Ciri Ciri Sejarah

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang ciri ciri sejarah sebagai ilmu dan peristiwa – lengkap dengan pengertian, macam macam, jenis dan tujuan supaya mudah dipahami.

Sejarah – adalah salah satu kejadian atau peristiwa yang telah terjadi di masa lampau, sedangkan manusia sendiri tidak bisa dipisahkan oleh namanya sejarah, kini sejarah bisa kita pelajarin sebagai ilmu pengetahuan yang banyak diminati oleh semua orang.

Apa Itu Sejarah

Ciri-Ciri-Sejarah

Sejarah adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang sudah terjadi di masa lampau dan para ahli juga mempunyai beberapa tafsir arti atau makna dari sejarah tersebut.

Namun secara umum pengertian sejarah dapat di gambarkan melalui kejadian yang sudah terjadi serta bisa kita pelajari sebagai sumber dari pada ilmu pengetahuan dan dapat kita jabarkan melalui ruang, waktu, dan manusia.

Sejarah merupakan sebuah peristiwa, yang bersifat unik, dan penting karena sejarah hanya dapat terjadi dalam satu kali saja, sejarah sendiri bersifat abadi.

Karena sebuah sejarah yang telah terjadi tidak mungkin dapat diubah kembali. sejarah juga bersifat sangat penting karena dapat memberikan sebuah pengaruh yang besar bagi masyarakat pada umumnya.

Baca Juga: Zona Teritorial

Definisi Sejarah Menurut Bahasa

Arti sebuah sejarah menurut pandangan dari beberapa ahli sejarah berasal dari sebuah kata arab yaitu ( sajaratun ) yang artinya sebuah pohon.

Sebenarnya sejarah bisa kita katakan lebih dekat dengan bahasa yunani yaitu ( historia ) yang artinya seseorang yang pandai, sedangkan sejarah sendiri dalam bahasa arab disebut ( tarikh ) atau waktu dalam sebuah penanggalan.

Sedangkan historia sendiri dalam kamus bahasa Inggris menjadi history yang artinya masa lalu manusia, sedangkan dalam bahasa Jerman sendiri sejarah masuk dalamungkapan kata ( geschichte ) yang artinya telah terjadi.

Jika kita perhatikan secara seksama masing-masing memilikimakna dan arti yang hampir berdekatan atau sangat mirip antara satu dan yang lain.

6 Jenis Sejarah Menurut Para Ahli

sejarah3

Ada beberapa pengertian mengenai sejarah menurut para ahli baik dari dalam maupun dari luar yang harus kita pelajari agar kita dapat mengerti dan memahaminnya antara lain:

1. Charles Harding Firth

Menurut sejarawan asal dari Inggris mengatakan bahwa Sejarah merupakan sebagai alat untuk merekam kehidupan masyarakat manusia pada umumnya.

2. Nugroho Notosusanto

Nugroho Notosusanto berpikir jika Sejarah adalah sebuah peristiwa yang menyangkut tentang manusia sebagai mahluk yang bermasyarakat yang terjadi pada peristiwa masa lampau yang telah di alamin.

Sejarah dapat pula diartikan sebagai sumber kisah mengenai segala peristiwa yang telah terjadi, dan kisah tersebut dapat kita susun berdasarkan peninggalan dari peristiwa yang telah terjadi.

3. Beverley Southgate

Beverley juga mengartikan jika sejarah merupakan sebuah studi yang datang di masa lampau, secara umum studi merupakan sumber penyajian masa lampau sebagaimana mestinya.

Yang menampilkan tentang salah satu kenyataan yang dapat kita nikmati adanya, tetapi secara moral sejarah juga dapat berguna di dalam kehidupan bermasyarakat.

4. Moh. Ali

Guru besar salah satu universitas pendidikan yang ada di indonesia berpendapat jika sejarah merupakan bentuk suatu perubahan, dan suatu kejadian yang betul – betul telah terjadi.

5. Drs. Sidi Gazalba

Seorang ahli filsafat berpendapat jika sejarah adalah masa lampau manusia, yang disusun secara ilmiah serta lengkap dan meliputi urutan fakta pada masa tersebut.

6. Ernst Bernheim

Sedangkan menurut sudut pandang salah satu seorang sejarawan asal german sejarah merupakan sumber salah satu ilmu yang dapat menelusuri serta menempatkan tentang segalah peristiwa dankejadian.

baik perorangan maupun kelompok, karna kita sebagai makhluk sosial pasti saling berhubungan baik lahir maupun batin sehingga kita dapat mengalamin yang namanya sebab dan akibat.

Baca Juga: Puisi Dan Prosa Angkatan 45

Ciri Ciri Sejarah

gam-1

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa di dalam perkembangan sejarah memiliki sebuah ciri – ciri yang harus kita ketahui yaitu:

1. Memiliki Metode

Sejarah merupakan sebagai ilmu pengetahuan yag memiliki sebuah metode pengamatan, berupa metodologi yang dapat digunakan untuk mengamati sebuah sejarah.

2. Generalisasi

Generalisasi merupakan salah satu penelitian yang telah dilakukan, dan dapat diambil kesimpulan secara umum untuk dapat menggambarkan mengenai kejadian sejarah yang sudah terjadi.

Tentunya semua kesimpulan itu telah ditentukan oleh berdasarkan sebuah metode, teori, serta penelitian yang telah dilakukan secara seksama.

3. Sejarah Memiliki Objek

Manusia merupakan objek sebagai pelaku dalam sejarah itu sendiri, sedangkan ruang merupakan petunjuk tentang tempat terjadinya peristiwa, dan waktu menunjukan kapan peristiwa itu terjadi.

Objek sejarah sendiri merupakan waktu dalam bentuk kehidupan manusia serta sudut pandang waktu telah dijadikan sumber objek dalam salah satu proses pembelajaran sejarah.

Manusia yang sangat memegang suatu peranan yang penting pada peristiwa terjadinya suatu sejarah di dalam kehidupan.

Baca Juga: Fungsi Dan Kegunaan Sejarah

Karena peristiwa dalam sejarah itu yang menulis sesunggunya manusia, maka sejarah memiliki suatu objek yaitu manusia sebagai pelaku dalam sejarah itu sendiri.

Sedangkan mengenai objek lain adalah ruang yang dapat menunjukan tempat suatu terjadinya segala peristiwa, serta yang terakhir yaitu waktu agar dapat menunjukan kapan terjadinya segala bentuk suatu peristiwa.

4. Sejarah Memiliki Teori

Teori merupakan salah satu bagian yang digunakan dalam pembelajaran sejarah, sedangkan kaidah merupakan pokok dan teori dalam sejarah dan dapat digunakan untuk mendukung sebuah argumen atas sebuah sejarah yang sudah terjadi.

Karna tanpa adanya sejarah maka manusia tidak akan mengetahui segala peristwa yang telah terjadinya baik itu pada diri maupun pada orang lain.

5. Penting

Sejarah juga amat penting karena memuat segalah peristiwa yang dapat memiliki manfaat serta dampak bagi sebuah kehidupan banyak orang.

Jika nilai sejarah hanya menyangkut sebuah individu, peristiwa yang amat penting ini hanya akan menjadi suatu sejarah untuk diri pribadi yang kelak hanya cukup di tulis dalam buku peribadi sendiri.

Baca Juga: Contoh Konsep Lokasi

6. Empiris

Empiris adalah salah satu bentuk dari sejarah yang sangat bergantung pada pengalaman manusia itu sendiri, pengalaman tersebut akan direkam dalam dokumen serta peninggalan sejarah yang lainnya.

Kemudian bentuk dari sejarah tersebut akan diteliti oleh seorang sejarawah agar dapat menemukan sebuah fakta yang telah terjadi pada masa lampau.

Jadi semua itu harus dapat di buktikan secara detail dan jelas yang terkait dengan peristiwa sejarah yang berdasarkan tentang pengalaman manusia itu sendiri.

7. Unik

Sejarah juga dapat di katakana unik karena hanya dapat terjadi sekali saja dan tidak akan diulang lagi.

8. Abadi

Sejarah juga amat abadi karena dapat dikenang sepanjang masa yang artinya, peristiwa sejarah kapan pun tidak akan pernah dapat berubah.

Sejarah juga sepanjang masa akan tetap di kenang oleh karena itu setiap peristiwa yang terjadi di dalam salah satu sejarah dapat dikatakan abadi karena setiap yang sudah terjadi tidak akan pernah dapat berubah.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com pembahasan tentang ciri – ciri sejarah, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih

Artkel Yang Terkait>>>>>