Dampak Buruk Hasad

Posted on

Assalamu’alaikum Hallo sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel makalah tentang Dampak Buruk Hasad dalam kehidupan sehari hari lengkap dengan pengertian, makna, arti, ciri ciri, prilaku, contoh perbuatannya, supaya mudah dipahami.

Dampak Hasad – merupakan suatu perbuatan yang sangat dibenci oleh Alloh, dan sebagai perbuatan yang hina, karena dalam hal ini sebagai sikap yang tidak senang atas kebahagian orang lain, dalam menurut bahasa hasad satu sikap yang tidak baik di lakukan dalam kehidaupan sehari-hari. unutk lebih jelasnya langsung saja simak pembahasan artikel kami di bawah ini…?

Pengertian Hasad

Dampak-Buruk-Hasad

Hasad adalah salah satu perbuatan yang dibenci oleh Alloh, dan sebagai perbuatan yang paling hina dan tidak puas dengan kebaikan yang diberikan Allah kepada orang lain.

Hasad juga untuk mengharapkan hilangnya berkah Allah dari orang lain, bahkan jika seseorang hanya merasa tidak puas dengan bantuan yang telah diberikan Allah kepada orang lain.

Hasad juga sebagai penyakit yang ada di hati ketika melihat orang merasa bahagia dan memiliki sifat tidak suka atas kebahagiaannya itu, dan hal ini tentunya merupakan perbuatan yang dibenci oleh Alloh.

Baca Juga: Pengertian Rojab

Bahaya Memiliki Sifat Hasad

Dalil-Hadits-Shahih-tentang-Iri-Hati
  • Tidak terima apa yang ditakdirkan Tuhan dengan ketidak puasan apa yang diberikan Allah kepada orang lain berarti tidak menyukai apa yang Tuhan maksudkan atas semua takdir.
  • Hasad akan bertindak atas kebaikan seseorang sementara api melahap kayu bakar yang kering, karena orang yang Hasad akan melanggar hak orang-orang.
  • Sebuah penderitaan yang ada di hati orang-orang yang memiliki sifat cemburu atas semua kesenangan tampada diri orang lain dan akan akan merasa khawatir.
  • Memiliki sifat iri bagian dari mereka yang menyerupai sekelompok orang kafir.
  • Tidak peduli atas keinginan seorang yang telah Allah berikan.
  • Hasad akan merusak iman dan Nabi berkata, “Kamu tidak akan percaya sampai kamu menginginkan untuk saudaramu hal-hal yang dia inginkan untuk dirinya sendiri.”
  • Hasad akan menyebabkan sikap yang sangat mengurangi nikmat yang ada dan akan cemburu bahwa dia belum disukai, dan akan mendapatkan laknat dari Alloh.
  • Hasad adalah sebuah karakter yang tercela dan akan berniat untuk mrusak diri orang lain.

Baca Juga: Pengertian Ghibah

Sebab Terjadinya Hasad

dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa penyeban terjadinya hasad diantaranya adalah sebagai berikut

  • Terjadainya permusuhan dengan Kebencian pada orang lain
  • Memiliki sifat yang sombong atau Ujub terhadap orang lain
  • Cinta pada Jabatan dan Gila terhadap Hormat
  • Memiliki Jiwa Yang Buruk atau Bakhil

Baca Juga: Pengertian Husnuzan

Ciri Ciri Sifat Hasad

Menurut beberapa ulama telah berpendapat bawah jenis-jenis Hasad yang telah dikemukakan oleh Imam al-Gazali dapat dilandasi dari berbagai bentuk dan akan memiliki efek negatif pada pelaku dan orang lain.

Berikut ciri ciri sifat hasad adalah sebagai berikut:

  1. Ingin selalu kehilangan kesenangan orang lain dan beralih ke pada mereka.
  2. Keinginan agar kegembiraan atas orang lain yang hilang dan untuk menggantikannya kepada dirinya hal ini adalah sebagai hasad yang lebih jahat daripada kejahatan pertama.
  3. Tidak ingin kesenangan orang lain dan apa bila orang lain merasa senang akan dia benci dan tidak terima atas semua ketetapan tuhan.

Baca Juga: Surat Al-An’am Ayat 162–163

Prilaku Dalam Menghindari Sifat Hasad

Terdapat beberapa hal yang dapat mengendalikan dalam menghindari sifat hasad diantaranya adalah sebagai berikut:

Selalu Waspada dan hindari penyebabnya – dalam hal ini sebagai menyebabkan efek yang negatif karena akan mampu menghindari perbuatan Hasad yang selalu mengingat bahaya yang akan terlibat, dan mampu memperkuat keimanan.

Selalu Bersyukur apa yang diberikan kan oleh Allah SWT – Semua perbuatan yang didapat seseorang adalah suatu hal yang terbaik untuknya dan tetap bersyukur apa yang diberikan oleh Alloh. Atas kesadaran bahwa rahmat berasal dari Allah.

Menyadari Semua Manusia adalah saudara – Alloh telah menciptalan berbagai bentuk dan wuud manusia dan oerlu di sadari bahwa semua manusia adalah saudara, dengan memiliki sifat ini pastinya akan terhindari dari sifat Hasad dan Allah akan memberikan rahmat baginya dalam kehidupan.

Selalu meminta Perlindungan Kepada Allah – Dalam hal ini tentunya Seseorang harus selalu meminta perlindungan kepada Allah agar perlindungannya dapat diterima terhadap semua perilaku yang jahat.

Nah demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan, pembahasan tentang Dampak Buruk Hasad, lengkap dengan arti dan maknanya, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Surah Al Baqarah Ayat 148