Unsur Unsur Buku Harian

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Unsur Unsur Buku Harian – lengkap dengan pengertian, ciri ciri, bentuk dan contohnya, supaya mudah dipahami.

Unsur Unsur Buku Harian – Dalam mencurahkan isi hati juga dapat mengungkapkan di dalam bukuharian yang dibuat, dengan menuliskan beberapa peristiwa pada perjalanan kehidupan sehari-harinya.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Buku Harian

Unsur-Unsur-Buku-Harian

Buku harian adalah salah satu catatan dari cerita yang berisi catatan perjalanan kehidupan dengan melakukan berbagai hal kegiatan, atau peristiwa yang terjadi pada pengalaman diri pribadi.

Hal Ini disebut sebagai buku catatan diary yang ditulis dan diisi setiap hari dengan pengalaman, Diary juga memiliki banyak keuntungan yang akan dihasilkan dari menulis buku harian.

Sehingga dapat mengetahui pengalaman kehidupan, dan dapat ingatan saat-saat kesendirian di rumah dengan mengingat berbagai peristiwa yang kita alami di masa lalu dari buku harian.

Unsur Unsur Buku Harian juga dapat mengambil sebuah pembelajaran yang bermakna dari ingatan ini untuk kehidupan kita yang selanjutnya dengan mengenang ingatan tentang hal-hal yang buruk atau hal yang baik.

Dan tujuan dari Buku Harian dapat bercerita pada teman atau orang tua karena memiliki beberapa pengalaman, dan dapat juga mencurahkan isi hati kepada orang lain.

Unsur Unsur Buku Harian dapat menyimpulkan bahwa setiap orang dapat membuat buku harian dengan menulis hal-hal penting yang dialami setiap har yang berkaitan dengan perasaan hati dan catatan pribadi tentang perasaan yang mengalami.

Baca Juga: Cara Membuat Pengumuman

Tujuan Menulis Buku Harian

Dari pengertian singkat di atass maka kami juga akan menyampaikan bebeapa tujuan dari buku harian diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Tempat Curhat

Menulis Buku Harian dapat melampiaskannya sebagai sarana Tempat Curhat dan dapat juga mencurahkan isi hatinya pada sesuatu atau orang lain untuk meringankan bebannya.

Dalam hal ini juga bisa mencurahkan isi hati kepada orang lain, atau untuk menyerahkannya kepada diri sendiri dengan membuat buku harian untuk menaruh hati di atas kertas.

Baca Juga: Puisi Dan Prosa Angkatan 45

2. Pembelajaran

Menulis Buku Harian sebagai sarana pembelajaran yang bermakna bagi kehidupan kita yang selanjutnya, sengan perbuatan yang buruk atau yang baik dan dapat dapat belajar dari peristiwa yang pernah di alami sehingga kedepannya dapat merubah menjadai hal yang yang baik.

3. Pengingat waktu

Menulis Buku Harian sebagai pengingat waktu perjalanan yang pernah di alamami dengan mendapatkan kenangan tentang peristiwa yang baik dan buruk dan di curahkan kedalam buku harian.

Baca Juga: Tema Novel

Unsur Unsur Dalam Buku Harian

buku-harian

dari apa yang sudah kami sampaikan di atsa maka kami juga akan menyampaikan ada 3 (tiga) yang terdapat dalam unsur unsur pada nyku harian diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Unsur Tempat – adalah sebuah tempat atau kejadian denagna berbagai peristiwa yang terjadi sehingga dapat di tulis kedalam buku harian, dengan menggunakan catatan sebagai ungkapan dari perrasaan.

2. Unsur Waktu – adalah sebuah terjadinya peristiwa dengan waktu yang dapat ditulis dalam buku harian yang tidak dibatasi oleh hari dan tanggal acara atau peristiwa.

3. Unsur Tempat Acara – adalah sebuah topik utama dalam buku harian dan dapat melakukan acara ini secara tertulis dengan melakukan kegiatan dalam buku harianyang pernah di rasakan.

Baca Juga: Naskah Drama Malin Kundang

Contoh Catatan Buku Harian

Pembahasan singkat di atas maka kani juga akan memberikan contoh tentang pengalaman dalam buku harian.

Berikut contoh dalam penulisan buku harian adalah:

Palembang 02 September 2020
Dulu saya baru memasuk masa remaja, dan beberapa hal peristiwa yang sangat sedih yang aku alami.

Pada waktu itu, aku mulai masuk sekolah di tingkat SMP, setelah masuk sekolah, aku memulai kegiatan di sekilah dengan menjalani kegiatan seperti MOS atau Ospek, pada waktu itu banyak sekali kakak Osis yang memandang ku,.

Betapa herannya aku, kenapa kakak osos begitu perhatian kepada ku, dan aku sempat di tanya nama,, setelah aku memberitahu nama ku,,, aku di suruh maju kedepan dan aku di perintah untuk jadi katua kelompok dalam ospek,,,

Pada waktu itu,,, aku melihat kakak osis yang cantik cantik dan yang ganteng ganteng aku jadi gerugi atau tidak PD,,, SETELAH berjalannya waktu, kegiatan ospek sudah berjalan dan aku melakukan tugas dengan bai,,,, ternya ada kesalahan yang di nilai oleh kakak osis,,,, dan aku di kerjain dan du buat menangis,, dengan di ejek-ejek karna tidak bisa memimpin kegiatan dengan bagus,,,

Dan ahirnya aku disiram dengan air yang dicampur dengan tepung yang sangat bauk,,, setelah selesai dikerjain kegiatan sudah berahir dan akhirnya mulailah kegiatan belajar disekolahan,,,

Setleh mulai aktifitas belajar disekolah ada salah satu kakak osos tang menyapa ku, dengan suara yang sangat indah dengan lembut,,, dan aku manyapa nya kembali,,, setelah itu aku bercerita banyak kepada kakak osis itu akhirnya kami beracaran,,,,

Singkat cerita sudah beberapa bulan kami berpacaran dan kakak osis itu akan mengahirri kegiatan disekolah karna sudah lulus,,, an dia akan melanjutkan sekolah di Sekolahan ternama di kota bandung,, dan akhirnya kami berpisah dan menjalani pacaran jarak jauh,,,

Saingkat cerita beberapa bulan kemudian aku mendengar pacarku itu sudah memiliki pasangan baru di sekolahan barunya itu dan kami pun mengahri hubungan itu,,,

Sekian Catatan buku harian yang di buata dengan pristiwa dan pengalam pribadi…

Sekian sobat materi yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, Unsur Unsur Buku Harian dalam kehidupan sehari-hari, semoga materi yang kami bahas ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Tugas Pimpinan Produksi