Contoh Unsur Unsur Berita

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Contoh unsur unsur berita sebagai bentuk dari teks – lengkap dengan pengertian, unsur, struktur, kaidah, langkah, dan contoh berita supaya mudah dipahami.

Untuk lebih mudah memahaminya langsung saja simak pembahasan dibawah ini….?

Pengertian Berita

Contoh-Unsur-Unsur-Berita

Berita yaitu sebuah informasi laporan fakta mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang benar sedang terjadi, berita juga dilaporkan secara menarik dan dianggap penting untuk di informasikan, dan disampaikan melalui media surat kabar, televisi, radio, bahkan bisa memalalui via online (hp)

Unsur Isi Berita

Gambar-Berita

Unsur dari berita yaitu proses pembelajaran memahami sebuah berita atau disebut dengan (5W + 1H), berikut unsur berita :

1. What (Apa)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur what, yang berisi sebuah pertanyan dan bisa dijawab dengan memakai ucapan apa.

2. Who (Siapa)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur who, yaitu sebuah keterangan mengenai orang – orang yang terlibat dalam peristiwa berita tersebut.

3. When (Dimana)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur when, yang bisa menjelaskan dimana peristiwa terjadi berita tersebut.

4. Where (kapan)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur where, yang bisa menjelaskan kapan terjadi peritiwa berita tersebut.

5. Why (Menggapa)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur why, yang bisa menjelaskan kapan terjadi nya peristiwa berita tersebut.

6. How (Bagaimana)

Yaitu suatu berita akan di katakan baik jika menggunakan unsur how, yang dapat menjelaskan bagaimana terjadi nya peristiwa berita tersebut.

Unsur Dalam Membuat Berita

Berikut ini terdapat beberapat unsur yang perlu anda ketahui dalam membuat sebuah berita, diantaranya :

1. Aktual

Unsur aktual merupakan unsur berita terbaru, terhangat, terkini, terviral, atau berita yang baru terjadi sesuai dengan kenyatatan yang ditemukan dari suatu masalah peritiwa yang ditemukan.

2. Faktual

Unsur faktual merupakan unsur berita yang kejadian nya benar nyata bukan suatu rekayasa atau bukan di buat -buat, kenyataan dalam sebuah berita muncul dari sebuah kejadian yang benar nyata atau fakta.

3. Menarik

Unsur menarik merupakan unsur berita yang benar – benar ingin diketahui karna ketertarikan dari isi berita tersebut, berita tersebut merupakan peristiwa yang menarik sehingga masyarakat memiliki rasa ingin tahu untuk membaca sebuah beerita tersebut.

4. Penting

Unsur penting merupakan unsur berita yang benar – benar dianggap dipenting, misalnya sebuah berita yang menyangkut kepentingan semua orang sehingga mereka ingin sekali mengetahui berita tersebut.

Baca Juga: Cara Menentukan Ide Pokok

Jenis Jenis Berita

Berikut ini terdapat beberapa jenis yang perlu anda ketahui dalam sebuah berita, diantaranya :

1. Berita Langsung

Berita langsung merupakan berita yang disampaikan secara langsung dan ditulis secara singkat, padat dan jelas, lalu jenis dari berita langsung dibagi menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut:

A. Berita keras – merupakan berita yang memimiliki nilai lebih, berkualiatas dan bermanfaat, karna dianggap penting maka berita tersebut harus secepatnya disampaikan kepada masyarakat, berita tersebut biasa besifat khusus atau terjadi secara tiba – tiba.

B. Berita lembut – merupakan berita yang disebut dengan berita pendukung, atau berita ringan dan nilai beritanya di bawah berita keras.

2. Berita Mendalam

Berita mendalam merupakan berita yang dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk lebih mengetahui suatu permasalahan secara lebih mendalam dan jelas.

3. Berita investigasi

Berita investigasi merupakan berita yang diketahui melalui penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dengan berbagai macam sumber suara, berita investigasi hampir sama dengan berita mendalam tetapi bedanya hanya melaporkan peritiwa yang terjadi secara mendalam saja.

4. Berita Interpretatif

Berita interpretatif merupakan berita yang di kembangkan secara pendapat maupun secara penelitian yang dilakukan oleh penulis berita tersebut.

5. Berita Opini

Berita opini merupakan berita yang menurut pendapat seseorang, misalnya dari seorang pejabat, para ahli, dan dari mahasiswa mengenai suatu kejadian atau peristiwa yang mereka ketahui.

Struktur Membuat Berita

Ada beberapa struktur yang perlu anda ketahui dalam membuat sebuah, berikut penjelasannya :

1. Struktur Orientasi

Struk orientasi merupakan struktur pembuka tentang hal yang akan diberitakan atau mengacu untuk memimpin berita tersebut, biasa nya untuk menulis berita ditulis secara singkat, padat, jelas, serta mengandung unsur berita yang penting.

2. Struktur Peristiwa

Struktur peristiwa merupakan tahap inti dari sebuah berita pada tahap ini berita di narasikan sedemikian rupa sehingga tersaji dengan beberapa fakta yang nyata, biasanya dalam penulisan mengacu pada inti berita dengan menggunakan teknih dan gaya penulisan berbentuk seperti piramida terbalik.

3. Struktur Sumber

Struktur sumber merupakan isi referensi dari narasumber berita tersebut, sumber berita biasa terdapat pada akhir berita maupun didalam isi berita tersebut.

Baca Juga: Ciri Ciri Sejarah

Kaidah Dalam Berita

Kaidah merupakan berita yang dibentuk melalui kata dan jumlah kalimat, berikut ini isi dari kaidah berita :

Selalu menggunakan bahasa yang baku dan benar agar mudah dipahami oleh para pembaca, pada umumnya menggunakan bahasa yang baku yang digunakan di berbagai media nasional.

Selalu menggunakan kalimat langsung sebagai bentuk variasi dari sebuah berita, dalam bentuk teks berita kalimat langsung merupakan pernyataan yang disampaikan oleh narasumber secara langsung.

Selalu menggunakan konjungsi yang berfungsi untuk menjelaskan kata yang diikutinya, hal ini tentu untuk mengubahan bentuk kalimat secara langsung menjadi kalimat tidak langsung.

Selalu menggunakan jenis kata kerja yang terkait dengan kagiatan dari hasil pemikiran, dengan kata ucapan yang digunakan yaitu kata memikirkan, membayangkan, berasumsi, berprasangka, berkesimpulan dan bermanfaat.

Selalu menggunakan jenis kata keterangan seperti keterangan waktu dan tempat, yaitu di perlukan untuk kelengkapan suatu berita yang dibuat dengan menggunakan kalimat unsur kapan dan di mana.

Selalu menggunakan jenis kata seperti kata kemudian, sejak, setelah, awalnya, akhirnya, tentunya hal ini terkait untuk penyampaian atau penyajian berita sesuai dengan urutannya.

Langkah Menulis Berita

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan langkah – langkah dalam menulis berita :

  1. Judul berita
  2. Peristiwa berita
  3. Narasumber
  4. Kerangka berita
  5. Menyunting berita

Baca Juga: Contoh Isi Puisi

Contoh Berita

Dari semua penjelasan yang sudah kami sampaikan, berikut terdapat contoh berita :

Berita Tentang Covid 19
Dalam mencegah penyebaran virus corana tentu kami ingin menyampaikan atau menekankan pentingnya ketegasan dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran covid 19, salah satu bentuk ketegasanyaitu mesti ada tampak dalam pembatasan pergerakan masyarakat.


Pada dasarnya upaya untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 dilakukan dengan membatasi pergerakan manusia, mengingat virus tersebut menyebar sangat cepat disebabkan oleh pergerakan manusia, pergerakan itulah yang mengakibatkan penyebaran virus dari satu orang ke orang lain.

Maka dari itu selalu diingatan kan untuk berhenti dulu melakukan pergerakan, karena virus ini tidak bergerak yang bergerak itu manusianya, jadi kalau manusia itu bergerak, maka virus juga ikut bergerak, maka dari itu selalu diingatkan untuk selalu berhati – hati dalam melakukan pergerakan.

Peta dalam mencegah penyebarannya ini agak sulit untuk dilakukan karena masih banyak manusia yang melakukan pergerakan diluar, pada saat ini selalu dibicarakan yaitu untuk melakukan karantina wilayah.

Salah satu daerah yang patut dijadikan contoh dalam upaya pencegahan penyebaran covid 19, yaitu daerah yogyakarta, hingga saat ini daerah yogyakarta masih termasuk zona kuning, ketika sejumlah daerah lain sudah masuk dalam zona merah, karena wilayahnya selama 14 hari benar-benar lockdown atau diam saja dirumah tidak melakukan hal pergerakan apapun.

Itulah wilayah yang bisa kita jadikan contoh, karena mereka sudah pernah melakukan dan itu sangat baik untuk ditiru, kalau bukan kita yang melakukan untuk mecegah penularan virus covid 19 ini siapa lagi.
Berita Tentang Pendidikan
Pada saat ini semua masalah pendidikan diliburkan semua karena untuk mencegah penularan virus covid 19, oleh karena itu semua anak sekolah baik mahasiswa perguruan tinggi dianjurkan untuk tetap belajar dirumah.

Maka dari itu semua guru pendidik maupun dosen selalu tetap memberikan tugas setiap hari kepada siswa dan mahasiswa nya, guna untuk mecegah anak -anak supaya tidak berada diluar rumah atau bermain secara bebas.

Dengan adanya libur sekolah, maka semua kegiatan pendidikan ini tetap dilaksanakan di rumah masing – masing dengan bantuan orang tua untuk memimpin dan mengajarkan anak – anak mereka.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Contoh unsur unsur berita, semoga pembahasan ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya >>>>>