Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi lengkap dengan pengertian, teknik, jenis, bentuk, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi – adalah salah satu karya seni yang dikenal dengan lukisan dan media sebagai bahan dan alat untuk menggambar dengan berkarya dalam seni lukisan.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Seni Rupa 2 Dimensi Adalah

Media-Karya-Seni-Rupa-2-Dimensi

Seni dua dimensi adalah sebuah bagian dari seni visual dan sebagai bentuk seni yang berbeda dengan jenis seni yang lainnya, sehingga seni dua dimensi memiliki nilai keindahan yang sangat bagus di media seni visual.

Dalam seni ini juga bisa melihat dan memahami dari berbagai seni, yang digunakan dalam dunia seni yang memiliki batas dari dua sisi dengan membentuk sisi panjang dan sisi lebar.

Baca Juga: Tarian Thailand

Teknik Seni Rupa 2 Dimensi

seni-dua-dimensi

Dari pembahasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberpa teknik dalam seni dua dimensi yang yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut.

Teknik plak: Teknik adalah sebuah teknik melukis dengan cat minyak, cat poster atau cat akrilik dengan ketebalan untuk mencapai hasil yang padat.

Teknik Transparan: Teknik transparan adalah sebuah teknik melukis gambar dengan cat cair untuk lukisan harus tipis agar hasilnya tampak transparan.

Teknik kolase: Teknik ini adalah salah satu teknik yang memberikan gambar realistis atau abstrak, karena terdiri dari potongan-potongan kertas yang telah dilem.

Teknik gluing, cutting: Dalam teknik ini adalah salah satu teknik di mana lembaran kertas dimanipulasi dengan bentuk tiga dimensi.

Teknik linear: adalah salah satu Teknik linear menggambar objek yang menggunakan pola garis dengan pensil atau dan dapat juga di lakukan dengan pena.

Teknik Blok: Teknik blok adalah teknik yang digunakan untuk menutupi objek lukisan dengan warna.

Teknik naungan: Teknik naungan adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menutupi objek dengan garis luar atau garis silang.

Teknik DUSSEL: Teknik ini adalah sebuah objek yang dicat dan diterangi dengan pensil dengan garis miring.

Teknik Pointilis: Teknik pointilis adalah adalah salah satu teknik yang digunakan untuk menghitamkan objek pada lukisan.

Teknik Aquarel: Teknik Aquarel adalah teknik yang dapat digunakan untuk menutupi benda-benda dan dioleskan cat cair.

Teknik mosaik: Teknik mosaik adalah teknik melukis dengan melampirkan objek tiga dimensi

Teknik menenun: Teknik menenun adalah salah satu teknik yang digunakan untuk tumpang tindih dan menyilang bahan untuk membuat karya seni tenun.

Baca Juga: Tari Kreasi Nonetnik

Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Dari pembahasan di atas media adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk menghasilkan karya, dan disini kami akan mengulas media yang du gunakan dalam membuat senia dua dimensi.

Berikut beberapa media seni karya dua dimensi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pensil

Pensil dibuat dengan campuran grafit dan tanah liat hal ini sangat mendasar bagi karya seni yang dibuat dengan pensil dapat, membuat sketsa atau lukisan.

2. Kontes

Kontes ini adalah alat yang digunakan dalam karya seni dua dimensi, dengan kontes yang halus dan sangat hitam, atau dapat juga dikatakan dengan memiliki warna hitam pekat.

3. Pensil warna

Pensil warna sering digunakan untuk membuat lukisan dan pensil warna terdiri dari berbagai warna dan memiliki tekstur yang lembut yang dikenal pada kalangan yang penggunaannya dengan sederhana.

4. krayon

krayon adalah salah satu bahan pensil warna atau alat yang digunakan untuk membuat karya seni dua dimensi yang di lakukan dengan banyak warna.

5. Pena

Pena adalah alat untuk mendukung karya seni dua dimensi, yang terdiri dari tinta, tinta yang terkandung dalam pena sering didominasi oleh hanya tiga warna.

Baca Juga: Cabang Seni

6. Cat air

Cat air adalah bahan yang sangat akrab bagi pelukis, dan bahkan untuk pemula karena kemudahan penggunaannya dan mengarah ke karya-karya yang cenderung lebih klasik.

7. Cat minyak

Cat minyak adalah salah satu alat yang digunakan seniman untuk membuat karyanya di media kanvas dan memiliki tingkat yang sulit dan tidak mudah untuk melihat hasil karyanya. Yang melalui kombinasi warna yang akan terima secara eksklusif.

8. kanvas

Kanvas adalah salah satu media lukisan yang paling terkenal di media lukisan dan yang paling banyak digunakan oleh para seniman untuk menciptakan karya seni dua dimensi.

9. Sikat

Kuas adalah alat yang digunakan dalam karya seni dua dimensi. Digunakan untuk melukis minyak atau cat air atau bahan lain dalam media lukisan untuk membuat gambar.

10. Pallet

Pallet adalah alat atau wadah sebagai media yang digunakan sebagai alat untuk mengaplikasikan cat untuk mencampur warna sesuai keinginan pelukis.

11. komputer

Komputer sangat dibutuhkan sebagai media pendukung untuk hasil karya seni dua dimensi yang menggunakan teknik tertentu seperti gambar digital. Komputer dapat menjadi media dan alat yang digunakan untuk membuat karya.

Baca Juga: Jenis Musik Barat

Warna Karya Seni Rupa 2 Dimensi

Sebagai menambah informasi yang sering di lakukan dlam karya seni dua dimensi untuk mencocokan warna lukisannya dengan baik.

Berikut warna dan ini contohnya:

  1. Warna primer – Warna dasar terdiri dari: merah, biru dan kuning
  2. warna sekunder – Perpaduan dua warna dasar
  3. warna tersier – Campuran dua warna sekunder
  4. Warna analog – Diatur berdampingan di roda warna
  5. warna pelengkap – Warna kontras (perbedaan warna mencolok)

Demikianlah yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang media karya seni rupa dua dimensi, lengkap dengan jenis dan contohnya, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat memudahkan kita mencintai seni, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Teater Transisi