Tema Novel

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Tema Novel laskar pelangi – Lengkap pengertian, unsur, penotokohan, ciri dan sudut pandang, latarbelakangnya, supaya mudah dipahami.

Tema Novel adalah sebuah aspek dan keinginan dalam karya sastra yang di ceritakan dalam gagasan tentang karakter seseorang dengan membentuk cerita yang akan mencapai sebagai bentuk pengembangan tingkat kepercayaan.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Novel

Tema-Novel

Novel adalah salah satu bentuk dari prosa yang berisi serangkaian kisah hidup tentang seorang tokoh dengan tokoh-tokoh yang ada di sekitarnya dan menekankan dalam karakter dari masing-masing tokoh.

Novel juga sebuah karya sastra yang terdiri dari dua unsur dengan aspek intrinsik dan ekstrinsik sehingga akan terbentuk dan memiliki elemen intrinsik yang membentuk karya sastra itu sendiri.

Novel juga dapatdikatakan sebagai elemen-elemen yang berkontribusi untuk membangun cerita yang menjadi kenyataan, dan biasanya, cerita dalam sebuah novel dimulai dengan peristiwa yang paling penting dari seorang tokoh.

Tema dalam novel adalah sebagai ide yang mendasari karya sastra dengan latar belakang atau perilaku dan karakter sehingga dapat menentukan subjek novel.

Cerita novel-novel Indonesia sebagian besar mengandung berbagai topik yang umumnya akan berkaitan dengan masalah kehidupan manusia.

Misalnya:

  • Masalah percintaan muncul dalam novel
  • Azab dan Sengsara
  • Sitti Nurbaya On a Ship
  • Isu-isu keagamaan

Baca Juga: Format Notulen Rapat

Elemen Novel

Dari topik pembahasan di atas maka kami juga akan memberukan beberapa eleman tang terdapat dalam novel diantaranya adalah sebgai berikut.

1. Topik pertama

Topik pertama adalah sebuah kisah yang diangkat dalam novel memiliki sebuah ungapan dalam merepresentasikan konten novel secara umum, dan akan diekspresikan dalam frasa dan memiliki tema kehidupan remaja pada 1990-an.

2. Gambar dan karakterisasi

Gambar dan karakter adalah sebuah kisa setiap orang yang terlibat dalam novel mengandung banyak karakter dan memiliki karakter yang berbeda yang berdasarkan jenisnya.

Biasanya dapat ditampilkan sebagai memeran utama dalam sebuah novel dengan antagonislah yang menyebabkan banyak konflik.

Baca Juga: Pengertian Dongeng Fabel

3. Diagram alur

Alur adalah sebuah kisahh yang terdiri dari dua jenis yang disebut sebagai aliran maju dan mundur dengan mendorongkan pengalaman dan karakter pada saat melalui cerita.

4. Latar Belakang

Latar belakang adalah sebuah kisah yang dapat diangkat dengan pengaturan menjadi beberapa jenis yang sering disebut pengaturan lokasi, pengaturan waktu dan pengaturan atmosfer.

5. Alamat

Alamat adalah sebuah kisah yang mengangkat pesan moral yang diterima setelah kita membaca novel yang berisikan nilai-nilai tertentu bagi pembaca untuk membuat kehidupan lebih bermakna.

Baca Juga: Contoh Fonem

Sudut Pandang Novel

Apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga disini akan menyampaikan sudut pandang dalam menceritakan sebuah cerita diantaranya adalah sebgai berikut.

Perspektif orang pertama – hal ini adalah sebuah ungkapan yang menggunakan aktor utama sebagai orang pertama yang menggunakan kata ganti orang pertama misalnya saya.

Perspektif orang ketiga – adalah sebuah ungkapan yang menggunakan karakter utama sebagai orang ketiga dengan menggunakan kata ganti orang ketiga, misalnya, dia.

Sudut pandang mahatahu – adalah sebuah ungkapan yang mengetahui banyak hal sehinga penulis dapat mengekspresikan perilaku atau tindakan dari pemeran utama.

Baca Juga: Pengertian Tangga Nada

Latar Belakang Novel

Latar Belakang Novel adalah sebuah pengaturan deskripsi dan instruksi, sebagai bahan referensi yang berkaitan dengan waktu dan ruang dengan suasana kejadian sebagai bentuk dari karya sastra.

Selain itu juga menentukan subjek dalam karakterisasi yang merupakan salah satu pembangun karya sastra novel pada salinan peristiwa yang membentuk satu kesatuan yang disebut cerita diantaranya adalah.

Diagram alir

Bagian aliran ini adalah sebuah cerita yang disajikan pada gilirannya dari fase pengantar dan akan diikuti oleh fase penampilan masalah, dan akan berakhir dengan fase akhir.

Arus Balik

Arus balik adalah sebuah cerita yang dapat diproses dengan memprioritaskan fase akhir dengan mengikuti fase yang lainnya.

Aliran gabungan

Aliran gabungan adalah sebuah cerita yang merupakan kombinasi dari jalur maju dan mundur dengan urutan dan peristiwa yang dimulai dengan tingkat ketegangan dan berakhir dengan penyelesaian.

Baca Juga: Cara Membuat Pengumuman

Penokohan Novel

Penokohan Novel adalah salah satu bentuk dari karakterisasi apada gambaran dari seseorang yang ditampilkan dalam sebuah cerita dengan keadaan fisik dan internal.

Karakter yang berada pada suasana hati yang buruk dengan menampilkan beberapa ciri dari karakter nya adalah sebgai berikut.

  1. Representasi bentuk kelahiran yang menggambarkan dengan fisik seperti bentuk tubuh dan perilaku.
  2. Deskripsi tentang bagaimana pemikiran dapat muncul di benak dengan menggambarkan karakternya.
  3. Sebuah peristiwa yang terjadi, dan dapat bereaksi terhadap masalah atau peristiwa yang akan terjadi.
  4. Deskripsi keadaan dengan paparan atau tokoh-tokoh lain yang sangat terkait dengan memberikan tanda-tandanya adalah:

Antagonis – adalah sebuah bentuk yang akan menyebabkan konflik atau masalah dalam cerita yang jahat dalam karakter dan perilaku.

Protagonis – adalah sebuah bentuk dan sukap yang memiliki karakter baik

Karakter utama – adalah sebuah sikap dengan prilaku yang memainkan peran yang penting dalam sebuah cerita.

Karakter minor – adalah sebuah sikap figur yang membantu karakter utama pada karya sastra.

Sekian ya sobat pembahasan dari kami artikel tantang Tema Novel, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat mudah dipahami dan mudah dimengerti, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Puisi Dan Prosa Angkatan 45