Jazakumullah

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang jazakumullah artinya dalam bahasa arab – lengkap dengan pengertian, arti , dan cara pengucapannya supaya mudah dipahami.

Jazakumullah – merupakan ucapan terimakasih yang di tujukan terhadap sesama umat muslim atas kebaikan yang telah diterimanya dan beguna bagi orang lain.

Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini …?

Jazakumullah Adalah

jazakumullah

Jazakumullah – bagi umat islam bisa jadi sudah tidak asing lagi kalimat Jazakumullah.

Akan tetapi mungkin masih banyak yang belum mengerti dan memahami akan maksud dari kalimat tersebut.

Karna kalimat ini pada dasarnya di ucapkan sebagai bentuk wujud dari ucapan terimakasih seorang muslim terhadap sesama muslim yang lainnya.

Pada kesempatan ini kami akan coba untuk membahas lebih rinci mengenai kalimat jazakallahu.

Baca Juga : Surat Al-Mujadalah Ayat11

Keutamaan Jazakumullah


Islam juga tidak hanya berbicara tentang bagaimana kita manusia membangun hubungan yang baik dengan Tuhan, Pencipta yang Maha Kuasa.

Selain Islam, itu juga membantu kita membangun hubungan baik dengan orang lain.

Suatu bentuk hubungan yang baik dengan sesama manusia yang mendapatkan komposisi dari orang lain.

Menyampaikan rasa terima kasih manusia dan kemanusiaan untuk kebaikannya adalah tindakan seseorang yang bisa berterima kasih kepada Allah atas berkahnya.

Perhatikan mengenai sabda Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yang terdapat di bawah ini:

sabda rosul

Artinya :

Tidaklah di katakan bersyukur pada Alloh, siapa yang tidak tau berterimakasih terhadap sesama manusia ( HR Trimidzi dan Abu Daud : hadist shahih )

Terdapat beberapa perbedaan mengenai pemahaman tentang pengertian dari ucapan rasa terima kasih yang lainnya seperti jazakumullah khairan, jazakallah khairan, dan jazakillah khairan memiliki keutamaan diantaranya yaitu:

Terima kasih Yang Baik

Untuk umat islam sebenarnya dari pada mengucapkan kata terima kasih ketika klita memperoleh sesuatu alangkah lebih baiknya kita mengucapkan jazakumullah khairan

sabda

Artinya :

Barang siapa di perlakukan dengan baik oleh orang lain lalu kemudian iya berkata jazakumullah khairan maka ia telah memujinya dengan setinggi tingginya.

Sunnah Nabi


Ungkapan terima kasih kepada Jazakallah Khairan ini adalah Sunnah Rasulullah SAW. Dia juga mengajari teman-teman sapaan ini, dan teman-teman juga mempraktikkannya.

Artinya :

Jika terdapat seseorang yang mengatakan ucapan jazaakallah khairan kepada semua saudaranya (semoga Alloh selalu membalas anda dengan kebaikan), dan telah memujinya dengan kedudukan yang tinggi.

Baca Juga : Pengertian Riya

Ucapan Doa

Rasulullah telah mengajarkan terhadap umatnya jika kita telah mendapatkan hadiah ataupun kebaikan dari seseorang maka hendaknya kita balas kebaikan tersebut.

Akan tetapi jika belum mampu membalas semua kebaika orang tersebut maka kita mendoakan atau mengucapkan dengan ucapan terimakasih.

Ucapan terimakasih yang telah di ajarkan oleh rasullullah terhadap umatnya yaitu:

  • Jazakumullah Khairan
  • Jazakallah Khairan
  • Jazakillah Khairan

Dari ketiga ucapan di atas tersebut itu merupakan sekaligus doa bagi orang yang telah memberi kita kebaikan dan hadiah pada diri kita.

doa jazakullah

Artinya :

Barang siapa yang akan berbuat baik kepada kalian maka hendaklah membalasnya dan mengucapkan do’a, dan sampai kalian mampu melihat dengan kalian membalasnya.

Mendapat Doa

Apabila kita mengucapkan terimakasih terhadap orang yang telah memberikan hadiah dan kebaikan dengan cara seperti di atas maka kita akan mendapatkan juga jawaban serta doa seperti yang di atas.

Namun apabila tidak di jawab oleh orang tersebut tentu saja malaikat akan tetap menjawab dengan doa.

Baca Juga : Bacaan Sholawat

Penggunaan Kata Jazakumullah

Dalam bahasa arab sangat berbeda jauh dengan bahasa Indonesia dalam cara mengucapkan dan pengejaannya.

Apa lagi disaat kita mengucapkan kata-kata terhadap perempuan atau laki-laki mengenaik kalimat tunggal dan kalimat jamak.

Begitu pula dengan sebuah kalimat Jazakumullah yang mempunyai kaidah yang sangat berbeda di dalam penggunaannya.

  • Jazakumullah Khairan artinya: semoga Alloh membalas kalian dengan kebaikan.
  • Jazakallahu Khairan artinya: semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan.
  • Jazakillahu Khairan artinya: Semoga Alloh membalasmu dengan kebaikan.

Inilah merupakan ucapan yang sangat benar dan lengkap yang telah di ajarkan oleh Rasullulahn terhadap kita.

Ucapan yang benar yang dapat dipakai oleh laki-laki maupun perempuan adalah jazakillah khairan.

Sedangkan ucapan yang di ucapkan untuk banyak orang atau jamak yang benar adalah jazakumullah khairan.

Kesimpulan

Dari beberapa ulasan di atas, kita dapat menarik kesimpulan yang membantu kita memahami kesimpulan seperti apa yang ada.

Berikut ini adalah beberapa kesimpulan dari beberapa penjelasan singkat tentang makna Jazallahu Khairan. Mari kita lihat bersama.

  1. Arti Jazakallah Khairan (dapat dibaca: Jazakallahu Khairan) adalah bahwa Allah selalu membalas Anda dengan kebaikan.
  2. Arti dari Jazakumullah Khairan (dapat dibaca: Jazakumullahu Khairan) adalah bahwa Allah selalu membalas Anda dengan kebaikan.
  3. Ketika kita mengatakan ini, itu harus disesuaikan dengan subjek lawan bicara kita Jazakallahu Khairan (untuk pria lajang), Jazakillahu Khairan (untuk wanita lajang) dan Jazakumullahu Khairan (untuk jamak).
  4. Lebih baik menggunakannya jika Anda hanya mengatakan “Jazakallahu Khairan” tanpa “Katsiran” tambahan seperti yang dinyatakan dalam hadits.
  5. Sebagai muslim mengalihkan perhatian untuk meninggalkan ucapan syukur dan menggantinya dengan ucapan syukur “Jazakallahu Khairan”, yang mengandung makna syukur melalui doa.

Jadi jelas bahwa kalimat Jazakallahu Khairan sebenarnya jarang kita dengar dalam percakapan sehari-hari karena kalimat ini sering diucapkan oleh orang yang mengerti agama.

Sekian ya sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan wawasan materi tentang jazakumullah, harapan kami materi yang singkat ini dapat dengan muda di pahami sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya >>>>.