Teknik Dasar Pencak Silat

Posted on
Teknik-Dasar-Pencak-Silat-1

Artikel makalah tentang teknik dasar pencak silat – meliputi dari pengertian, Sejarah, sekap, jurus, pukulan, manfaat, tujuan contoh dan gambara supaya mudah dipahami.

Haaloo sobat kali ini kami dari rumussoal.com, akan menyampaikan artikel seputaran olahraga dalam hal ini olahraga sangat berguna dan bermanfaat dalam kehidupan sehari – hari, kenapa demikian, karena olahraga dapat menjaga kesehatan dan dapat membentuk tubuh yang ideal.

Penasaran kannn, , , Langsung saja simak pembahasan di bawah ini…!

Apa Itu Pencak Silat

Teknik-5

Pencak silat adalah salah satu cabang olahraga beladiri yang bserasal dari Indonesia dan pencak silat silat juga bisa dimainkan dengan cara perorangan atau dengan cara berpasangan.

Olahraga Pencak Silat ilmu beladiri yang memerlukan penguasaan terhadap teknik dasar supaya dengan mudah melakukannya dan akan mudah lagi menguasai gerakan-gerakan pada pencak silat.

Dalam hal ini juga amaka harus bisa menggunakan Akal dan fikiran supaya dapat meraih kesempurnaan pada saat melakukan pertandingan.

7 Dasar Teknik Pencak Silat

Dari ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa gaya dan teknik dasar dalam pencak silat atau ilmi bela diri diantaranya adalah sebgaia berikut:

1. Teknik Kuda Kuda

kuda-kuda

Teknik kuda- kuda adalah salah satu gerakan atau posisi pada saat berdiri di dan akan melakukan penyerangan maupun tangkisan terhadap serangan lawan.

Berikut langkah kuda – kuda pencak silat.

Baca juga :  Teknik Dasar Bola Kasti

1. Kuda-Kuda Depan adalah bentuk awal pada saat melakukan pencak silat dengan posisi kaki mengarah kedepan dan tegak yang disertai pandangan mengarah kedepan. 

2. Kuda-Kuda Belakang adalah salah satu bentuk dalam tahapan pada saat akan melakukan pencak silat karena denga hal ini akan lebih memudahkan melakukan gerakan.

2. Teknik Sikap

teknik-1

Ada 4 sikap pasang yang saya pelajari dalam pencak silat :

  • Sikap satu, yaitu sikap posisi badan yang tegak dengan kedua tangan disamping dalam keaadaan siap dan kaki di buka selebar bahu
  • Sikap dua, yaitu sikap badan pada posisi tegak dengab kaki dibuka selebar bahu yang sejajar dengan pinggang.
  • Sikap tiga, yaitu posisi tegak lurus dengabn melakukan gerakan menyilang.
  • Sikap empat, yaitu salah satu sikap denga posisi silang dengan kepalan tangan yang terbuka.

3. Teknik Langkah Mata Angin

Teknik-2

Gerakkan Langkah Mata Angin ini adalah sebuah gerkan dengan tendangan yang melingkar dengan awalan menggunkan kuda-kuda samping dalam keadaan lurus dan kaki kiri posisi dalam keadaan dengan sikap yang baik.

Gerakkan Mata Angin juga sebagai gerakan yang sering di gunakan dalam olahraga pencak silat karena gerakan ini disebut sebagai gerakan yang mematikan serangan lawan.

Baca juga : Teknik Dasar Sepak Bola

4. Teknik Pola Langkah

Teknik-4

Macam – macam pola yang ada dalam pencak silat :

  • Pola langkah lurus merupakan salah satu gerakan langkah yang membentuk garis lurus yang mana pelaksanaanya dimulai dari salah satu kuda-kuda.
  • Pola langkah zigzag merupakan gerak dengan melangkah dengan membentuk  mata gergaji atau pola zig-zag ,yang mana pelaksanaanya harus di mulai dari sikap pasang.
  • Pola langkah dalam adalah salah satau gerakan dimulai dari sikap awal tegak lurus dan kaki lurus kesamping maka akan di lanjutkan dengan melangkah kedepan seperti sikap awal.
  • Pola langkah segi tiga adalah salah sarau gerakan berdiri di titik 0, dengan melakukan geser kaki kanan ke titik 1, dengan kuda-kuda depan , pada saat keposisi awal.
  • Pola langkah huruf S adalah salah satu posisi titik yang menghadap sesui dengan arah yang di tunjukan sehingga kaki kanan membetuk seperti gerakan sabetan.
  • Pola langkah segi 4 adalah ssalah satu gerakan dalam pelaksanaan memakai kombinasi kuda-kuda tengah dan gerakan semping.

5. Teknik Pukulan

Teknik-3

Berikut macam-macam pukulan pencak silat adalah:

  • Pukulan dengan memukul kearah depan dan menuju kesasaran dengan mngunakan tangan atau kaki.
  • Pukulan dengan mengayunkan tangan dengan membetuk kearah sasaran menutup gerkan lawan supaya tidak bisa melakukan serangan balik.

6. Teknik Tendangan

Berikut macam-macam teknik pada tendangan :

  • Tendangan lurus yaitu salah satu tendangan dengan hentakan telapak kaki yang sejajar dengan bahu
  • Tendangan melingkar yaitu salah satu tendangan dengan hentakan punggung yang menggunakan kaki
  • Tendangan berbentuk huruf T yaitu salah satu tendangan samping yang menggunakan hentakan telapak kaki
  • Tendangan samping yaitu teknik menendang dengan punggung kaki.

7. Teknik Tangkisan

Berikut macam – macam teknik dalam tangkisan adalah:

  • Tangkisan dalam adalah sebuah tangkisan dari luar yang mengarah ke dalam dengan sejajar pada bahu
  • Tangkisan luar adalah tangkisan dari dalam ke luar yang sejajar dengan bahu
  • Tangkisan atas Tangkisan dari bawah ke atas, supaya dapat melindungi kepala dari serangan lawan
  • Tangkisan bawah adalah salah satu tangkisan dari atas kebawah yang menggunakan tangan kanan dan tangan kiri,

Demikianlah yang dapat kami sampaikan, tentang teknik dasar pencak silat, semoga apa yang telah kami bahas diatas dapat bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Baca juga : Teknik Dasar Bola Basket