Ucapan Hari Raya Idul Fitri

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis disini akan menerangkan materi tentang Ucapan Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam – lengkap dengan pengertian, arti, contoh, serta, faedah supaya mudah dipahami.

Hari raya idul fitri – adalah merupakan sebuah kemenangan bagi umat islam yang telah menjalankan puasa di bulan ramadhan untuk memerangi hawa nafsu.

Apa Itu Hari Raya Idul Fitri

ucapan-hari-raya-idul-fitri

Hari raya idul fitri adalah sebuah momen yang biasa di lakukan oleh seluruh umat islam untuk saling maaf – maafan, baik melalui pesan atau saling bertemu.

Dengan datangnya hari raya idul fitri kita semua bisa saling bersilahturami baik dengan sanak saudara maupun dengan para tetangga.

Idul fitri pun merupakan sebuah hari kemenangan bagi umat islam yang menjalankan puasa dengan di dasari oleh iman dan takwa.

Baca Juga: Ucapan Menyambut Bulan Ramadhan

Kumpulan Ucapan Hari Raya Idul Fitri

ucapan-lebaran

Bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi dan hari raya idul fitri juga tidak akan lama lagi, biasanya di hari raya Idul Fitri kita saling kirim ucapan.

Hari raya idul fitri sangat lah di tunggu – tunggu oleh seluruh umat islam, karna di hari itu kita bisa saling bersilahturami, yang tadinya mungkin tidak pernah kita lakukan karna kesibukan kita masing – masing.

Untuk kamu yang sulit dalam mencari ucapan hari raya Idul Fitri, di bawah ini ada beberapa kumpulan ucapan hari raya Idul Fitri 1441 H di antaranya yaitu:

1. Ucapan Hari Raya Idul Fitri Untuk Teman

Biasanya setiap hari raya kita sering memberikan sebuah ucapan terhadap kawan atau sahabat karib, baik melalui hp atau surat jika sahabat merasa bingung di bawa ini ada beberapa contohnya antara lain:

Waktu berjalan bagaikan kemercik air ramadhan pun mulai berakhir untuk hilaf yang pernah terucap dan salah yang pernah ada minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin.
Meski tangan tak pernah berjabat dan wajah tak pernah berjumpa, semoga dalam sebuah coretan kata ini dapat menjadi jembatan untuk saling memaafkan.Marhaban ya marhaban minal aidzin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.
Tajamnya sebuah lisan untuk hati yang pernah terluka dan jiwa yang telah pernah tersakiti atas buruknya perilaku dan tingkahku selamat hari raya mohon maaf lahir dan batin.
Ketupat di belah empat, jika kita bertemu tak sempat,tapi ucapan maaf kan ku kirim dengan sangat cepat mohon maaf lahir dan batin
Di hari yang fitri di hari kemenangan satukan hati dan satukan tangan mari kita saling maaf – maafan agar hati kembali suci selamat hari raya idul fitri.
Jika hati berburuk sangka dan lisan tak mampu untuk di jaga serta telinga tak mampu untuk di tutup, pada hari yang fitri ini hanya maaf yang dapat ku pinta minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga: Macam Macam Hukum Taklifi

2. Kata Pesan Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Ulasan dari materi di atas telah kita sampaikan mengenai contoh ucapan hari raya idul fitri terhadap kawan, sedangkan di bawah ini contoh mengenai pesan menyambut hari raya idul fitri di antaranya yaitu:

Sambutlah hari yang fitri dengan tulusnya hati serta ikhlas kita hapus dosa yang lalu dengan saling memaafkan, kita buka lembaran baru untuk tahun yang akan datang.

Marhaban ya marhaban minal aidzin wa fa idzin mohon maaf lahir dan batin.
Bulan ramadhan akan beranjak pergi berganti dengan bulan sawal di pagi hari menebar rahmat dan berkah di hari kemenangan.

Selamat hari raya idul fitri 1441 H minal aidzin wal fa idzin mohon maaf lahir dan batin.
Ribuan takbir menggema di langit Illahi jiwa – jiwa putih terlahir kembali, semoga kemenangan pada bulan ramadhan menjadi abadi selamat hari raya idul fitri.
Tiada perilaku yang mulia selain sebuah pemberian yang indah dan maaf untuk hari yang fitri ini selamat hari raya 1441 H minal aidzin wal fa idzin mohon maaf lahir dan batin.
Bulan ramadhan sebentar lagi akan segera pergi namun hati takan bisa bersih, jika sakit hati dan marah belum bisa di mengerti.

Taqobballahuminna wa minkum taqobbal ya karim minal aidil wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.
Berbuat kesalahan merupakan sifat dan meminta maaf merupakan sebuah kewajiban serta kembalinya sebuah fitra adalah tujuan.

Taqobballahuiminna wa minkum taqobal ya karim, selamat hari raya idul fitri minal aidin wal faidzin mohon maaf lahir dan batin.

Baca Juga: Bacaan Sholawat

3. Ucapan Idul Fitri Pake Puitis

Dari sebuah tata bahasa yang sangat dalam merupakan sebuah simbul dari puisi, biasanya yang seperti ini akan lebih baik jika di jadikan sebagai ucapan idul fitri.

karna dengan tata bahasa seperti itu akan dapat lebih menyentuh dan cara dalam pembuatanya juga sangat muda berikut daripada contohnya:

Selamat hari raya, maafmu merupakan sebuah kado yang amat terindah bagiku.
Perauku semakin berlubang jika tanpa sebuah maaf yang kau berikan dari dirimu.
Tertunduk malu mengingat banyaknya dosa sehingga bumi tak mampu untuk menampungnya,
Sebuah maaf yang kau berikan merupakan merupakan sebuah air yang turun dari langit.
Saya berharap sebuah permintaan maaf dari diriku dapat segerah
menghapuskan semua dosa diriku.

Baca Juga: Doa Berbuka Puasa

4. Ucapan Idul Fitri Untuk Keluarga

Sekeluarga besar dengan hati yang tulus dan sangat dalam kami mengucapkan selamat hari raya idul fitri atas semua kesalahan yang di perbuat oleh keluarga besar kami.

Baik kesalahan yang kami sengaja maupun yang tidak kami sengaja mohon di maafkan.
Dengan kerendahan hati kami sepenuhnya amat sangat menyadari bahwa di dalam kehidupan pasti saling menyakiti antara satu dan yang lain.

Dengan terjalinnya silahturahmi akan terbukanya sebuah jalan pengampunan dari Alloh selamat hari raya idul fitri 1441
Ramadhan telah sampai pengujung, puasa telah berakhir sebuah hari kemenangan dan perjuangan akan tiba.
Janji Alloh tidak akan ingkar hubungan surga tidak hanya dengan Alloh, tetapi dengan manusia juga bila kita tyidak pernah berbuat dosa.

5. Ucapan Hari Raya Memakai Bahasa Arab

Selain ucapan hari raya idul fitri yang di ucapkan dengan menggunakan sebuah tata bahasa yang berbentuk pantun, puitis bisa juga menggunakan bahasa arab.

Sebab di negara indonesia dapat dikatakan sangat kental dengan yang namanya bahasa arab ada beberapa contoh ucapan hari raya idul fitri yang menggunakan bahasa arab yaitu:

Wucapan-hari-raya-bahasa-arabhatsApp-Image-2020-04-07-at-03.04.58
Daeuna nzf qalbik waruhik waqam bi’iizalat alkhatiyat min jasdik waeaqalak  (Mari bersama bersihkan hati, jiwa, dan hilangkan dosa dari dalam tubuh dan pikiran kita)
idul-fitri-bahasa-arab

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, Ucapan Hari Raya Idul Fitri bagi umat islam, semoga materi yang singkat ini dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Artikel Terkait >>>>>