Cabang Seni

Posted on

Halllo sobat kami dari rumussoal.com ingin membahas Artikel tentang Cabang Seni – lengkap dengan pengertian, karakteristik, jenis, manfaat, tujuan contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Cabang Seni – adalah sebuah proses dengan penciptaan karya seni dengan seorang seniman yang selalu berhubungan dengan media yang akan dipilih sehingga dapat menggunakan media yang mengandung estetika sebagai bentuk yang mengacu pada bentuk seni yang akan ditujukan pada nilai keindahan dengan perkembangannya.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Cabang Seni Adalah

Cabang-Seni

Seni adalah bagian dari komunikasi manusia yang berdasarkan pengalaman dengan perasaan dan keindahan dan memiliki pengaruh besar pada perkembangan dari semua bidang kehidupan dengan keindahan.

Pada perkembangan zaman maka kebutuhan dan pemahaman manusia, seni juga semakin berkembang dan diikuti oleh lahirnya seni baru di masyarakat.

Secara umum seni adalah aktivitas manusia untuk menciptakan karya visual atau performatif yang mengekspresikan imajinasi dengan ide atau teknik dalam penciptaan untuk menghargai keindahannya.

Seni juga sebuah ekspresi perasaan manusia dalam dunia nyata yang memiliki unsur keindahan atau estetika, dan memiliki fungsi sebagai kegunaan untuk manusia.

Istilah seni berasal dari bahasa Sansekerta dan berarti ibadah, persembahan dan layanan yang terkait erat dengan upacara keagamaan yang disebut seni.

Sementara itu, menurut ilmu pengetahuan Eropa, seni berasal dari kata yang berarti buatan, yang merupakan media yang melakukan kegiatan tertentu.

Baca Juga: Jenis Tari Berpasangan

Cabang Cabang Seni

seni-cabang

Dari ulasan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa macam cabang seni khususnya yang terdapat dalam seni, diantaranya adalah sebagai berikit.

1. Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang memiliki bentuk spesifik dan menggunakan elemen visual yang terbagi menjadi gambar, lukisan, patung, grafik, kerajinan tangan.

Seni mencakup sebagai kemampuan untuk memahami dan memanipulasi lukisan untuk membuat patung dengan kemampuan dan akan menghasilkan kerajinan tangan.

Seni rupa telah ada sejak awal era animisme dan dinamisme saat ini, Seni performatif dengan bentuk nyata yang dipandang sebagai dasar untuk visualisasi dengan media adalah.

  • Seni Murni (art): Seni rupa diciptakan terlepas dari kegunaannya atau seni grafis (Gratis Arat).

Contoh: lukisan, patung, gambar, dll.

  • Seni Terapan: Seni rupa yang menangani keindahan.

Misalnya: lukisan, seni, dekorasi dll.

Baca Juga: Jenis Jenis Kerajinan

2. Seni Teater

Seni teater pada dasarnya mencakup kemampuan untuk memahami dan bekerja di teater dan membuat naskah dengan merancang pertunjukan teater, dan penciptaan suasana sebagai alat tambahan dalam bidang seni teater.

Seni teater juga bagian integral dari seni media dengan ekspresi suara dalam bentuk karakterisasi sebagai pembuatan gips, ekspresi bawaan, intonasi, regulasi, laring, dan faring.

Jenis seni teater / teater:

  1. Teater tua
  2. Teater komedi
  3. Teater baru
  4. Sendratasik (drama dan musik)

3. Seni musik

Elemen musik adalah sebuah elemen utama seni dengan bentuk harmoni, melodi dan notasi untuk tumbuh dan berkembang dari zaman Renaissance hingga saat ini.

Jenis seni musik adalah:

  1. Musik klasik
  2. Musik jazz
  3. Musik pop
  4. Musik Bosa
  5. Musik rock
  6. Musik tradisional dll

Baca Juga: Sejarah Seni Rupa

4. Seni Tari

Seni Tari adalah hasil ciptaan manusia yang menggunakan gerak tubuh sebagai keindahan sehingga dapat berperan sebagai media untuk mengkomunikasikan tujuan tertentu koreografer.

Jenisnya adalah:

  1. Tarian klasik
  2. Kreasi tarian baru
  3. Tarian tradisional
  4. Tarian modern dll

5. Seni sastra

Seni sastra adalah hasil dari kekuatan ciptaan manusia yang dinikmati dalam kaitannya dengan visual dan makna yang dimilikinya sehingga dapat merepresentasikan pada keindahan dalam bentuk kata.

Jenis seni sastra:

  • Puisi
  • Cerita pendek
  • prosa
  • 4 pantun dll

Baca Juga: Pengertian A Cire Perdue

Tujuan Seni

Tujuan dengan menciptakan seni sangat beragam keindahan dan kebaikan bersama dan memiliki tujuan adalah sebagai berikut.

Berikut beberapa tujuan seni, yaitu:

1. Kembangkan kreativitas: dalam hal ini adalah dapat mengembangkan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang lebih sempurna.

2. Mengembangkan keterampilan apresiasi: hal ini adalah salah satu tujuan dengan mengenali nilai budaya dan seni.

3. Mengembangkan keterampilan: Adalah salah satu tujuan dengan mengembangan keterampilan dan profesi lain untuk mengatasi kesulitan dan hambatan.

4. Mengembangkan kepribadian: hal ini selalu memiliki karya seni yang unik dengan kepribadiannya.

Demikianlah pembahasan yang dapat kami sampaikan, tentang cabang seni, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat memberikan wawasan dan sebagai bahan referensi, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Corak Corak Batik