Tarian Thailand

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com kali ini akan membahas artikel makalah tentang Tarian Thailand dari berbagai wilayahnya, lengkap dengan pengertian, jenis, macam macam, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Tarian Thailand adalah salah satu seni dengan karya yang di cipta dengan adat dan diiringi oleh musik dan beberapa instrumen serta orkestra unik dalam tarian sehingga dapat terkait dengan Kamboja dan diambil dari kisah Ramakien dan kisah Rama dan Shinta.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Tarian Thailand Itu

Tarian-Thailand

Tarian khas Thailand adalah sebuah tarian yang memiliki karya seni dengan keunikan yang berbeda dari jenis tarian yang lainnya, dalam dalam melakukannnya oleh 5 penari dengan pakaian kuning emas tradisional.

Menurut Sarisa Charoenrath, Mngatakan bahwa tarian itu terinspirasi oleh relief yang dilukis di dinding kuil Khmer diiringi oleh musik “Khom Chom Chun” dan “Kmer Rew”.

Dalam hal ini juga tarian memakai waktu 15 menit ini dibawakan oleh 5 penari yang menggambarkan adegan pertempuran hebat selama pemerintahan Ramakien.

Tarian ini berasal dari suku Poothai, yang tinggal di timur laut Thailand dan dipertunjukkan di pesta dan upacara suku dan akan berlangsung sekitar 5 menit.

Tarian ini sangat populer di seluruh Thailand dan merupakan tarian yang ramah karena masing-masing penari membawa drum ditemani oleh dua penari.

Baca Juga: Macam Macam Tari Tunggal

Macam Macam Tarian Thailand

Berikut bentuk dan jenis tarian yang berasal dari daerah Thailand adalah.

1. Tari Thailand Bagian Selatan

a. Tarian Nora

Tarian Nora adalah tarian tradisional dari Thailand selatan yang disebut sebagai Chatri dan dapat menawarkan cerita tentang legenda regional dalam berbagai versi dengan berbagai gerakan bervariasi antar daerah terdiri dari 12 posisi dan 17 gerakan yang berbeda.

b. Ram Nora Son Ram dance

Ram Nora Son Ram dance adalah sebuah tarian dengan tubuh yang berfokus pada gerakan yang menggunakan lengan dan bahu, yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh yang lainnya.

c. Menari Nora Klong Hong

Tarian Nora Klong Hong adalah salah satu bentuk tarian yang istimewa karena hanya dipertunjukkan pada acara-acara tertentu dan memainkan peran Hong atau Kinnare.

Kisah tari ini didasarkan pada legenda Prasuton Manora di sebuah danau di tengah hutan denga gerakan harmonis yang muncul ketika Pran Boon mengejar Kinnare.

Baca Juga: Sejarah Seni Rupa

2. Tari Thailand Bagian Timur Laut

a. Tari Khoa Serng Kratip

Tarian Serng Kratip adalah sebuah tarian yang dilakukan selama festival tradisional dan sering ditambahkan ke nama objek lokal yang digunakan oleh penari yang berada di atas panggung.

Tarian Serng Kratip memiliki gerakan yang meniru gerakan seorang wanita yang membawa makanan kepada suaminya di ladang, dengan goreografi tarian yang disertai dengan irama yang hidup dan instrumen, tomb, mong (gong) dan kahen.

b. Serng I San menari

Serng I San Tanz adalah sebuah tarian rakyat yang dipertunjukkan di festival tradisional yang dapat menunjukkan penari dengan kostum cerah dan berwarna-warni dengan ekspresi kegembiraan tentang perayaan.

c. Tarian Fon Poothai

Tarian Fon Poothai adalah sebuah tarian yang berasal dari suku Poothai, yang tinggal di timur laut Thailand yang akan ditampilkan di festival atau upacara suku Poothai.

Baca Juga: Corak Corak Batik

3. Tari Thailand Bagian Utara

a. tari pedang

Tarian pedang adalah sebuah tarian terinspirasi oleh seni bela diri kuno yang menunjukkan keberanian dengan kekuatan dan gerakan refleks yang menarik. Yang di lakukan dengan gerakan yang menggunakan berbagai jenis pedang sambil menyerang lawan penarinya.

b. tari lilin

Tarian lilin adalah sebuah tarian tradisional kheun yang akan dipersembahan untuk Sang Buddha sebagai menjaga dan melintasi delapan titik utama bumi dengan bentuk penghormatan terhadap Buddha.

c. Tarian Choeng Tua Auk Son

Tarian Choeng Tua Auk Son adalah sebuah tarian yang menawarkan tarian untuk Sang Buddha dengan koreografi yang terinspirasi oleh konten kaligrafi kuno di utara dengan gerakan dalam seni bela diri.

Baca Juga: Cabang Seni

4. Tari Thailand Bagian Tengah

a. Tari Sri Nuan Sri Nuan

Tari Sri Nuan Sri Nuan adalah sebuah tarian yang memiliki koreografi dengan gerakan yang indah dan musik yang lembut sehingga panari mampu menunjukkan keindahan alami gadis-gadis Thailand dan ketampanan pemuda.

b. Teut Teung Dance

Tarian Teut-Teung menggunakan drum yang disebut Teut-Teung, yang biasa digunakan dalam musik rakyat dan digunakan untuk mengiringi parade atau parade selama festival tradisional.

c. Tarian panen padi

Tarian petani adalah salah satu bentuk tarian modern dengan memakai kostum pedesaan pada saat membajak dan menabur benih di ladang sbagai ucapan terima kasih kepada Dewi Mae Posop karena menjaga kesuburan beras yang di tanamnya.

Demikian sobat yang dapat kami samapikan pembahasan tentang, Tarian Thailand, lengkap dengan pengertian, jenis dan macam-macam tarian, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Sejarah Musik Barat