Hikmah Wakaf

Posted on

Assalamu’alaikum, Sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan Artikel tentang Hikmah Wakaf menurut bahasa dan istilah dalam islam lengkap dengan Pengertian, makna, arti, ciri ciri, dan cara melakukannya supaya mudah dipahami.

Bismillahirrahmanirrahim,,, Hikmah Wakaf mrupakan salah satu ibadah yang berbentuk sedekah jariah dan contoh dalam ajaran islam yang mengajarkan serta akan menjanjikan dalam sebuah ganjaran pahala yang mengalir terus kepada pewakaf, sehingga amal soleh pahalanya akan diberikan berterusan oleh Allah dan akan memuliakan orang yang memberikan wakaf.

Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Wakaf

Hikmah-Wakaf

Wakaf adalah Sadaqah Jariyah yang seharusnya memberikan kekayaan kita untuk kepentingan umat karena wakaf pada dasarnya menyerahkan kepemilikan harta benda manusia menjadi wakaf milik Allah atas nama umat.

Dalam bahasa wakaf berasal dari kata wakaf وقف, bahasa Arab jamak: أوأاف, awqāf وقف yang berarti “menahan” atau “berhenti”. sehingga dalam hukum Syariah Islam mendefinisikan hak milik untuk mewariskan kepemilikan kepada Penerima wakaf.

Wakaf dikatakan memiliki manfaat yang diberikan pada jalan kebaikan (Tahbiisul Ashl Wa Tasbiilul Manfa’ah), dan dalam sejarah Islam, wakaf hanya dikenal sejak zaman Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Baca Juga: Pengertian Tabzir

Wakaf diberlakukan setelah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam berada di Madinah, sebagai pemberian kartanya kepada umat.

Alloh berfirman:

Allah-Taala-Berfirman-Allah

Baca Juga: Pengertian Dendam

Hikmah Wakaf

Pembahasan di atas tentang kebijaksanaan sebuah kata wakaf dan akan memiliki hikmah yang berguna dalam kehidupan sehar-hari meliputi dari.

1. Wakaf dapat menjauhkan diri atas cintanyaterhadap harta dan dunia dan harus ingat bahwa harta bukanlah milik kita tetapi semuanya itu adalah titipan dari Alloh dan harus diberikan kepada hamba Allohj juga, dengan mewakaf kan harta menjadi milik umat.

2. Wakaf adalah sebuah amalan yang tidak terputus dan akan terus mengalir pahala kepada orang yang memberikan wakaf sampai hari akhir tiba.

3. Wakaf diperuntukkan kepada kepentingan umum dalam bidang agama, sosial, kesehatan atau perkebunan sehiingga dapat membangun pendidikan anak-anak dengan penduduk sekitar.

4. Wakaf dapat melatih jiwa yang senang berbagi dan menyenangkan orang lain melalui wakaf.

Baca Juga: Macam Macam Amanah

Manfaat Wakaf

Dalam keserakahan manusia dengan melakukan kebaikan dan memberikan sebagagian hartanya kepada orang lain maka terdapat juga manfaat dari wakaf diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Dapat meningkatkan kesadaran dalam bidang keagamaan seseorang dengan melakukan seperti Zakatnya.
  • Akan sadar bahwa kehidupan dan harta adalah titipan dari Alloh
  • Dapat mendukung kehidupan sosial umat Islam
  • Menzahirkan pengabdian kepada Alloh
  • Sebagai langkah untuk mendekatkan kepada Alloh
  • Akan mendapat kesenangan dalam hidup

Demikian pembahasan dari kami tentang hikmah wakaf menurut bahasa dan istilah, lengkap dengan pengertiannya, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Alif Lam Qamariyah