Pengertian Ghibah

Posted on

Assalamu’alaikum Sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel Pengertian Ghibah menurut islam dan contohnya lengkap dengan, makna, keutamaan, hukum, akibat dan cara dan mencegah perbuatannya, supaya mudah dipahami.

Pengertian Ghibah itu merupakan sebuah hal yang membicarakan hal-hal yang bersifat negatif tentang orang lain yang tidak mengikuti perbuatan atau perkumpulan di antara mereka yang berbicara sehingga seseorang akan menjelek – jelekan orang lain dengan berbicara hal yang tidak benar.

langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Ghibah

Pengertian-Ghibah

Ghibah adalah sesuatu perbuatan yang sangat di larang oleh Alloh dan merupakan suatu perbuatan yang tercela, seorang Muslim yang memiliki sifat tidak menyukai orang lain atas perbuatannya.

Menurut seorang Muslim Dr. Yusuf al-Qardawi mengatakan: “Ghibah adalah suatu perbuatan yang akan menghancurkan orang lain dengan suatu tindakan untuk menodai harga diri dengan melukai perasaan orang lain.

Dalam hal ini menunjukkan dia licik karena sama dengan menikam di bagian belakang dengan melawan orang yang tak berdaya, bai dari segi fisik, agama, dan kekayaan.

Ghibah juga dapat didefinisikan sebagai omongan yang mengandung gosip untuk menyampaikan sesuatu yang telah terjadi pada seseorang yang mendengarnya.

Hal ini juga berbicara tentang keburukan orang lain dan dapat mengatakan kepada orang lain atau disebar luaskan tentang perbuatan orang lain, sehingga akan berdampak penyebab putusnya persahabatan.

Baca Juga: Pengertian Dendam

Hukum Ghibah

Hukum Ghibah dalam dilarangan islam adlaah suatu perbuatan yang mengandung dosa besar, walupun terkadang tampaknya suatu perbuatan yang sepele.

Tetapi sebenarnya masalah ini adalah masalah yang sangat serius karena membawa serta kehormatan seseorang dan akan menjelekan kehormatan seorang Muslim, maka hal ini adalah perbuatan yang sangat terlindungi dan perbuatan yang dibenci oleh Alloh.

Baca Juga: Pengertian A Cire Perdue

Contoh Prilaku Ghibah

Rasulullah-shallallahu-‘alaihi-wa-sallam

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa contoh sikap dan perbuatan ghibah diantara adalah sebagai berikut.

1. Balas dendam didalam hati – hal ini adalah suatu perbuatan dengan perasaan balas dendam terhadap seseorang dengan mengungkapkan kemarahan pada hal yang tertentu.

2. Mendukung atau menyesuaikan percakapan pada orang lain dalam hal ini juga biasanya perbuatan yang suka mengobrol singkat dan mencoba beradaptasi dengan topik pembicaraan dengan tuduhan sebagai membenci dan mencela.

3. Kekhawatiran yang dikemukakan oleh orang lain untuk pertama-tama dengan menyalahkan atas dukungan dari orang lain.

4. Siap untuk menunjukkan kekuatan sendiri dengan mengolok-olok orang lain.

Misalnya:

seorang anak berkata, “Membaca Al-Qur’an tentang Sani jelek dan tidak pantas menjadi pembaca Al-Quran di acara, maka lebih baik darinya dengan kemampuan untuk melakukan menggantikan perannya.

5. Iri atas keberhasilan yang telah dicapai orang lain hal iji adalah suatu perbuatan dengan perasaan yang membenci kepada orang lain karena dia telah berhasil.

6. Bercanda dengan menjelekan orang lai dari belakang, hal ini juga termasuk berbicara tentang keburukan orang lain, tujuannya mereka merasa bangga dengan menjelekkan orang lain.

Baca Juga: Pengertian Ghadab

Cara Mencegah dan Menghindari Ghibah

  • Ingatlah ghibah adalah penyebab kemarahan dan kemarahan Allah
  • Menggunakan mulut dan lidah dengan hati-hati
  • Jika ingin berbicara tentang keburukan orang terlebih dahulu harus berpikirkan tentang keramahan mereka
  • Biasakan diri dengan orang-orang yang berperilaku baik
  • Biasakan diri dengan keadaan yang suci dengan melakukan wudhu
  • Orang melakukan Ghibah pertama-tama mengingat rasa malu
  • Hukum mengingatkan orang yang melakukan dengan tindakan yang dilarang

Baca Juga: Pengertian Rojab

Akibat Prilaku Ghibah

  • Orang yang suka mengghibah akan menderita kerugian karena mereka akan di benci Alloh.
  • Akan mengakibatkan kerusakan kasih sayang dengan perkembangan permusuhan dan akan di benci manusia dan Alloh.
  • Akan mendapatkan hukuman dari Allah SWT.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan ulasan tentang Pengertian Ghibah dalam islam, semoaga apa yang sudah kami sampaikan ini dapat mudah dipahami, dan semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Husnuzan