Lebar Gawang

Posted on

Halllo sobat olahraga rumussoal.com kali ini akan manyampaikan Artikel makalah tentang Lebar Gawang sepak bola lengkap dengan pengertian, Tinggi, panjang, luas, ukuran jenis, ukuran lingkaran contoh dan gambar supaya mudah dipahami.

Gawang sepak bola – adalah sebuah ukuran dan memiliki bentuk yang berbeda dari jenis olahraga yang lainnya sehingga lebarnya akan menyesuaikan dalam pertandingan standar internasiaonal dewasa atau profesional, lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Sejarah Singkat Gawang Sepak Bola

Lebar-Gawang

Sepak bola sebagai olahraga yang sangat populer dan banyak orang yang menyukai olahraga ini sehingga dapat membuat orang akan medukung dunia sepakbola agar terlihat olahraga yang banyak di gemari di seluruh dunia.

Gawang dalam lapangan sepak bola memiliki garis gawang yang dihubungkan seperti bentuk yang horizontal di ujung dan dilengkapi dengan jaring dari mistar gawang ke arah belakang garis gawang.

Secara resmi penggunaan lapangan ini didirikan pada tahun 1981 tepatnya pada pertandingan sepak bola The North, sejak saat itulah lebar standar dan di lengkapi dari berbagai artibut lainnya.

Pada dasarnya bentuk tiang gawang dan mistar gawang tidak terlalu mengikat selama mereka tidak membahayakan pemain atau memiliki efek tidak menyenangkan.

Di awal pertandingan sepakbola, hanya ada dua tiang gawang dengan tali di atasnya meskipun pemain banyak yang belum mengetahui lapangan sepak bola dengan ukuran.

Baca Juga: Bentuk Latihan Koordinasi

Tinggi Dan Lebar Standar Gawang Sepak Bola

Dari pembahasan singkat diatas maka kami juga akan menyampaikan tingggi dan lebar standar gawang sepak bola diantarnya adalah sebgai berikut.

Tinggi sepakbola FIFA

Ketinggian gawang sepak bola diukur dari bagian bawah mistar gawang, FIFA telah menetapkan aturan standar untuk ketinggian standar tujuan sepak bola.

Setiap gawang di lapangan sepak bola harus mengikuti aturan ini sebagai tujuan resmi FIFA, tidak lebih dan tidak kurang, tergantung pada usia pemain dan jenis permainan sepak bola, ada divisi yang berbeda mengenai ketinggian tiang gawang.

Baca Juga: Teknik Dasar Start Jongkok

Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tinggi dewasa profesional = 2,44 meter atau 244 cm atau 2,7 meter atau 8 kaki.
  • Tinggi untuk berusia 6, 7 dan 8 tahun = 1,37 – 1,98 meter atau 4,5 – 6,5 kaki
  • Ukuran pada usia 9 adalah 1,98 meter
  • Ukuran untuk anak berusia 10 tahun = 1,98 – 2,13 meter atau 6,5 – 7 kaki
  • Ketinggian gawang pada usia 11 adalah 1,98 – 2,44 meter
  • Ukuran penjaga untuk anak berusia 12 tahun = 2,13 – 2,44 meter atau 7-8 kaki

Baca Juga: Heading Dalam Sepak Bola

Lebar gawang sepakbola FIFA

Lebar gawang sepak bola juga harus diperhatikan dan harus sesuai dengan aturan standar internasional dan yang ditetapkan oleh FIFA dengan ukuran lebar tiang.

Setiap lapangan sepak bola dalam pertandingan resmi harus memenuhi persyaratan lebar dengan Ukuran lebar dan harus menyesuaikan dengan jenis usia antar pemain yang akan bersaing.

Berikut adalah ukuran gawang sepakbola standar FIFA:

  • Lebar untuk dewasa atau profesional = 7,32 meter atau 732 cm atau 8 meter atau 24 kaki.
  • Lebar untuk berusia 6, 7 dan 8 tahun 2,74 – 3,66 meter
  • Lebar untuk berusia 9 tahun adalah 3,66 – 5,64 meter
  • Lebar gawang untuk berusia 10 tahun 5,64 – 6,4 meter
  • Lebar untuk berusia 11 tahun 5,64 – 7,32 meter
  • Lebar untuk berusia 12 tahun 6,4 – 7,32 meter

Agar lebih memahami gawang sepak bola perhatikan gambar di bawah ini.,

Gambar gawang sepak bola

Gambar-gawang

Demikianlah pembahasan dari kami tentang lebar gawang sepak bola lengkap dengan penjelasannya, semoga adanya artikel kami dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Contoh Interval Training