Teknik Dasar Lompat Jauh

Posted on
Teknik-Dasar-Lompat-Jauh

Artikel membahas Teknik dasar Lompat Jauh – lengkap dengan pengertian, sejarah, manfaat, peralatan, ukuran lapangan, cara, contoh dan gambar pada saat melakukan olahraga lompat jauh.

Salam Olahraga,,, Teknik Dasar Lompat Jauh adalah salah satau cabang olahraga yang sbermanfaat bagi kesehatan jasmani dan melakukannnya juga harus memiliki keterampilan dan kecerdasan otak, Olahraga ini juga sebagaian besar telah banyak terdapat di berbagai kota bahkan dunia dan sering di adakan dalam ajang perlombaan tingkat dunia internasiaonal.

Lansung saja simak pembahasn di bawah ini…?

Apa Itu Lompat Jauh

Laompat-jauh

Lompat jauh adalah salah satu cabang olah raga atletik yang sering diperebutkan dalam ajang perlomban kompetisi tigkat nasional dan internasional yang di perbutkan dari berbagai negara yang ada di dunia.

Prinsip dasar yang terdapat pada olah raga ini sebagai suatu teknik lompatan ke depan dengan melakukan berbagai gerakan pada saat tubuh atlet melayang di udara.

Dengan demikian sejarah lompat jauh kelas dunia dimulai sekitar 13 abad yang lalu tepatnya pada abad ke 708 dalam ajang perlombaan Olimpiade kuno yang di adakan di Yunani.

Olahraga lompat jauh ini juga di resmikan dari tahun 1896 karena karena lompat jauh adalah satu-satunya olahraga lompat yang diadakan di Olimpiade pada saat itu.

Olahraga lompat jauh bertujuan sebagai mendidik mental atau fisik dengan cara yang kompetitif secara internasional di Olimpiade Dr. Harry Eaton telah menyatakan bahwa olahraga ini adalah sebagaian olahraa yang banyak sekali di gemari dari berbagai negara.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Peraturan Lompat Jauh

Ada beberapa aturan pada saat melakukan olahraga lompat jauh yang yang harus diketahui bagi setiap atlit, karena dapat dengan mudah meraih keberhasilan.

Berikut peraturan dalam lompat jauh adalah:

1. Para Atlit tidak boleh melebihi titik lompat terendah karena hal itu dianggap tidak valid apa bila kaki melebihi batas titik awal yang ditentukan pada saat perlombaan.

2. Para Atlit melakukan jungkir balik pada saat perlombaan di mulai karena hail ini dapat mengurangi nilai dan dianggap tidak valid.

3. Para Atlit biasanya mengarah ke jarak lompatan yang signifikan sehingga hasil lompatan akan memaksimalkan dan mendapatkan poin unutk kemenangan.

4. Para Atlit di larang untuk melakukan Jumper dan harus mendarat di arena yang ditunjuk sehingga dapat dianggap sah oleh juri.

Baca Juga: Teknik Dasar Panjat Tebing

4 Dasar Teknik Lompat Jauh

Dacar-lompat-jauh

1. Teknik “Awalan”

Teknik awalan adalah salah satu teknik yang dimana harus benar benar di perhatikan bagi setiap pemain yangakan melakukan lompatan karena dalam teknik ini akan ada penilaian.

Berikut teknik awalan dalam lompat jauh adalah.

  • Jika kaki menginjak maka lakukan dengan kaki yang terkuat sebaik nya menggunakan kaki bagian kanan dan pada saat akan mendarat menggunakan kaki kiri.
  • Ketika akan mendarat maka tubuh agak sedikit condong ke arah depan
  • Menggunakan alas yang terbaik
  • Kaki yang digunakan sebagai kaki kanan atau kiri dengan ayunan secara berlahan.

2. Teknik “Tolakan”

Dalam teknik yang kedua adalah haru di perhatikan beberapa hal diantaranya.

  • Gunakan kaki yang terkuat bisa menggunakan kaki kanan atau kaki kiri.
  • Ketika mendarat tubuh sedikit condong ke arah depan
  • Selalu menggunakan alas yang terbaik
  • Kaki yang digunakan adalah kaki kanan atau kiri

3. Teknik “Melayang di Udara”

  • Saat mendorong maka ayunkan kaki ke depan dan arahkan ke atas
  • Saat melayang di udara maka turunkan kaki dengan beberapa gerakan
  • Saat mendarat maka ayunkan kaki dan tangan ke arah depan dan , diikuti dengan gerakan dorong kedua kaki.

Adapun beberapa teknik yang dapat digunakan untuk mendapatkan lompatan maksimum adalah.

  • Float with a crouch – adalah salah satu tekni atau cara yang paling mudah dengan posisikan kaki yang terbauk atau menekuk kemudian ikuti dengan sandaran kaki yang mengarah kedapan.
  • Drifting with drifting – adalah satu satu teknik atau cara dengan posisi kaki lurus mengarah kedepan dan diikuti sandaran kaki lutut saat mendorong pinggul ke depan.
  • Terbang sikap berjalan di udara – adalah salah satu teknik atau cara yang paling pudah adalah ayunkan kaki mengarah kebelakang pada saat melayang di udara maka lakukan gerakan seperti menendang atau berjalan di udara.

4. Teknik “Pendaratan”

  • Tentukan kaki dengan jarak awalan yang benar
  • Penentuan ritme seabagai berjalan dari awalan
  • Keterampilan dalam melakukan tolakan
  • Kemampuan pada saat bergerak di udara
  • Kemampuan bergerak pada saat mendarat

Lapangan Lompat Jauh

lapangan-lompat-jauh

Lapangan dalam lompat jauh terdiri dari tiga bagian, yaitu

  1. Lapangan atletik untuk memulai
  2. Papan pertahanan
  3. Dan sandpit

Berikut penjelasan yang lebih rinci adalah sebagai berikut.

  • Lacak untuk melompat dengan ukuran standar internasional adalah 40 m. dan lebarnya mencapai 1,22 dan 1,25 meter maka masing-masing ujung diwarna putih.
  • Papan tolakan biasanya terbuat dibuat dari kayu panjang plat mencapai 1,22 m, dan lebar 20 cm atau ketebalan mencapai 10 cm dan seterunya di warna putih.
  • Tanjung berpasir atau Sandbox dengan bentuk persegi panjang lebar 9 × 2,75 m.

OK sobat demikianlah pembahasan dari kami tentang teknik dasar lompat jauh lengkap dengan pembahasan yang sangat mudah di pahami, semoga artikel kami bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Salam olahraga…!

Baca Juga: Teknik Dasar Sepak Bola