Unsur Naskah Drama

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Unsur Naskah Drama – lengkap dengan pengertian, tujuan dan manfaat, supaya mudah dipahami.

Unsur Naskah Drama – ialah sebuah teks yang berisi tentang dialog dengan mengambarkan para karakter tokoh di dalam ceritanya, yang berfungsi sebagai naskah sastra (buat dibaca) / naskah untuk ditampilkan, Kata drama itu sendiri berasal dari Negara dan Bahasa Yunani yang berarti tindakan/perbuatan. 

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Pengertian Naskah Drama

Pengertian Unsur Naskah Drama ialah sebuah teks yang berisi tentang dialog yang mengambarkan para karakter tokoh di dalam sebuah ceritanya, sehingaga dapat berfungsi sebagai alur dalam cerita dan dapat ditampilkan pada saat pemetasan drama.

Kata drama juga berasal dari Negara dan Bahasa Yunani yang berarti tindakan / perbuatan dalam pemetasan drama, yang diperankan dari berbagai tokoh. 

Unsur Intrinsik Dalam Drama

Dari penjelasan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa unsur dalam naskah drama, diantaranya adalah sebagai berikut.

A. Karakter: Pemain yang memainkan setiap adegan sehingga adegan itu bisa mengalir dan menjadi sebuah cerita yang bagus, ada tiga karakter dalam drama yakni antagonis, protagonis dan tritagonis.

B. Alur: Jalan pada cerita drama, biasa juga dimulai pada awal, puncak cerita, perumitan, perkelahian, peleraian, dan juga bagian akhir.

C. Tema: Gagasan pokok yang paling dasar pada naskah drama.

D. Sudut pandang: Sudut pengarang memberitahukan cerita, ada tiga sudut pandang yaitu, sudut pandang orang pertama lalu sudut pandang orang ketiga, dan juga sudut pandang pengamat yang serba tahu.

E. Amanat: Pesan moral yang baik harus disampaikan oleh sang penulis pada yang menonton drama.

F. Latar: Semua yang ada dalam drama mengacu kepada keterangan suasana, ruang dan waktu.

Contoh Naskah Drama Pendek

naskah drama singkat unsur interinsik dan contohnnya
Impian Masa Depan
Pemeran:
Reka
Amel
Iis
Fani


Pada suatu malam yang dinggin, Reka, Amel, Iis dan Fani sedang menginap di rumah Reka, Reka, Amel, Iis dan Fani sedang membicarakan tentang impian pada masa depannya sebagai para wanita yang modern.

Reka : Pendapat kalian bagaimana, pada saat lulus kuliah nanti, sebaiknya kita bekerja sesuai dengan bidang kuliah yang kita jalani sekarang atau tidak.

Amel: Kalau menurut aku wajib banget, Karena kit kan sudah benar-benar memilih jurusan kita masing-masing sejak awal, tentu saja harus mencari pekerjaan yang sama dengan jurusan yang kita pilih sekarang supaya ilmunya bisa terpakai.

Iis: Jika menurut aku yang penting itu mencoba kerjaan apa saja dulu, tidak usah terlalu berharap tinggi kalau baru pertama berpengalaman kerja.

Reka : Jika kamu gimana, Fan.

Fani: Jika aku sih yang paling penting upahnya jangan terlalu kecil, (sambil tertawa lepas)

Amel: Oh iya Kalau kamu sendiri gimananih, Rek.

Reka: Kalau aku sih jika sudah lulus nanti aku tidak mau kerja di perusahaan orang lain, aku inggin membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Amel: Bukankah sebaiknya kita cari pengalaman kerja pertama dulu baru kita bisa membuka perusahaan sendiri ya.

Fani: Iya betul itu, kalau kamu belum pernah ada pengalaman kerja, kamu mau buat perusahaan yang kaya mana, kan, belom ada contoh.

Iis: emm, yasudahlah saat ini kita tidak usah berdebat sanggat detail, kita kan masih SMK, (menghadap ke kawan-kawannya, dengan tegap dan santai)

Reka : Tertawa terbahabahak yang paling penting sekarang adalah kita sudah tahu cita-cita kita, Itu yang paling penting.

Amel dan Fani: oke deh, sambil tertawa.

Sekian Tamat

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Unsur Naskah Drama, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: