Pengertian Efektivitas

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com, Kesempatan kali ini akan membahas artikel materi tentang Pengertian Efektivitas – lengkap dengan, unsur, kreteria, dan contohnya, supaya mudah dipahami.

Pengertian Efektivitas – sebuah umpama dalam melakukan pekerjaan yang benar dengan menentukan beberapa solusi yang efektif serta membutuhkan sumber daya yang sangat besar, demi mencapai level yang optimal untuk kebudayaan.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Apa Itu Efektivitas

Pengertian-Efektivitas

Efektivitas adalah sebuah bentuk dalam pencapaian tujuan yang tepat atau sebagai tahapan dalam memilih tujuan yang tepat dalam bentuk alternatif dalam membuat keputusan.

Efektivitas juga sebuah ukuran dalam keberhasilan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan akan diselesaikan pada saat memilih metode yang akan diidentifikasi supaya benar efektif.

Maka dalam hal ini juga sebuah bentuk yang akan dilakukan dan dapat dinilai melalui penilaian yang relatif dengan pengeluaran yang akan diterima.

Kriteria Efektivitas

Dari pembahasn singkat di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa kriteria tertentu yang terdapat dalam bentuk pekerjaan untuk mencapai pelaksanaan nya.

Berikut beberapa kriteria efektivitas adalah sebagai berikut:

Efisiensi – adalah sebuah bentuk dan ukuran dalam keberhasilan dari suatu kegiatan dalam jumlah dan sumber daya.

Produktivitas – yaitu jumlah sebuah produk atau layanan yang dasar oleh seseorang dalam kelompok dalam dalam bidang organisasi.

Stabilitas – adalah salah satu bentuk struktur dan akan berfungsi dalam bidang sumber daya di masa-masa sulit.

Keseluruhan efektivitas – adalah sebuah tindakan seseorang atau dalam bidang organisasi untuk melakukan semua fungsi yang utama.

Laba – adalah sebuah bidang investasi yang akan digunakan untuk melakukan suatu kegiatan.

Kepuasan kerja – adalah salah satu bentuk timbal balik atau imbalan yang positif dan akan dirasakan dalam diri seseorang atas perannya dalam bidang organisasi.

Semangat kerja – Adalah sebuah bentuk dalam kecenderungan seseorang yang berusaha untuk mencapai tujuan organisasi.

Integrasi – adalah sebuah bentuk dalam bidang komunikasi yang baik dan akan melakukan kolaborasi antara anggota dan organisasi upaya kerja mereka.

Fleksibilitas adaptasi – adalah suatu bentuk dalam kemampuan individu atau organisasi untuk memberikan aptasi kepada perubahan.

Aspek Efektivitas

Efektivitas suatu program memiliki beberapa aspek, termasuk:

  • Aturan dan ketentuan – suatu kegiatan yang akan dianggap telah mencapai dan mengenali fungsi dan aturan untuk menjaga kelangsungan kegiatan.
  • Aspek program atau rencana – adalah sebuah dalam rencana pembelajaran untuk siswa supaya dapat dilakukan dengan benar dan efektif.
  • Aspek kondisi atau tujuan ideal – suatu program atau kegiatan yang dapat dikatakan memiliki dampak dalam tujuan yag ideal dari program supaya tercapai dengan baik.
  • Aspek fungsional atau tugas – Suatu program dapat dikatakan efektif dan akan berfungsi dengan baik dalam pembelajaran dengan proses dari hasil yang memuaskan.

Contoh efektifitas

Ada banyak bentuk dan contoh efektivitas di berbagai area kerja dan organisasi diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Perwakilan dalam sebuah layanan pada pelanggan supaya dapat diharapkan melayani dengan baik dan akan mendapatkan 10 pelanggan setiap hari.
  • Seorang manajer akan bertanggung jawab atas 15 karyawan dan masing-masing karyawan dapat melakukan pekerjaanya dengan baik untuk mendapat posisi yang sudah ditentukan.
  • Mesin fotokopi dapat melayani dalam setiap harinya 20 jilidtan kertas setiap sehari nya maka setip pelayanan harus melakukan pelayanan dengan baik.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, Pengertian Efektivitas, semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya: