Sejarah Tari Balet

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Sejarah Tari Balet klasik – lengkap dengan pengertian, pemeran dan perkembangan nya, supaya mudah dipahami.

Sejarah Tari balet – Ialah sebuah seni tari yang memakai ciri khas dalam kostum, gerakan tarian dan langkah, musik, dan juga panggung yang di setting semenarik mungkin sehingga bisa membangkitkan imajinasi para penonton tari balet, balet adalah nama lain dari salah satu dalam teknik tarian.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Tari Balet Adalah

Sejarah Tari Balet

Tari Balet ialah nama lain dari salah satu teknik didalam tarian. karya dari tari yang dikoreografi memakai dan teknik ini dinamakan dengan balet sehingga tarian ini sering disebut sebagai akting yang diiringi dengan musik.

Seni pada tari Ballet sangatlah terkenal dari zaman dahulu pada saat pertama kali muncul sampai dengan saat ini, tidak henti-hentinya orang untuk belajar menari tarian Ballet ini.

Bagi beberapa orang tua, kalau mereka mempunyai anak wanita, maka mayoritas besar tentunya mereka akan menyuruh anaknya untuk belajar tari Ballet, jenis dan seni tari yang satu ini sangatlah terkesan, ada beberapa kombinasi unsur yang bisa kalian lihat dalam tari Ballet.

Baca Juga: Tari Kreasi Nonetnik

Unsur Unsur Tari Balet

Tari Balet

Unsur-unsur itu seperti ketegasan, kelembutan, displin,kekuatan,tangap dan masih banyak lagi, tari Ballet ialah seni tari yang sangat mengutamakan prinsip dasar didalam kedisiplinan, supayah bisa menari Ballet dibutuhkan latihan yang tidak sebentar.

Pola latihan pada saat menari tarian Ballet juga tidaklah mudah walaupun ada tahapan-tahapannya atau tingkatannya didalam tarian balet.

Digunakan keseriusan dan juga ketekunan yang sangat luar biasa untuk bisa menari tarian Ballet ini dengan sangat baik, seni tarian ini adalah salah satu seni tari yang menceritakan dan mengekspresikan kelembutan, keanggunan, kekuatan, dan juga kedisiplinan yang tinggi.

Bila kalian melihat pada tari Ballet, pasti kalian akan bisa melihat ekspresi-ekspresi para penari, Tari Ballet yakni seni tari yang mempunyai berbagai karakteristik dan sejarah yang sangat menarik, ada beberapa diantaranya ialah seperti dibawah ini:

  • Seni pada tari Ballet yakni seni tari yang terbentuk dari penggabungan antara pertunjukan seni musik, puisi, dan juga tarian yang digabung menjadi satu alur cerita yang bagus.
  • Seni pada tari Ballet awalnya lahir pada era Renaissance di benua Eropa khususnya bagian barat, pada Pertunjukan tari Ballet pertama kali yang ada dan digelar oleh Balthazar de Beaujoyeux, ia adalah seorang pemain biola dan ahli tari dari Negara Prancis pada tahun 1581 di tepatnya di kota Paris.
  • Seni tari Ballet awalnya hanya dapat ditonton oleh kaum bangsawan dan anggota kerajaan di benua Eropa.
  • Dari hasil penelitian oleh sejumlah para ahli yang mengamati dunia pada seni tari, untuk wanita, umur 8 sampai 10 tahun ialah usia yang sangat tepat untuk mulai belajar tari Ballet, lalu bagi anak laki-laki boleh ikut belajar tari Ballet pada usia berapapun, hal ini dinyatakan sebab melihat dan mempertimbangkan dari efek pada menari Ballet terhadap kesehatan otot anak-anak.
  • Pada masa kejayaan pada seni tari Ballet ini ialah dimulai pada tahun 1643 sampai dengan tahun 1715 dibawah masa pemerintahan oleh Raja Louis XIV.
  • Pentasan dari seni tari Ballet yang diadakan di kerajaan pada masa itu dibuat oleh 2 tokoh yang sangat bersejarah yakni seorang komposer keturunan Italia dan dari Prancis, Jean Baptiste Lully dan ada juga seorang komposer yang sangat terkenal asal Perancis, yakni Pierre Beauchamps.
  • Pada awal mulanya seni tari Ballet itu dimainkan oleh para penari laki-laki, tetapi sekarang seiring dengan perkembangan zaman dan sudah mulai banyak penari yang membuat inovasi-inovasi baru didalam seni tari, membuat para penari perempuan menjadi tokoh yang paling utama dalam tari Ballet.
  • Seni tari Ballet sangatlah mengutamakan kelenturan dan keluwesan pada tubuh pada saat menari, seni tari ini juga mewajibkan penarinya untuk mempunyai tekhnik keseimbangan tubuh yang sangat baik, dengan begini, latihan yang diperlukan sangatlah extra dan padat.
  • Seni tari Ballet mempunyai beberapa tekhnik gerakan, diantara yaitu dari sekian banyak teknik gerakan pada tari balet, yang sangat terkenal ialah grand pas de deuxdan dan juga pointe work.
  • Seiring dengan waktu dan perkembangan zaman, seni tari Ballet sudah bisa dilakukan dan di pertunjukan khusus tari Ballet ataupun dapa jugat menjadi bagian dari pentas opera.
  • Seni tari Ballet mempunyai gerakan dasar yakni gerakan yang terdiri dari 5 bentuk atau 5 pola dasar yang melibatkan bagian tubuh yaitu kaki, kepala, tangan dan juga bahu.

Baca Juga: Sejarah Tari Nusantara

Pemeran Tari Balet

Ada juga beberapa Ballerina atau penari Ballet yang sangat populer di dunia yang salah duanya ialah Sylvie Guillem dan Allesandra Ferri penjelasannya seperti dibawah ini:

1. Sylvie Guillem

 Sylvie Guillem

Sylvie Guillem ( Prancis, lahir pada 23 Februari 1965) ialah penari balet asal Prancis, Sylvie Guillem  ialah penari wanita papan atas dan juga dengan Paris Opera Ballet pada tahun 1984 hingga tahun 1989, sebelum ia menjadi bintang tamu bersama Royal Ballet di London. 

Sylvie Guillem sudah menampilkan tarian kontemporer yang berperan sebagai Associate Artist di London’s Sadler’s Wells Theatre, pertunjukannya yang sanggat terkenal termasuk di Giselle dan juga di Rudolf Nureyev tentang Swan Lake dan pernah juga di Don Quixote, pada November 2014, Sylvie Guillem memberitahukan pengunduran dirinya dari panggung tari pada tahun 2015.

2. Alessandra Ferri

 Alessandra Ferri

Alessandra Ferri lahir 6 Mei 1963) dia ialah seorang balerina prima asal Italia, Alessandra Ferri menari dengan mengunakan gaya Royal Ballet (1980–1984), Di American Ballet Theatre (1985–2007).

Dan juga di La Scala Theatre Ballet (1992–2007) selain itu ia adalah sebagai artis tamu internasional, sebelum Alessandra Ferri berhenti sementara pada 10 Agustus 2007, pada saat dia berusia 44 tahun, lalu ia kembali lagi pada 2013, Alessandra Ferri akhirnya diberikan peringkat prima pada ballerina assoluta .

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Sejarah Tari Balet, semoga materi yang sangat singkat ini mudah dipahami, dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>