cik Puan adalah sebuah jenis tarian yang menunjukkan kekuatan dan ketangkasan dalam keberanian seorang wanita cantik dan lembut bernama Cik Puan.

Maka penari dapat mengatur ringkasan sebelum melakukan tarian, yang akan disiapkan sebelum karya tari menyederhanakan proses karya tari.

Baca Juga: Sejarah Seni Rupa

2. Tari Bercande

Tarian Bercande adalah salah satu jenis tarian yang berasal dari Sumatera Selatan yang dapat menunjukkan kelincahan dan kebahagiaan anak muda yang bercanda dan bermain.

Tarian ini juga bernuansa religius dengan gerakan dan langkah dalam tarian yang dinamis mencerminkan tentang sebuh kehidupan generasi muda dalam pembangunan.

3. Tari Rantah Talo

Tarian Rantah Talo adalah sebuah tarian dari Aceh sebagau kisah merajut tali dalam bentuk ornamen, dan diiringi oleh musik tradisional seperti rapai.

Ringkasan ini tidak hanya bisa berupa deskripsi kalimat yang dapat menggambarkan isi dari sebuah karya tari yang digunakan dalam berbagai kreasi tari.

Baca Juga: Cabang Seni

4. Tari Remo

Tari Remo adalah sebuah tarian untuk menyambut tamu-tamu hebat yang diciptakan oleh musisi jalanan di masa lalu sehingga dalam hal ini kebanyakan orang harus bisa menari.

5. Tari Kuda Gepang Putri

Tari Putri Gansa Putri adalah salah satu tari kreasi yang berbasiskan tarian tradisionaldan akan dikembangkan sebagai menunjukkan kewaspadaan dalam keterampilan untuk mencapai kemerdekaan.

6. Tari Parintang

Tari Parintang adalah salajh satu tarian yang berasal dari seni para empu dan Pencak yang menunjukkan aktivitas remaja di waktu luang dan berkembang di Sumatera Barat.

Baca Juga: Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Metode Penyusunan Sinopsis Tari

  1. Isi dari daftar isi harus jelas sesuai dengan isi karya tari
  2. Kalimat yang mudah dipahami publik
  3. Ringkasan pendek, tetapi berisi seluruh gambar karya tari

Ringkasan Sinopsis Tari

  1. Nama penata tari
  2. Nama penari
  3. Nama stylist yang menyertai
  4. Nama penata rias dan fashion
  5. Nama desainer pencahayaan

Baca Juga: Seni Kriya Gerabah

Contoh Sinopsis Tari

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas amaka kami juga akan menyampaikan Contoh dari Sinopsis Tari diantaranya adalah sebagai berikut.

Tari kedok abu-abu
Sutradara tari : Ida
Pendamping : Feriyanto
Sutradara mode : Ida
Direktur : Sutopo
Penari : Ida

Setiap akhir langkah akan melawan beban

Karma celaan sebagai ketundukan, bukan hanya penyerahan

Penyerahan merupakan salah bentuk perlawanan yang keras

Pada akhirnya karma mereka sendiri sksn sibuk menyalahkan manusia lainnya

Mereka akan bertarung untuk melawan martabat kemanusiaandan akan melindungi diri sendiri

Wajah yang munafik dan wajah tanpa nurani
Wajah yang bertopeng dan asli tanpa palsu
Wajah yang paling konkret sebagai topeng dalam teater animasi

Tamaaat

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, Sinopsis Tari sebagai seni jaipong dan contohnya, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Tugas Pimpinan Produksi