Peralatan Lari Estafet

Posted on

Hallo sobat olahraga, rumussoal.com, kali ini akan manyampaikan materi tentang Peralatan Lari Estafet meliputi dari pengertian, teknik, peraturan, alat, manfaat, tujuan, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Lari Estafet – adalah salah satu anak cabang olah raga yang memiliki bentuk dan gerakan yang menggunakan kekuatan tangan dan kekuatan kaki supaya mudah mencapai tujuan finis dengan menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini juga dapat menggabungkan gerakan dan koordinasi pada kemampuan pada tim lawan.

Lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pengertian Lari Estafet

Peralatan-Lari-Estafet

Lari Estafet adalah salah satu jenis olah raga dalam kompetisi yang diadakan secara bergantian atau kompetisi estafet, yaitu terdiri dari pelari pertama, kedua, ketiga dan keempat. dan ke pelari berikutnya.

Hal ini sering diperebutkan 4 x 100 meter = 400 meter dan 4 x 400 meter (1.600 meter) untuk berlari yang diperhitungkan dengan keuntungan dan keterampilan untuk cepat mendapatkan tongkat dengan jarak dan kecepatan masing-masing pelari.

Tujuan dasar dari lomba estafet itu sendiri adalah setiap pelari harus mengarahkan tongkat ke pelari berikutnya dalam zona tertentu, yang biasanya ditandai dengan segitiga di dalam lintasan.

Maka pelari pertama memberi panggilan seperti “tongkat!” yang diulang beberapa kali sampai pelari kedua meraih tongkat sehingga pelari pertama yang datang dan meregangkan dan memberikan tongkatnya kepada pelari yang seterusnya.

Baca Juga: Permainan Kippers

Peraturan Dasar Lari Estafet

Dasar Lari Estafet (4 x 100 dan 4 x 400 meter) memiliki aturan tambahan untuk penggunaan tongkat dan aturannya untuk pria dan wanita.

Berikut adalah aturan dasar yang berlaku untuk estafet yang resmi.

  • Peralatan – tongkat untuk menjalankan relai one-piece yang halus dan berongga dan terbuat dari kayu, logam atau bahan kaku lainnya. dengan panjangnya antara 28 dan 30 cm, panjang 3,81 cm untuk orang dewasa dan 2,45 cm dan untuk anak-anak berat 50 gram.
  • Penggunaan stick – stick (dropsticks) dalam lomba estafet 4×100 meter pada saat lomba estafet 4×400, kejatuhan raket tidak didiskualifikasi yang ditempuh.

Baca Juga: Bentuk Bentuk Latihan Kekuatan

Sarana dan Peralatan

Peralatan atau perlengkapan yang digunakan untuk lari ini meliputi dari.

A. Start Block

Alat ini digunakan untuk pelari pertama karena menggunakan start squat, sedangkan pelari ke-2, ke-3 dan ke-4 menggunakan start untuk berenang.

teknik-lari

B. Tongkat

  • Tongkat yang digunakan untuk berlari terus menerus harus memenuhi berbagai kondisi.
alat-etafet
  1. Bahan yang terbuat dari tabung berlubang atau kayu
  2. Ukurannya maksimal 30 cm dan minimum 28 cm
  3. Lingkar adalah 12/13 cm
  4. Berat tidak kurang dari 50 gram

Tongkat penghubung harus memiliki warna terang. Yaitu, semoga bisa dilihat dari jauh jika diambil.

C. Stopwacth

  • Juga gunakan stopwatch untuk mengukur kecepatan lari sehingga stopwatch yang digunakan dalam kondisi baik.
Alat-estafet1

Baca Juga: Permainan Bola Bakar

Strategi Posisi Regu Lari Estafet

Strategi untuk menentukan posisi tim dalam permainan ini harus di rancang dengan baik supaya lebih mudah untuk melakukan perlombaannya.

Berikut adalah susunan posisi nya adalah sebagai berikut:

A. Pelari pertama

  • Pelari pertama yang mampu memulai dan menikung dengan baik harus dipilih.
  • Pelari pertama dipilih yang bisa melakukan sprint sehingga bisa memimpin.

B. Pelari kedua

  • Pelari kedua dipilih untuk mendapatkan tongkat dengan sempurna dan cepat dengan memiliki rasa tanggung jawab yang besar sehingga tem pelari memiliki daya tahan dan kecepatan lari.

C. Pelari ketiga

Pelari ketiga dipilih yang bisa mendapatkan dan menyajikan tongkat dengan cepat dan tepat. Pelari ketiga juga dipilih yang bisa berlari dengan kecepatan tinggi dalam kurva.

D. Pelari keempat

  • Pelari keempat dipilih untuk dapat melakukan sprint karena pelari itu menentukan tim yang menang atau kalah yang terus berlari.

Baca Juga: Gerak Dasar Berjalan

Teknik Lari Estafet

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa teknik yang harus dikuasai dalam perlombaan lari estafet adalah sebagai berikut.

A. Teknik mengoper tongkat

Dalam Teknik mengoper tongkat ini juga terdapat dua cara untuk melakukannya adalah.

  • Masukkan tongkat dari bawah, dan tangan memegang tongkat kemudian diayunkan dari belakang ke depan melalui bagian bawah tangan peserta tongkat.
  • Masukkan tongkat dari atas, dan dengan memindahkan tangan yang memegang tongkat dari belakang ke depan atau letakkan tongkat itu di telapak tangan kiri peserta.

B. Teknik menerima tongkat

Lari-estafet1

Dalam Teknik menerima tongkat ini juga terdapat dua cara untuk melakukannya adalah.

  • Pada saat menerima tongkat dengan penglihatan lakukan sambil memandu tangan yang mengayunkan pada tongkat ke belakang dengan memperhatikan perlengkapan dengan peralatan yang relai
  • Dapatkan tongkat dengan tidak melihatnyamaka penerima tongkat melihat pelari menunjukkan tongkat dan lakukan berlari dengan secepat mungkin. dengan menghadap ke depan secepat sampai ke garis finis.

C. Teknik Pemberian dan Penerimaan Tongkat.

lari-estafet2

Dalam teknik ini terdapat dua cara untuk melakukannya diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pelari I memegang tongkat dengan tangan kiri dari awal dan Pelari II berlari secepat mungkin dengan mengayunkan punggungnya yang di mulai dengan ibu jari, kemudian pelari III, ketika mendapatkan tongkat dan dipindahkan ke tangan kiri, dan dibawa ke garis finish.
  • Memberi dan menerima tongkat yang di lakukan oleh pelari I mulai berjongkok sambil memegang tongkat dengan tangan kanannya setelah sinyal. Kemudian berlari secepat mungkin, dan diterima oleh pelari ke III dengan tangan kanan sampai melewati garis finish.

Demikianlah sobat yabg dapat kami sampaikan materi tentang Peralatan Lari Estafet, lengkap dengan pengertian dan tekninya, semoga artikel kami dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Lebar Gawang