Fungsi Karioteka

Posted on

Hallo gaes di artikel sebelumnya rumussoal.com sudah memberikan wawasan atau berbagai ilmu pengetahuan tentang berbagai materi.

Namun kesempatan ini rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Fungsi Karioteka pada tumbuhan – Lengkap dengan pengertian, jenis, struktur, dan macam macam karioteka supaya mudah dipahami.

Baiklah gaes untuk mempersingkat waktu langsung saja simak pembahasan dibawah ini yaaa…?

Fungsi Karioteka Adalah

Fungsi-Karioteka

Pengertian karioteka adalah sebuah bentu susunan molekul inti membran yang sama dengan susunan molekul yang berupa lipoprotein atau disebut dengan sel tumbuhan.

Fungsi Karioteka ini juga dapat bekerja dengan membran nuklir sel.

Sehingga dilengkapi dengan pori – pori yang menghubungkan nukleoplasma.

Akan tetapi sitoplasma akan berperan dalam pergerakan material antara nukleus dan sitoplasma.

Baca Juga: Fungsi Retikulum Endoplasma

Jenis Sel Tumbuhan

Karioteka

Berikut terdapat beberapa jenis sel tumbuhan atau karioteka, diantaranya adalah:

1. Sel Parenkim

Yaitu digunakan untuk mendukung pembentukan tanaman dan membentuk dasar untuk semua jenis pada tanaman, jenis selini mempunyai dinding sel dan sitoplasma.

2. Sel Colenchyma

Sel colenchyma adalah sel yang hanya memiliki satu dinding primer pada masa dewasa, dinding yang tidak menebal secara seragam dan merupakan karakteristik dari jenis sel ini.

Sel colenchyma terdiri dari oval atau bundar yang terletak di dekat awalan ujung pada batang dan mempunyai daun yang lebar dan besar, tetapi ini tidak sering ditemukan.

3. Sel Serenkim

Sel ini adalah sel kuat dan keras yang dapat memperkuat tumbuhan pada tanaman, dan menjadikan berkembangnya tanamansehingga dia dapat subur.

Dinding selnya sangat keras, tetapi dalam keadaan matang protoplas sel sclerchymal dapat hilang.

Sel serenkim tidak bisa hidup lama, kereka tidak bisa bertukar zat dalam metabolisme, kemudian menghilang dalam periode waktu yang tidak tentu.

Fungsi Sel Tumbuhan

Berikut ini tedapat juga fungsi dari sel tumbuhan, diantarnya yaitu :

  • Untuk menyimpan dan mendukung floem dalam fotosintesis
  • Untuk mendukung dalam pembangunan pabrik dan sebagai dasar
  • Untuk menyimpan umbi kentang dan kotiledon dari biji
  • Untuk peran penting dalam proses fotosintesis
  • Memiliki ukuran panjang dan melintang, sehingga bisa lebih fleksibel

Struktur Sel Tumbuhan

Struktur-Sel-Tumbuhan

Berikut ini dapat dijelaskan struktur dari sel tumbuhan, diantarnya yaitu :

1. Membran Sel

Membran sel adalah lapisan terluar yang membungkus seluruh tubuh sel, bagian struktur, gambaran dan fungsi pada tanaman membran sel mempunyai 2 jenis.

Membran sel berfungsi sebagai tempat untuk membatasi lingkungan terluar atau untuk mengatur keluar dan masuknya zat pada sel.

2. Dinding Sel

Dinding sel adalah bagian yang terdapat dalam sel tanaman, sehingga menjadi bagian diluar sel dan membentuk di dinding sel yang disebabkan oleh poliskarida, tetapi bentuk sel tidak berubah.

3. Vakuola

Vakuola adalah organel berbentuk wadah yang berisi konten cairan senyawa berupa organik dan anorganik, pada bagian ini berfungsi besar untuk tanaman.

4. Kloroplas

Kloroplas merupakan sel tumbuhan bagian dari sel yang hanya ada pada tanaman yang berguna untuk organel pigmen, struktur sel nya berbentuk oval dan mengandung pigmen krorofil hijau.

Klorofil berguna untuk membuat tanaman yang dapat melakukan fotosintesis, kloroplas memiliki dua membran, yaitu membran dalam dan luar.

5. Ribosom

Ribosom adalah organel seluler kecil seperti protein, yang megandung organel sebanyak 60% RNA dan 40% protein.

Terdapat dua jenis ribosom yaitu bebas dan luas, namun berikatan dengan RE, yaitu untuk menghasian tanaman secara baik.

Baca Juga: Fungsi Struktur Nukleus

6. Peroksisom

Peroksisom mengandung enzim oksidatif yaitu berfungsi untuk tumbuhan tanaman supaya menjadi subur dan baik secara sederhana.

manfaat peroksisom adalah untuk membantu kloroplas dan foto sentesisnya.

7. Mitokondria

Mitokondria merupakan membran yang berbentuk berbelit, antara membran yang baik disebut dengan ruang antar membran,dan memiliki bentuk penuh seperti oval dengan sitoplasma.

Mitokondria bertindak sebagai tempat untuk pernapasan aerobik dalam pembentukan dan rencana, yaitu menjadikan mitokondria yang berupa tempat penyimpanan energi

8. RE

RE atu retikulum endoplasma adalah fungsi sel untuk menghubungkan sitoplasma dengan inti sel tanaman, yang berbentuk macam ruangan pinggir seperti ruang labirin dan membran sel.

Retikulum endoplasma tidak hanya penghubung, tetapi juga bertindak sebagai pembawa fotosentesis berlebihan dan serotit sebagai lokasi penyimpanan berbagai zat.

9. Tubuh Golgi 

Tubuh golgi adalah organel sel yang memiliki bentuk kista atau angin seperti kantong datar, tubuh golgi terdiri dari kumpulan vesikel.

Organel sel bertindak sebagai instrumen eliminasi dalam sel di mana proses perubahan enzim tidak aktif menjadi aktif.

Tubuh Golgi juga repositori sekunder untuk protein dan zat lain yang berasal dari retikulum endoplasma.

10. Mikrotubolus

Mikrotubolus yaitu mengandung banyak zat pada protein sehingga disusun dalam lingkaran, mikrotubulus adalah organel tubular yang tidah hilang, kaku, dan tidak mempunyai yang lain.

Sehingga berguna untuk memperkuat sejumlah sel RK dan berfungsi sebagai media untuk pengangkutan zat.

Baca Juga: Asam Nukleat

11. Nukleus Atau Inti Sel

Nukleus adalah sel yang terletak di zat fotosentesis yang sanggat kuat baik dalam bentuk DNA, dengan informasi tentang informasi genetik tersedia.

Fungsi inti untuk mengoordinasikan cara pertumbuhan suatu sel tanaman yang berguna dan menghasilan hasil tanaman yang berkwalitas.

12. Membran Nukleus Atau Selaput Inti


Membran inti bertindak untuk menyambungkan staplasmasebagai neoplasma, merupakan inti dibagi menjadi dua membran yaitu membran dalam dan membran luar.

Ada jarak antar membran, misalnya suatu nukleus dan inti membran, dalam nuklir melekat dengan retikum endoplasma yang dikarenakan oleh sambungan secara berlangsung ke sitoplasma.

Baca Juga: Fungsi Struktur Lisosom

13. Mikrofilamen

Mikrofilamen adalah organel sel dalam bentuk tabung yang panjang dan padat dan bertindak sebagai sitoskeleton, organel sel ini terdiri dari benang yang dibuat dari beberapa koleksi protein dan molekul aktin.

Yang kemudian ditemukan di selaput sel, mikrofilamen bertindak sebagai perancah yang dapat mempertahankan bentuk sel sehingga tidak berubah.

Macam Macam Jaringan Sel Tumbuhan

Fungsi-Sel-Tumbuhan

Berikut ini macam – macam jaringan pada sel tumbuhan, diantarnya yaitu :

1. Jaringan Pengangkut

Merupakan jenis jaringan yang membentuk jaringan khusus yang berperan dalam transportasi dalam tubuh tanaman, yang berfungsi diantaranya yaitu :

  • Berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke semua bagian permukaan tanaman.
  • Digunakan untuk mengangkut air dan nutrisi dari tanah atau akar yang mengarah ke fotosintesis ke daun.

2. Jaringan Penyokong

Jaringan penyokong mempunyai dinding tebal yang berfungsi sebagai penguat atau penyangga tanaman, dinding tebal ini berhenti membelah ketika usianya sudah dewasa.

3. Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis adalah jaringan parenkim khusus pada permukaan daun, batang dan akar, jaringan ini menjadi jaringan tanaman terluar dan juga sebagai area pelindung bagi tanaman.

Baca Juga: Fungsi Struktur Ribosom

4. Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim adalah jaringan dasar yang ditemukan di semua bagian tanaman atau tanaman dari daun, batang dan akar.

5. Jaringan Meristem

Jaringan meristem adalah jaringan sel yang aktif melakukan pembelahan atau memperluans,untuk posisinya biasanya di ujung tanaman, mulai dari ujung batang sampai ujung akar.

Nah sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Fungsi karioteka, semoga pembahasan ini dapat dipahami dan berguna untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya>>>>>