Gerak Dasar Berjalan

Posted on

Hallo sobat olahraga, kembali lagi dengan di rumussoal.com, kami akan manyampaikan artikel makalah tentang Gerak Dasar Berjalan yang tepat dan bervariasi dalam kekuatan jasmani lengkap dengan pengertian, teknik, cara, bentuk, manfaat, contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Gerak Dasar Berjalan Itu – adalah salah satu cabang olahraga dengan gerakan yang menggabungkan dari gerakan kaki dan tangan pada koordinasi dalam kemampuan dengan gerakan yang sempurna dan dapat berfungsi untuk menghindari kecitdraan pada tubuh.

Langsung saja simak artikel kami dibawah ini….?

Gerak Berjalan Adalah

Gerak-Dasar-Berjalan

Berjalan adalah salah satu cabang olahraga yang membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan ketangkasan, sehingga harus dilatih secara teratur dengan pergerakan dalam sistem muskuloskeletal.

Gerakan dasar ini dapat dilakukan dengan kombinasi dalam bentuk permainan, yang dianggap normal jika dapat berlari atau berlari dalam kehidupan sehari-hari tanpa kesulitan.

Dalam hal ini juga olahraga dapat melatih kekuatan jasmani dalam perawatan kesehatan dengan keterampilan dasar dalam olahraga dan dapat mendukung kegiatan belajar mengajar olahraga.

Olahraga ini dapat menjaga kesehatan dan keterampilan yang dapat menghibur dengan gerakan dasar pada saat berjalan dan dapat juga di lakukan dengan melompat.

Baca Juga: Bentuk Latihan Koordinasi

Teknik Berjalan Yang Benar

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa teknik dasar dalam berjalan yang baik dan benar diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Posisi tubuh harus tegak dan tulang belakang harus lurus atau tatapan mata harus diarahkan ke depan.
  2. Dada terbuka dengan pernapasan yang dilakukan dengan perut dan pandangan mata ke depan.
  3. Lengan berayun bergantian secara sensitif sebelum bahu dan siku terasa sakit.
  4. Kaki bergantian maju dengan kaki terbuka dan tumit diangkat.
  5. Ayunkan kaki ke depan dengan lutut sedikit ditekuk dan berjalan lurus ke depan.
  6. Gerakan langkah-langkah berlanjut satu demi satu dan diikuti oleh lengan yang diayunkan secara berlahan dengan mata datar ke depan.

Baca Juga: Heading Dalam Sepak Bola

Macam Macam Gerakan Berjalan

Pembahasan singkat diatas di sini juga akan kami sampaikan macam-macam gerakan dasar pada saat akan berjalan adalah.

1. Berjalan ke depan

Berjalan-ke-depan

Berjalan ke depan adalah salah satu gerakan langkah pertama kaki kiri ke depan dengan lutut sedikit ditekuk dengan posisi tubuh tegak dan dada terbuka, kepala tegak dan pandangan ke depan.

2. Berjalan ke samping 

Berjalan-ke-samping

Berjalan ke samping adalah salah satu gerakan dengan mengambil posisi tegak lalu gerakkan kaki kanan dengan cepat ke kiri sampai merapat dan diikuti dengan kaki kanan.

Baca Juga: Bentuk Bentuk Latihan Kekuatan

3. Latihan gerakan dasar berlari

Dalam berjalan lakukan lebih lama saat berlari dengan langkahan kaki nya datar tergantung pada kecepatan dan jarak yang ditempuh, ayunkan tangan ke depan.

Misalnya;

  • Berkendara perlahan lebih cepat
  • Jalankan maju perlahan lebih cepat

3. Latihan gerakan dasar melompat

Latihan lompat bertujuan untuk mendarat yang benar dan melatih keberanian dengan berbagai cara adalah.

A. Lompat tanpa awalan
Melompat tanpa awalan dengan dua kaki atau penolakan dengan satu kaki, dengan berdiri tegak maka kedua tangan dimiringkan ke depan lutut sedikit ditekuk atau pandangan mengarah kedepan.

B. Tolakan dengan satu kaki

Dalam hal ini kaki kiri di depan lurus dan kaki kanan di belakang sedikit ditekuk selanjutnya kaki kanan mengikuti dan kedua tangan diayunkan ke depan.

C. Melompat dengan awalan

Melompat dengan awalan dapat mengacu pada lompat jauh dengan melakukannya seperti melompat tanpa awalan namun hal ini adalah sebuah penolakan yang dilakukan harus dengan langkah berjalan secepat mungkin.

5. Latihan gerakan dasar melempar

Sikap pada saat akan melakukan gerakan ini adalah berdiri tegak dan kemudian kaki kiri sedikit ke depan dan kaki kanan di belakang dengan siku ditekuk pandangan mengarah kedepan.

Baca Juga: Permainan Kippers

Cotoh Gerakan Dasar Berjalan

  • Berjalan dengan normal
  • Berjalan dengan jari-jari kaki
  • Berjalan sambil mengangkat lutut
  • Ikuti langkah-langkah kaki
  • berjalan dengan langkah panjang
  • Maju terus
  • berjalan ke belakang
  • berjalan dalam lingkaran
  • Berjalan menyamping

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, gerakan dasar berjalan, lengkap dengan contoh dan macam macam gerakannya, semoga artikel kami ini dapat bermanfaat, sekian dan terima ksaih.

Baca Juga: Permainan Bola Bakar