Contoh Laporan Hasil Diskusi

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Contoh Laporan Hasil Diskusi tentang narkoba – lengkap dengan pengertian, unsur, kerangka serta pokok dan pembahasannya, supaya mudah dipahami.

Laporan hasil diskusi – ialah sebuah laporan yang berisi tentang informasi tentang output atau hasil dari pembentukan ilmiah yang sudah dilakukan didalam bentuk secara tertulis dengan format-format tertentu.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Laporan Hasil Diskusi Adalah

Contoh-Laporan-Hasil-Diskusi

Laporan Hasil Diskus Adalah salah satu karangan dalam sebuah topik dengan pembahasan yanbg beisikan hasil dengan karya ilmiah, sehingga dapat memberikan informasi dengan format secara tertulis.

Unsur unsur Laporan Diskusi

Berikut ini ialah hal-hal yang harus dan penting dimasukkan kedalam hasil laporan diskusi:

  1. Topik didalam permasalahan yang harus menjadi bahan untuk diskusi.
  2. Apakah ujuan dalam melakukan diskusi
  3. Pelaksanaan diskusi.
  4. Siapa saja peserta diskusi.

Adapun ulasan yang harus dideskripsikan adalah.

  • Narasumber – adalah sebuah ide dalam menyampaikan pokok pikirannya tentang masalah yang akan didiskusikan serta dapat menyampaikannya dengan jelas.
  • Moderator – adalah sebuah memimpin pada saat berjalannya diskusi atau bisa juga sisebut ketua diskusi.
  • Notulis atau Penulis – adalah seorang yang bertugas yang terkait tentang topik permasalah dalam diskusi itu.
  • Peserta diskusi.

Kerangka Laporan Diskusi

Jika sudah kita mengetahui apa sajakan unsur-unsur yang perlu dan harus ada didalam laporan hasil diskusi, dan dibawah ini kita akan membahas mengenai kerangka pada laporan diskusi yang baik dan benar.

Pada bab pendahuluan ini ada beberapa poin yaitu.

  • Latar belakang dalam pelaksanaan diskusi.
  • Tujuan diadakannya diskusi.
  • Topik atau permasalah yang akan didiskusikan.
  • Tempat, waktu, dan juga para peserta diskusi.

Baca Juga: Unsur Naskah Drama

Pokok Materi Diskusi

Di dalam bagian ini dituliskan rangkuman, catatan atau uraian dari pembahasan yang sudah dilakukan oleh para narasumber ketika dia sudah menyampaikan gagasan atau ide pokok permasalahan yang akan kalian didiskusikan.

  • Pada pokok pikiran dari para peserta yang menyampaikan pendapat (jika diskusi berbentuk menyampaikan pendapat).
  • Pokok pikiran dari penulis dan juga tanggapan para peserta diskusi (jika diskusi berbentuk diskusi panel (pertukaran gagasan pikiran)).
  • Pada gagasan yang paling utama dalam makalam yang ditunjukan pemakalah dan juga pembandingnya (jika ada)
  • Pertanyaan dan saran yang disampaikan oleh para peserta diskusi beserta dengan tanggapan atau jawaban yang sudajh disampaikan oleh narasumber atau pemakalah atau panelis terhadap para pemberi pertanyaan.

Pokok-pokok pemikirannya dalam gagasan:

  • Gagasan utama yang ditampilkan oleh pemakalah ataupun pembanding, serta bersama dengan tanggapan dari para peserta diskusi (jika diskusi berbentuk simposium, seminar, ataupun lokakarya).
  • Pokok pikiran dari hasil panelis dan juga ada tanggapan dari para peserta.
  • Pokok pikiran dari para peserta yang menyatakan pendapat.

Bukan hanya itu saja namun harus disertakan juga apa saja masalah-masalah yang belum bisa ditemukan dalam diskusi bila ada pertanyaan, juga masukan dan saran-saran untuk tindak lanjut berdasarkan dari hasil diskusi.

Hal-hal yang mendukung isi laporan seperti:

  • Makalah-makalah yang bersangkutan apa saja.
  • Susunan pada acara diskusi.
  • Para panitia diskusi.
  • Dan juga aftar hadir peserta.

Baca Juga: Kerangka Karya Ilmiah

Contoh Laporan Diskusi

Berikut ini ialah contoh laporan dari hasil diskusi singkat tentang kesehatan yang membahas tentang bahaya narkoba untuk para remaja di lingkungan sekitar kita beserta dengan cara penganggulangannya.

Tentang Kesehatan
PENDAHULUANA

A. Latar Belakang

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika, dan juga Bahan Adiktif, Kata Narkoba sangat sering sekali dipakai dalam aparat penegak hukum atau Polisi.

BNN (Badan Narkotika Nasional), Jaksa, dan juga Hakim, Indonesia adalah sebagai Negara yang sangat beradab, sekarang ini sedang dihabiskan oleh permasalahan yang sangat serius, yakni penyalahgunaan pada narkoba atau narkotika.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pada obat-obatan yang terlarang itu akan merusak sel-sel pada otak yang sangatlah jelas sekali bahayanya bagi manusia jika mengunakannya.

Selain itu jika memakai obat-obatan terlarang dan sering disalahgunakan oleh para remaja di Indonesia, maka pada diskusi ini diadakan untuk mencari solusi dan penanganan terhadap permasalahan anak bangsa ini.

B. Tujuan
a. Agar bisa menemukan solusi supayah narkoba tidak disalahgunakan lagi.

b. Mencari cara bagaimana agar para masyarakat yang teredukasi tentang bahayanya memakai narkoba.

c. Membuat strategi bagaimana caranya agar para generasi muda indonesia di sibuk dengan hal-hal yang positif.
“Bahaya jika Penyalahgunaan Narkoba bagi Remaja Indonesia”
Hari / tanggal: Senin 11 April 2011 Waktu: 09:30 s/d 11.15WIB Tempat: Lab kimia no ruangan 11 Judul dari Makalah: Bahaya Narkoba
URAIAN DISKUSI

A. Pembukaan
Moderator akan membuka acara diskusi dengan menyebutkan CV narasumber atau panelis dan atau pemakalah lalu memperkenankanya untuk mulai mempresentasikan makalah yang ingin didiskusikan, lalu para penyampai Pemakalah: Arifudin: (lalu sebutkan biodatanya)

B. Penyajian
Pemakalah menampilkan hasil materi mengenai bahayanya narkoba terhadap para remaja Indonesia dengan secara garis besar, dan inti dari penyampaian makalah yang disampaikan ialah contohnya seperti dibawah ini:

Narkoba itu sebenarnya ialah obat, namun saat disalahgunakan akan bisa berakibat fatalb jika memakainya, para masyarakat di Indonesia belum teredukasi semuanya tentang akibat dan dampak yang bisa ditimbulkan jika mengunakan narkoba,

Para remaja Indonesia yang sudah mengunakan narkoba biasanya sering diawali karena ingin tahu dan akhirnya dia coba dan terus kecanduand, langkahh apa yang harus dilakukan oleh para pemerintah didalam mengatasi permasalahan tentang narkoba.

C. Tanya Jawab
Pertanyaan pokok:

1. Irfan Zakky: Kalau narkoba ialah obat dalam kesehatan, biasanya dipakai untuk apa?

2. Yunda Pipit: Bagaimana jika kita selaku siswa SMA cara menghindari narkoba?

3. Ricky Irawan: Bagaimana cara kita dalam membedakan zat adiktif dan yang bukan zat adiktif?

Jawaban dan juga diskusi:

1. Ika (penyaji): Ya itu sangat benar sekali, ada beberapa di antaranya contohnya seperti LSD itu bisa mengobati ketergantungan,dan juga mengobati depresi dan menghilangkan sakit pada kepala, ekstasi itu bisa mengurangi kecemasan.

Meringankan gejala parkinson, dan juga untuk perawatan PTSD, heroin bisa digunakan untuk penghilang rasa sakit, itu juga apakahn termasuk penghilang untuk rasa sakit terhebat yang di dunia.

Faiz (penanya): Namun juga kenapa kalau ada kegunannya disebut dengan obat terlarang?.

Ika (penyaji): Sebab sangat banyak sekali yang memakai obat-obatan terlarang itu tanpa resep dan periksa dari dokter, apakah obat-obatan itu digunakan di dunia medis dengan aturan dosis tertentu, bukankah untuk dipakai secara bebas tanpa adanya sepengetahuan dari dokter.

Faiz (penanya): Nah, tentu dari itu, apa yang membuat para remaja seperti kita ini sangat banyak yang terjerumus kedalamnya padahal sudah kita tahu bahayanya?.

Arifudin (penyaji): Dan bla … bla … bla (tuliskanlah semua tanya jawab yang sudah terjadi tadi) dan (tuliskanlah jawaban dari para penyaji lalu tanggapan apa dari penanya dan juga para peserta lain).
KESIMPULAN DAN SARAN 

A. Simpulan
a. Narkoba sangatlah berbahaya sekali jika dipakai tanpa resep dari dokter bahkan itu bisa menyebabkan kematian.

b. Para remaja harus tahu apa bahaya dari narkoba.

c. Para remaja harusnya sudah bisa mengedukasi kepada masyarakat tentang apa bahaya narkoba dengan cara yang sangat kreatif

B. Saran (tuliskan kekurangan apa saja dari diskusi ini).
LAMPIRANA. 

Makalah – Bahayanya Narkoba bagi para Remaja, Narkoba didalam Dunia Medis.

B. Susunan acara diskusi – Pembukaan, penyajian, dan juga diskusi.

C. Panitia diskusi – Moderator, dan juga notulis.

D. Daftar hadir peserta – jumlah para peserta yang ikut diskusi .

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Contoh Laporan Hasil Diskusi, semoga materi ini mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: