Jenis Teater Tradisional

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Jenis Teater Tradisional di indonesia – lengkap dengan pengertian, unsur, serta gambarnya supaya mudah dipahami.

Teater Tradisional – adalah salah satu bentuk dalam sebuah pertunjukan dari masing masing daerah karena akan terkondisi dengan adat dan istiadat dalam bidang sosial geografis daerah.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Pengertian Teater Tradisional

jenis teater tradisional

Pengertian Teater Tradisional – adalah sebuah jenis seni teater yang yang terdapat dari masing masing daerah dan hal ini juga adalah sebuah pertunjukan yang disenangi oleh masyarakat.

Dalam hal ini juga memiliki sebuah kaitan dengan salah satu kegiatan upacara dalam memperingati adat atau keagamaan dengan sebutan tradisional dalam bidang seni.

8 Jenis Teater Tradisional

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka juga akan menyampaikan beberapa jenis teater yang terdapdat dalam tradisional indonesia diantaranya adalah sebagai berikut:

Berikut beberapa teater tradisional

1. Ludruk

ludruk

Seni drama akan ditampilkan dengan bahasa dan biasanya mirip dengan ludruk dalam keduanya dari masing masing daerah yang terpencil.

2. Ketoprak

ketoprakk

Ketoprak adalah salah seni yang menggunakan dari berbagai jenis musik dengan iringan irama yang akan ditampikan dalam pemetasan drama.

3. Lenong

lenong

Seni teater ini berasal dari jakarta, tepatnya suku betawi, pertunjukan biasanya diiringi tentang hubungan sesama manusia, dalam sebuah pertunjukan.

Namun hal ini juga seiring perkembangan masa mulai tampil di semua wilaya di ibukota besar yang ada di jakarta.

4. Mamanda

Mamanda

Mamanda merupakan karya seni teater yang berasal dari Kalimantan Selatandan mirip dengan lenong yang akan melakukan komunikasi langsung antara pemain.

Mamanda memiliki nilai budaya yang bersifat sebagai hiburan dan pendidikan, seni teater ini biasa diiringi dengan lagu-lagu khas melayu, yang terkenal pada saat sekarang ini.

5. Makyong

Makyong

Makyong adalah seni tari dalam teater melayudan telah berkembang sebagai upacara dalam sebuah persembahan sebagai kegiatan adat riau.

6. Randai

randai

Randai adalah sebuah karya seni dari perpaduan seni drama yang berfungsi sebagai hiburan yang mengandung materi dengan pelajaran moral berisikan sebuah nasihat.

7. Wayang

Wayang orang atau Wayang Wong

Seni teater wayang adalah sebuah kesenian yang dimainkan oleh dalang dan akan menciptakan beberapa unsur seni yang lain untuk diperhatikan pada waktu pementasan.

8. Reog

reog

Reog adalah salah satu karya seni hiburan yang dipertontonkan dalam bentuk tarian damn mengandung unsur magis yang mengenakan hiasan topeng, seperti kipas.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Jenis Teater Tradisional yang terdapat di indonesia, semoga materi ini mudah dipahami , sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: