Permainan Kippers

Posted on

Hallo sobat olahraga, rumussoal.com, kali ini akan manyampaikan artikel makalah tentang Permainan Kippers sebagai cabang olahraga, lengkap dengan pengertian, teknik, cara, sarana, tujuan, alat, lapangan contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Kippers – adaah salah satu cabang olah raga yang dimainkan oleh dua regu yang terdiri atas 12 orang memain, permainan ini juga harus mengumpulkan angka yang sebanyak-banyak nya supaya dapat menjadi pemenang, serta dapat menjaga kekompakan antar tim atau regu.

Lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Apa Itu Kippers

Kipers adalah salah satu permainan bola kecil dengan pukulan seperti bola kasti dan akan dilemparkan oleh pemain hingga ditempatkan dengan baik supaya dengan mudah untuk memainkannya.

Permainan ini berasal berbahasa Belanda yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 12 pemain dan tim harus memukul dan mengumpulkan angka yang terbaik.

Sementara itu permainan ini memiliki lawan yang harus menerima angka / nilai dan pemain bisa mendapatkan angka / nilai jika dia bisa bernalar dengan baik.

Baca Juga: Lebar Gawang

Teknik Pemainan Kippers

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa teknik dalam permainan kippers dengan postur tubuh lurus dan tegak untuk mencapai jarak yang sangat jauh, diantaranya adalah.

Berikut teknik permainan kippers adalah.

A. Teknik Memukul

Teknik memukul adalah salah satu teknik yang sesuai dengan tujuan dari arah bola pada saat akan memukul hal ini sangat tergantung sudut putaran bola yang akan dipukul dengan dayung dan posisi kaki seperti.

1. Pukulan datar ke depan

  • Pegang dayung di pangkalan
  • Setelah bola ditempatkan gerakan tangan untuk memukul
  • Berat badan pada kaki harus lurus dan seimbang
  • Pemukul lurus membentuk sudut 45 ° dengan garis datar
  • Pegang bola di ujung sehingga lengan berayun dan lepaskan bola pada sudut 45 °
  • Dekati bola setinggi bahu
  • Arah bola tergantung pada arah yang akan dituju

2. Pukulan menyamping ke kiri

  • Posturnya seperti pukulan tegak dan kaki tidak ditekuk
  • Pukulkan bola tegak lurus satu dengan dalam gerakan horizontal
  • Arahkan bola ke kanan atau kiri tergantung dengan arah pada bola

3. Pukulan dari sisi kiri

  • Postur seperti stroke maju ke depan dan diputar ke depan
  • Tubuh diputar ke arah belakang
  • Ayunkan lengan dengan pola dari atas ke bawah

4. Pukulan menyamping ke kanan

  • Ayunkan tangan ke depan dari bagian belakang
  • Postur stroke maju ke depan
  • Arah dari atas ke bawah dengan sudut tumbukan ke arah yang diinginkan.

Baca Juga: Contoh Interval Training

B. Teknik Lemparan Keatas

Lemparan atas adalah salah satu teknik dalam bermain kippers dengan membentuk posisi kaki kuda-kuda dan kaki kanan memegang bola agak terentang ke atas yan mengarah ke arah kanan.

Lemparkan awalan, mundur, menarik tangan kanan ke belakang dan menyeimbangkan tangan kiri sementara kaki kanan maju dengan gerakan pada akhir dan bola dipukul sampai jari-jari menunjuk ke bawah.

Baca Juga: Bentuk Latihan Koordinasi

C. Teknik Lemparan Kebawah

Teknik Lemparan Kebawah tubuh bersandar dan menekuk kaki lebih rendah dengan membentuk pola dengan memegang bola lurus dan tegak dengan tangan kanan .

Ayunkan tangan kanan sehingga pelontar bola membutuhkan sudut sekitar 45 ° dengan garis horizontal dengan lemparan untuk mencapai jarak yang sangat jauh.

Baca Juga: Heading Dalam Sepak Bola

Sarana Prasarana Permainan Kippers

Seperti apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam alat dan sarana dalam olahraga kippers dengan membutuhkan seperti.

1. Lapangan – lapangan dalam hal ini tentu saja sangat diperlukan untuk permainan berlangsung dengan bentuk dan ukurannya adalah 65 x 30 meter dengan luas skuad 5 x 15 meter dan ruang 5 x 15 meter.

2. Tiang Hinggap – permainan ini juga membutuhkan tiang perimeter, terbuat dari bambu atau besi. 1,5 meter ukuran panjang batang bersama dengan diameter 2 cm,

3. Bola – Bola yang digunakan dalam hal ini biasanya terbuat dari bahan karet dengan berat 80 gram dan diameter 7 cm.

4. Tiang Kecil  – tiang kecil ini berada di setiap sudut bidang tempat setiap ujung pos ditandai.

5. Tiang Bendera – Tiang bendera yang berukuran sama dengan tiang dan bidang yang memiliki dua tiang bendera untuk ditempatkan di atas tiang.

6. Pemukul – pemukul umumnya terbuat dari kayu dengan panjang 60 cm bagian tengah dayung.

Lapangan Permainan Kippers

lapangan-k

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi tentang permainan Kippers sebagai cabang permainan olahraga mirip permainan bola kasti ini, semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Gerakan Senam Irama