Teater Di Indonesia

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Teater di indonesia – lengkap dengan pengertian, sejarah, jenis, bentuk, unsur dan contoh supaya mudah dipahami.

Apa Itu Teater

Teater-Di-Indonesia

Teater merupakan kesenian yang dipertunjukan dalam bentuk drama dan dipentasakan atau ditampilkan diatas panggug, seni teater menampilkan perilaku manusia melalui gerakan, nyanyian, dan tarian yang mana disajikan lengkap dengan dialog dan akting para pemainnya.

Penjelasan dari teater terbagi menjadi 2, yaitu sebagai berikut :

  • Teater dalam arti sempit, merupakan sebuah drama atau perjalanan hidup seseorang yang dipertunjukkan di atas pentas dan disaksikan banyak orang dan berdasarkan atas naskah yang tertulis.
  • Teater dalam arti luas, merupakan adegan peranan yang dipertunjukkan di depan orang  banyak, dengan beragam jenis teater.

Sejarah Teater Di Indonesia

Teater-Indonesia

Berikut ini terdapat 2 sejarah terjadinya teater diindonesia, diantaranya yaitu :

1. Sejarah Teater Tradisional

Sejarah teater tradisional di indonesia sangat beragam, karena indonesia terdiri atas berbagai macam suku dan budaya, sehingga terdapat beragam jenis teater tradisonal, di antaranya yaitu teater gong, teater lenong, teater ludruk, teater wayang orang dan beragam jenis teater lain.

2. Sejarah Teater Transisi

Sejarah teater transisi disebut juga sebagai teater modern, teater transisi dilatar belakangi oleh pengaruh budaya lain sehingga memberi sentuhan warna yang berbeda.

Baca Juga : Sejarah Tari Balet

Jenis Jenis Teater Di Indonesia

Dari apa yang sudah disampaikan terdapat beberapa jenis – jenis teater, yaitu sebagai berikut :

1. Teater Tradisional

Teater tradisional merupakan teater khas dari masing – masing daerah di indonesia, setiap daerah di indonesia terdapat ragam teater yang berbeda, teater tradisional memiliki ciri-ciri sebagai berikut : 

  • Menggunakan bahasa daerah
  • Membawakan cerita yang bersifat kedaerahan. 
  • Tidak menggunakan naskah cerita yang tertulis. 
  • Menggunakan tokoh cerita yang relatif tetap. 
  • Menerapkan urutan atau tata cara pertunjukan yang khas. 
  • Mengembangkan ide cerita secara spontan dengan teknik improvisasi. 

2. Teater Modern

Teater modern merupakan seuatu bentuk perkembangan dari seni teater tradisional yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sesuai dengan perkembangan zaman bangsa barat.

Dan dapat dibedakan antara teater tradisional dengan teater modern, diantaranya yaitu :

  • Menggunakan bahasa Indonesia 
  • Menggunakan naskah lakon 
  • Menerapkan aspek – aspek drama dari teater barat 
  • Dipentaskan oleh kelompok-kelompok teater yang lebih terorganisir 

Bentuk Teater Tradisional

Berikut ini terdapat beberapa bentuk teater tradisional di indonesia, diantaranya yaitu :

1. Teater Tradisional Jawa Timur

Bentuk teater tradisional jawa timur yaitu lerok dan ludruk,lerok merupakan bentuk pertunjukkan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok dan menggunakan pakaian dan tata rias wajah, sedangkan ludruk merupakan pertunjuan dari tari ngeremo dengan adegan dan cerita yang unik.

2. Teater Tradisional Jawa Barat

Bentuk teater jawa barat yaitu longser, longser dimainakan ditengah lapangan terbuka dengan penerangan obor minyak kelapa yang dipasang ditengah pementasan, longser mengangkat tema tentang kehidupan seperti tema penduduk yang kaya, penduduk yang hidup sederhana dan lain – lainya.

3. Teater Tradisiona Jawa Tengah

Bentuk teater jawa tengah yaitu wayang orang dan ketoprak, cara penyajiannya dalam bentuk nuansa dan karekteristik, cerita wayang orang dimainkan dengan wayang atau boneka namun diperagakan oleh orang, ini diambil dari cerita ramayana dan mahabrata.

4. Teater Tradisional Sumatera Dan Riau

Bentuk teater sumatera dan riau yaitu randai, bangsawan, dan makyong ketiga teater tersebut mendapat pengaruh dari budaya melayu pada abab ke – 17, dari masing – masing teater tersebut di mainakan dengan berbagai macam cara sesaui dengan cara pementasannya.

Baca Juga : Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

5. Teater Tradisional Bali

Teater tradisional bali sangat kaya akan beragam karya seni, beberapa bentuk teater bali antara lain yaitu drama gong, tari kecak dan prembon, semua teater itu dimainkan dengan beragama macam cara.

Bentuk Teater Modern

Berikut ini dengan adanya kemajuan teater diindonesi terdapat 2 bentuk teater modern, diantaranya yaitu :

1. Teater Drama Tragedia

Teater drama tragedi merupakan teater yang tokoh ceritanya banyak mengahadapi masalah dalam kehidupannya, drama tragedi bisa diketahui dari seorang tokok yang banyak mendapat masalah, misalnya drama tragedi romea dan juliet, rama dan sinta, dan drama dragon.

2. Teater Drama Komedi

Teater drama komedi merupakan teater yang bercerita dengan sifat lucu dan senang, tokoh dalam drama komedi selalu banyak tertawa dari pada bersedih, karena drama ini bersifat menghibur dengan berbagai leluconnya, misalnya drama komedi pak kadir, dono kasino, stand up komedi.

Unsur Unsur Teater

Berikut ini terdapat beberapa unsur dalam teater yang perlu anda ketahui, diantaranya yaitu :

Baca Juga : Tari Mancanegara

1. Cerita

Cerita yaitu unsur utama dalam teater yang bisa mengetahui semua konflik yang terjadi dalam cerita tersebut, cerita dalam bentuk teater biasannya ditulis dalam bentuk naskah teater atau naskah lakon, yang merupakan pemeran dalam pementasan teater,biasanya dalam teater modern.

2. Produser

Produser yaitu unsur utama dalam teater yang sangat penting, peroduser juga merupakan penanggung jawab dalam masalah keuangan, yang mana produser bertugas untuk mengumpulkan dana untuk keperluan latihan dan keperluan dalam pementasan teater.

3. Sutradara

Sutrada yaitu unsur utama dalam teater, karena merupakan penanggung jawab dalam prosese latihan dan pementasan, sutradara berbungsi sebagai tanggung jawab seni, moral, teknik dan bertugas juga sebagai berikut :

  • Memimpin dalam latihan.
  • Memilih pemaiin yang baik.
  • Menafsiran naskah teater.
  • Memotivasi para pemain.
  • Mengkordinas persiapan pementasan.
  • Berkerja sama dengan semua pihak pementasan teater.

4. Pemain

Pemain teater yaitu laki – laki yang disebut sebagai aktor, sedangkan pemain perempuan di sebut aktri, tugas dari semua pemain tersebut yaitu sebagai penafsiran tokoh cerita dan mewujudkan tokoh yang nyata diatas panggung.

5. Panggung

Panggung yaitu tempat pementasan teater, bentuk pementasan panggung ini bermacam – macam yaitu panggung arena pemain dan panggung arena penonton, pementasan juga didukung oleh sarana dan prasana.

6. Pekerja Atau Kerabat Panggung

Pekerja atau kerabat penggung yaitu unsur yang terpenting dalam teater, berikut ini terdapat beberapa pekerjaannya :

  • Penata pentas dan dekor bertugas untuk menata tempat permainan dan menyiapkan latar belakang serta dekorasi suatu pementasan.
  • Penata penerang lampu yang bertugas menata cahaya untuk mendukung pementasan. 
  • Penata musik atau suara yaitu bertugas untuk menata suara atau musik pengiring dalam pementasan. 
  • Penata busana yaitu yang bertugas untuk menata pakaian atau kostum yang akan digunakan pemain di atas panggung. 
  • Penata rias yaitu yang bertugas untuk memberikan tata rias atau make up kepada para pemain untuk menciptakan karakter yang sesuai.

7. Penonton

Penonton yaitu unsur terpenting dalam teater, karena teater salah satu bentuk seni pertunjukan yang dipentaskan untuk disaksikan oleh para penonton.

Penonton teater ini dari berbagai sisi status, misalnya status sosial, pendidikan, jenis kelamin, usia, dan tingkat apresiasi.

Contoh Teater

Dari apa yang sudah dijelaskan,berikut ini terdapat beberapa ragam contoh teater indonesia, diantaranya yaitu :

1. Teater Wayang Orang

wayang-orang

2. Teater Makyong

Teater-makyong

Baca Juga : Tari Hiburan

3. Teater Lenong Betawi

Teater-lenong

4. Teater Ketoprak Yogyakarta

Teater-ketoprak

5. Teater Ludruk Jawa Timur

Teater-ludruk

6. Teater Mamanda Kalimantan

Teater-mamanda

7. Teataer Randai Minangkabau

Teater-randai

Baca Juga : Sinopsis Tari

8. Teater Topeng Banjet Karawang

Teater-topeng-banjet

9. Teater Ubruk Banten

Teater-ubruk

10. Teater Kondobuleng  Makasar

Teater-kondobuleng

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Teater di indonesia, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>