Pengertian Rojab

Posted on

Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum Sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel tentang Pengertian Rojab menurut islam lengkap dengan Pengertian, makna, arti, jenis, keutamaan dan contohnya, supaya mudah dipahami.

Pengertian Rojab itu – Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimana dikenal sebagai bulan yang penuh ampunan dari Alloh, dan bulan yang sangat di yakini dalam islam, dalam hal ini juga akan mendapatkan pahala yang sebanyak-banyaknya karena bulan yang penuh rahmat, langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Arti Rojab Adalah

Pengertian-Rojab

Bulan Rajab berasal dari bahasa Arab, شهر رجب) atau Rajab al-Murajjab (رجب المرجّب) sebagai bulan ketujuh dari bulan Arab atau biasa disebut sebagai bulan Qamariah.

Rajab adalah salah satu bulan terlarang bersama bulan-bulan Dhulkaidah, Dhulhijjah dan Muharram dengan bulan kisah yang mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah haji dan puasa sangat ditekankan.

Dalam hadis Nabi dikatakan: “Bulan Rajab adalah bulan Allah, dan bulan Sya’ban adalah bulan saya, dan bulan suci Ramadhan adalah bulan untuk umat saya.”

Rajab juga sebagai bulan ketujuh dari kalender Islam dan yang memiliki arti dan peristiwa yang sangat besar dan suci dalam bulan Rajab ini, Isra ‘Mi’raj dari Nabi Muhammad.

Baca Juga: Macam Macam Amanah

Arti Di Balik Kata Rajab

Bulan Rajab adalah bulan khusus dan bulan khusus dari serangkaian kata “Rajab”, yang terdiri dari tiga huruf diantaranya.

Tiga huruf bulan rajab yang memiliki makna adalah.

  • Huruf Ra – sebagai huruf pertama yang bermakna sebagai rahmatullah (rahmat Allah) denan menunjukkan bahwa di bulan Rajab yang penuh dengan keberkahan dari Allah SWT.
  • Dua huruf Jim – sebagai bentuk dari kesalahan para hamba Tuhan dan akan menunjukkan bahwa di bulan Rajab Allah SWT bulan pengampunan atas dosa-dosa para hamba.
  • Huruf Ba – sebagai Birrullah (kebajikan Allah) dengan banyak kebajikan yang berlimpah bagi para hamba-Nya untuk mencapai dan mencapai Birrullah.

Baca Juga: Alif Lam Qamariyah

10 Makna Bulan Rajab Dalam Islam

Dari ulasan di atas dapat melihat bahwa bulan Rajab memiliki makna yang sangat istimewa bagi umat Islam, maka kami juga akan memberikan makna nya adalah.

1. Bulan yang diberkati

Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan dalam Islam sebagai bulan yang penuh berkah untuk memberi hidayah sebanyak mungkin karena dengan berlipat ganda.

2. Bulan suci

SAW Rasulullah mengatakan bahwa langit dan bumi atas izin Alloh akan melipat gandakan dengan balasan yang baik atas apa yang dilakukan oleh hambanya tentunya perbuatan yang baik. Di bulan Rajab, umat Islam dilarang melukai diri sendiri dan orang lain sebagai bukti kekudusan bulan Rajab.

Baca juga: Hikmah Wakaf

3. Bulan doa dijawab

Nabi Muhammad SAW berkata

“5 malam sholat tidak ditolak awal malam bulan Rajab, malam setengah bulan Sya’ban, malam Jumat, malam Idul Fitri dan malam Idul Adha.”

Di bulan Rajab, inilah saatnya doa menjadi kenyataan dengan memperbanyak doa sehingga keinginan akan terpenuhi, terutama selama doa tengah malam.

Alloh Befirman:

Alloh-Befirman1

4. Dekat bulan ramadhan

Bulan Rajab berarti bulan yang medekati bulan Ramadhan dengan alasan dapat mempersiapkan dengan senang hati untuk memperkuat doa

“Ya Allah, berkati kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkatilah kami di bulan Ramadhan.”

Baca Juga: Pengertian Ghadab

5. Bulan pertobatan

Rajab adalah bulan yang sangat bagus untuk kembali kepada Alloh apabila seseorang melakukan dosa besar dalam Islam maka segera bertobat Nasuha.

Firman Alloh:

Firman-Alloh2

6. Bulan pengampunan

Bulan Rajab tidak hanya bulan yang baik untuk meningkatkan dalam pengampunan dengan memperbanyak dzikir karena bulan ini dikenal sebagai bulan pengampunan.

Alloh Berfirman:

Firman-Alloh3

7. Bulan belas kasihan

Di bulan Rajab, Allah akan lebih meningkatkan rahmat-Nya pada kesehatan, kekayaan, dan hubungan sehingga umat islam disarankan untuk berdoa kepada Allah SWT yang banyak karena ada banyak rahmat Allah yang akan kita rasakan.

Demikian sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Pengertian Rojab dalam islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Amalan Dosa Zina