Fungsi Struktur Nukleus

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis akan menyampaikan materi tentang Fungsi struktur nukleus – lengkap dengan pengertian, sejarah, struktur, dan jenis supaya mudah dipahami.

Pengertian Nukleus

Fungsi-Struktur-Nukleus

Pengertian nukleus adalah salah satu dari tiga bagian utama sel nukleus, dengan bagian dari suatu organel yang ditemukan di dalam organisme eukariotik.

Sebagai inti mengandung berbagai bahan genetik seperti DNA, kromosom dan protein, inti juga dapat dilihat dengan mudah yaitu menggunakan mikroskop cahaya tanpa bantuan pewarna kimia.

Dimana setiap sel selalu memiliki nukleus kecuali jenis tertentu, yang terkadang memiliki lebih dari satu nukleus di dalam sel.

Baca Juga: Fungsi Retikulum Endoplasma

Sejarah Ditemukannya Nukleus

Menurut para ahli inti sel adalah organel pertama yang ditemukan dan diperiksa secara langsung, inti sel juga digambarkan oleh franz bauer pada 1802.

Inti sel pertama kali dijelaskan oleh antonie van leeuwenhoek, yang pada saat itu memeriksa inti sel yang terkandung dalam sel darah merah salmon.

Pada tahun 1831, seorang ahli botani skotlandia bernama robert brown menjelaskan deskripsi inti sel secara lebih rinci.

Dia memeriksa inti sel dalam sel epidermis bunga anggrek, dia tidak dapat menjelaskan fungsi inti sel dari penelitian ini.

Pada tahun 1838 matthias schleiden menyatakan bahwa inti sel berperan dalam pembentukan sel, yang kemudian disebut dengan cytoblast yang berarti pembentukan dalam sel.

Hertwig juga telah memeriksa pada binatang seperti moluska dan amfibi, pada tahun 1884, eduard strasburger juga menerima hasil penelitian yang sama pada tanaman.

Struktur Nekleus

Nukleus

Berikut ini terdapat beberapa struktur nekleus, diantaranya yaitu :

1. Struktur Membran Inti

Struktur membran inti yaitu membran fosfolipid ganda yang ditutupin oleh badan sel dan bertindak sebagai pembagi antara inti sel dan sitoplasma sel.

Seperti membran sel pada membran nuklir juga berperan dalam mengatur proses penggantian bahan bakar di dalam sel dan di luar inti sel.

Berikut terdapat bagian inti dari membran, diantaranya yaitu :

1. Membran luar yaitu biasanya disebut dengan organel yang menyebar pada dinding ribosom.

2. Ruang perinuklear yaitu keberadaan antara ruang membran inti dan ruang membran awal.

Baca Juga: Fungsi Struktur Lisosom

2. Nukleoplasma

Nukleoplasma yaitu disebut cairan padat pada inti sel, yang termasuk kepentingan dalam nukleoplasma misalnya gramnula, kromatin, dan senyawa pada kimia.

3. Nukleolus Atau Anak Inti

Nukleolus inti yaitu salah satu sel inti nukleus yang terdiri dari fosfoprotein, DNA, ortosfat, dan berbagai macam enzim yang terlindungi pada membran.

Kemudian terdapat rRNA / ribosom dengan inti sel pada struktur yang tetap setelah bekerja.

4. Kromatin

Kromatin dalam interfase muncul sebagai butiran yang tersebar di seluruh nukleus tanpa benang kromosom, sebaliknya jika inti sel bermitose, manik-manik kromatin tidak terlihat dan benang kromosom muncul.

Karena mengandung komatin ini, nukleus bertindak sebagai informasi genetik dan mengendalikan seluruh aktivitas sel.

Pengendali seluruh kegiatan sel, karena dalam nukleus yang ada kromatin yang ada di dalamnya, melalui DNA inilah protein disintesis dengan bantuan RNA dan enzim.

Protein adalah molekul yang sangat penting bagi sel dan tubuh kita karena enzim, hormon, dan antibodi membutuhkan protein.

5. Asam Nukleat

Asam nukleat sebuah asam dioksiribosa DNA yang biasanya bergabung dalam nukleus dan akan membentuk protein yang biasa disebut nucleuprotein.

Maka akan terbentuk beberapa Jumlah DNA nukleus dalam kandungan zat salamander yang lebih banyak DNA mamalia.

Baca Juga: Alat Pengukur Cuaca

6. Protein Nukleus

Jenis protein nukleus yaitu protamin dan histone, yang merupakan jenis protein dalam nukleus dan ada protein asam lainnya, seperti protein non – histone dan enzim nuklir.

7. Garam Mineral

Garam mineral yaitu mengandung sejumlah kofaktor prekursor dan mineral NAD, ATP dan Acetil CoA, dan akan menghasilkan analisis pada kalsium dan magnesium.

8. DNA

Molekul DNA yaitu dikenal sebagai bahan genetik yang menyimpan semua informasi penting tentang semua aktivitas sel yang harus dilakukan untuk menjalani kehidupan.

DNA atau asam deoksiribonukleat dibandingkan dengan perumusan besar yang berisi buku penting atau gen dan disimpan dengan baik dalam inti sel.

Molekul DNA memiliki struktur dalam bentuk dua untai ganda, yang masing – masing terdiri dari polinukleutida dalam serangkaian nukleutida dalam bentuk deoksiribonukleutida.

Setiap molekul nukleotida terdiri dari tiga kelompok, yaitu gugus gula pentosa dalam bentuk deoksibose, gugus fosfat dan gugus basa yang mengandung nitrogen

9. RNA

RNA asam ribonukleat atau asam ribonukleat yaitu makromolekul yang bertindak sebagai penyimpan dan distributor informasi genetik, RNA sebagai penyimpan informasi genetik.

Misalnya:

Tentang materi genetik virus, khususnya retrovirus, RNA sebagai pemasok informasi genetik, merupakan suatu proses penerjemahan untuk sintesis protein.

RNA juga dapat bertindak sebagai enzim atau ribozim yang dapat melacak pembentukan RNA sendiri atau molekul RNA lainnya.

10. Struktur RNA

RNA yaitu rantai tunggal polinukleotida dengan masing – masing ribonukleotida terdiri dari beberapa kelompok molekul

Misalnya karbon berbasis nitrogen yang terdiri dari purin yang identik dengan DNA dan pirimidin yang berbeda, yaitu sitosin dan kelompok fosfat urasil.

Baca Juga: Fungsi Struktur Ribosom

Fungsi Nekleus

Jenis-Nukleus

Berikut terdapat beberapa fungsi dalam nekleus, diantaranya yaitu :

1. Untuk Menyimpan Informasi Genetik

Salah satu fungsi nekleus yaitu untuk penyimpanan informasi genetik, yang dikarenakan pada keberadaan membran inti dalam melindungi DNA yang dikandungnya.

2. Sebagai Tempat Replikasi dan Transkripsi

Fungsi nukleus juga merupakan fungsi yang dilindungi oleh nukleus atau sel, yaitu sebagai DNA yang ditampilkan pada proses mitosis yang akan dimulai setelah replikasi DNA.

3. Pertumbuhan Sel

Fungsi nekleus pertumbuhan sel yaitu untuk mengontrol aktivitas sel, namun juga berfungsi inti untuk mengatur pertumbuhan sel dalam tubuh.

Sebagai sel dibagi untuk memperluas, bahkan sel yang tidak membelah memiliki kendali atas nukleus sel.

4. Mengontrol Metabolisme

Mengontrol metabolisme yaitu didasarkan pada proses di mana protein diproduksi, proses ini juga terjadi karena transkripsi dan terjemahan dalam inti sel.

Jenis Nekleus

Berikut ini 2 jenis nekleus yang perlu diketahui, diantaranya yaitu :

1. Jenis Sel Mononukleat

Seperti pada namanya mono berarti satu, karenanya sel mononukleat yaitu sel yang hanya memiliki satu inti sel, sebagian besar sel hewan dan tumbuhan hanya memiliki satu inti sel.

Baca Juga: Bentuk Bakteri

2. Jenis Sel Multinukleat

Sel multi nukleus yaitu sel yang lebih dari satu nukleus, untuk sel yang pada dasarnya dua sel yang disebut sel binukleat, sedangkan sel dengan lebih dari dua nukleus disebut sel polinukleat.

Nah sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Fungsi struktur nukleus, semoga pembahasan ini dapat dipahami dan berguna untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainya>>>>>