Bismillahirrahmanirrahim

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Bismillahirrahmanirrahim – lengkap dengan pengertian, arti , dan contoh perbuatan nya dengan berbagai tahapannya, supaya mudah dipahami.

Bismillahirrahmanirrahim – merupakan bacaan sehari- hari yang di lakukan oleh umat islam baik pada saat sedang beribadah maupun di saat sedang bekerja.

Langsung saja simak mengenai materi yang terdapat di bawah ini …?

Bismillahirrahmanirrahim Adalah

bismillahirramanhirrahim

Bismillahirrahmanirrahim Setiap surat yang terdapat di dalam Al-Quran selalu di awali oleh bismillah terkecuali pada surat At-Taubah.

Bismillah sendiri jika kita amalkan dalam zikir sehari-hari maka akan memiliki manfaat yang luar biasa.

Rosulluloh juga mengajarkan kepada kita agar dal;am setiap memulainya sebuah pekerjaan harus di aali oleh kalimat bismillah, agar pekerjaan tersebut mendapatkan ridho dari Alloh.

Arti Bismillaahirrahmanirrahim

bismillah
basmallah

Bismillahirramanirrahim

Artinya:

“Dengan menyebut nama Alloh yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

Kata Ar-Rahman berasal dari Ar-Rahmah, yang berarti Maha Penyayang, sifat yang maha memberi . Jadi kata “Ar-Rahman” adalah: yang memberi semua nikmat serta karunia.

Kata Ar-Rahim juga berasal dari kata Ar-Rahmah, yang berarti bahwa Rahim penuh belas kasihan, yang berarti bahwa Allah memiliki sifat rahmat.

Jadi Ar-Rahman dan Ar-Rahim (Arrahmanirrahim) berarti: Tuhan Yang Mahakuasa memberikan berkah yang tak terbatas.

Dengan cara ini, kata-kata “Ar-Rahman” dan “Ar-Rahim” sama-sama diperlukan dalam pengaturan ini, karena masing-masing kata ini memiliki makna khusus

Dari kisah Abu Daud dengan Sahih Sanad oleh Ibn Abbas r.a. karena Rasulullah SAW tidak tahu surat perpisahan hingga akhirnya di turunkan Bismilahirramanirrahim.

Para ahli sepakat bahwa kalimat ini adalah bagian dari ayat dari Surat an-Naml.

Tetapi mereka juga merangkum apakah kalimat basmalah ini adalah ayat yang terdiri dari awal setiap huruf atau surat.

Baca Juga : Keistimewaan Bahasa Arab

Hikma Membaca Bismillah

Sebagai umat Islam sangat di anjurkan agar kita selalu membaca serta mengucapkan kalimat bismillah pada saat akan mengerjakan sesuatu hal yang baik.

Sabda Nabi Muhamad Saw :

Artinya:

Setiap pekara yang dikukan dan memiliki nilai kebaikan idak di awali oleh kalimat bismillah maka akan terputuslah keberkahannya atau bsedikit berkahnya.

Baca Juga : Arti Alhamdulilah

Tulisan Bismillahirramanirrahim Arab

Bismi-llahi arahmani ar-rahmani ar-rahim ( Bismillahirramanirrahim ) Tulisan Arab بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan Alloh : اللّٰ

Tulisan Bismillah : بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Tulisan Ar-Rahman : الرَّحْمَٰنُ

Tulisan Ar-Rahim : الرَّحِــيْمِ

Tulisan Arab Gundul : بسم الله الرحمن الرحيم

Baca Juga : Tingkatan Ukhuwah

Keutamaan Membaca Bismillah

Bacaan bismillah sangat banyak sekali manfatnya jika kita mengamalkannya dengan sungguh sungguh dan kenyakinan.

Di bawah ini terdapt beberapa mengenai keutamaan dalam membaca bismillah di antaranya yaitu :

1. Dijaga Dari Godaan Setan Dan Bencana

Bagi siapa saja jika sebelum tidur membaca bismillah sebanyak 21 kali maka orang tersebut akan aman dari gangguan setan higa bangun tidur.

Selain itu juga orang yang sering membaca bismillah akan terhindar dari segala bencana.

Faidah bismillah tersebut di sampaikan oleh (Syaikh Ahmad As Showi)

2. Terhindar Dari SIksa Malaikat Zabaniyah

Telah diriwayatkan oleh sahabat Abdullah bin Masud RA bahwa siapa ingin di tolong dan di selamatkan oleh Alloh dari siksa Malaikat Zabaniyah maka kamu hendangnya rajin membaca bismillah.

Karna jika kamu rajin membaca bismillah maka Alloh akan jadikan bismillah tersebut untuk menjaga kamu dari siksak Malaikat Zabaniyah.

3. Di Ringankanya Siksa Kubur

Asyarji juga telah berkata dalam fawaidnya bahwa pada saat itu Nabi Isa asmelalui sebuah kuburan dan pada saat itu penghuninya sedang di azab.

Namun bkemudian Nabi Isa as melalui kembali kuburan tersebut dan penghunib dari bkuburan tersebut telah mendapatkan berbagai kemulyaan.

Lalu Nabi Isa as bertanya pada Alloh lalu kemudian Alloh pun menjawab dengan mewahyukan.

Saat si fulan di azab karna dosanya meninggalkan isteri pada saat istri sedang hamil dan melahirkan anak.

Ketika si anak berusia 7 tahun,di masukan si anak tersebut ke tempat belajar Agama dan pada saat itu guru Agama tersebut mengajarkan bismillah maka Alloh mengangkat dirinya dari azab.

Baca Juga : Tuntunan Manasik Haji dan Umrah

Kata Bismillah Menurut Para Ahli

para ahli menambahkan bahwa kata basmallah ini memiliki empat arti, termasuk:

  • Pertama kata “bi” dikumpulkan dalam kalimat bismillah dengan “kekuatan dan bantuan”, maka pekerjaan harus ditingkatkan, yang dilakukan oleh kekuatan Tuhan. Dia meminta bantuannya agar pekerjaan bisa dilakukan dengan baik dan lancar
  • Kedua, rahasia itu penting karena basmalah diutamakan dalam hal apa pun yang sepenuhnya sesuai dengan prinsip monoteisme “laa-ilaha-illa-Allah”. Dengan menjadikan Tuhan penyebab utama dari semua tindakan.
  • Ketiga, Allah adalah substansi yang harus ada, satu-satunya yang memiliki hak untuk memuji, dan nama terbesar yang pernah ada. Ketika seorang Muslim menyebutkan nama Allah di Basmalah, itu berarti bahwa ia telah menyatakan nama yang paling mulia di alam
  • Keempat, ada dua sifat kesempurnaan yang ada pada kata Basmalah, ar-Rahman dan ar-Rahiim. Ar-Rahman adalah curahan menyegarkan rahmat-Nya yang diberikan kepada semua yang mengandungnya di dunia ini. Dan ar-Rahiim adalah curahan rahmat-Nya di akhirat bagi mereka yang beriman.

Baca Juga : Doa Tahallul

Gambar Kaligrafi Tulisan Bismillah Bahasa Arab

Di bawah ini saya hanya akan mencoba beberapa penampakan kaligrafi Arab Bismillah / Bismillahirrahmanirrahim.

Munculnya pemandangan kaligrafi yang indah dan indah membuat kita betah berlama-lama.

Bagi yang memiliki jiwa artistik, juga dapat membuat kaligrafi bismillah anda sendiri apakah itu manual di atas kertas, komputer atau bahkan di dinding di rumah.

Kaligrafi Bismillah tentu bukan tanpa dasar. Diharapkan bahwa mata kita akan meningkat dalam kepercayaan kita kepada Tuhan.

Setiap kali kita mengambil langkah, selalu panggil nama Allah. Karena sungguh segala yang kita harapkan tidak akan terjadi tanpa berkah dari Allah SWT.

Gambar Kaligrafi Bismillah

kaligrafi perahu
kaligrafi
kaligrafi bismillah
kaligrafi arab

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang tenis lapangan, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>