Fungsi Makanan

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com, kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang Fungsi Makanan dalam tubuh manusia – lengkap dengan, pengertian, manfaat, jenis, dan contohnya supaya mudah dipahami.

Fungsi Makanan – adaiah salah satu sumber energi yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia agar dapat melakukan semua aktivitas dan kegiatan nya.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Fungsi Makanan Itu Adalah

Fungsi-Makanan

Makanan Adalah salah satu kebutuhan untuk Semua mahkluk hidup, baik itu binatang, tumbuhan, ataupun manusia agar dapat bertahan hidup serta berkembang biak.

Di dalam tubuh manusia terdiri berjuta – juta sel yang memiliki fungsi yang berbeda – beda, semua itu harus di pertahankan agar dapat melakukan fungsinya dengan baik.

Untuk itu kita harus dapat memilih makanan dengan sangat bijak, supaya kesehatan bagi tubuh kita dapat selalu terjaga dengan baik sehingga kita dapat beraktivitas dengan normal.

Baca Juga: Fungsi Nutrisi

7 Manfaat Makanan Dalam Tubuh Manusia

makanan

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan manfaat dari makanan bergizi antara lain:

1. Mempertahankan Berat Badan

Dengan porsi yang seimbang dalam mengkomsumsi makanan tubuh tidak menimbulkan kalori yang berlebihan, sehingga berat badan kita akan tetap terjaga, meskipun usia kita semakin bertambah.

2. Menjaga Fungsi Organ

Bertambahnya usia semua organ tubuh dapat mengalamin penurunan fungsinya, penurunan itu dapat semakin cepat jika kita tidak komsumsi makanan yang bergizi.

Sehingga dapat menimbulkan kerusakan pada seluruh anggota tubuh kita baik itu gangguan pada ginjal atau jantung.

3. Menjaga Keseimbangan Metabolisme Tubuh

Di dalam tubuh proses metabolisme sangat butuh asupan gizi yang seimbang, sebab metabolisme akan melibatkan seluruh organ tubuh jika tubuh mengalamin kekurangan asupan gizi, maka fungsi dari pada organ tubuh akan terganggu.

4. Menjaga Kesetabilan Emosi

Makanan bergizi juga amatlah penting dalam menjaga kesetabilan sebuah emosi, karna dengan kurang nya gizi tubuh akan amat sulit untuk mengendalikan produksi sebuah hormon.

Akibatnya kita akan mengalamin mood yang tidak tentu di saat beraktivitas sehingga kita tidak dapat mengontrol dari pada emosi kita.

5. Penampilan Selalu Kelihatan Awet Muda

Jika seseorang dapat asupan gizi yang seimbang maka orang tersebut akan kelihatan awet muda, ini terjadi karna regenerasi sel – sel di dalam tubuh berlangsung dengan sangat baik.

6. Memperkuat Daya Ingat Dan Konsentrasi

Biasanya dengan bertambah usia maka akan timbul sebuah penurunan daya ingat dan konsentrasi, karna otak butuh asupan protein, lemak, mineral dan vitamin agar terhindar dari kerusakan pada otak di kemudian hari.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam diri manusia sistem kekebalan tubuh amatlah penting, karna dengan ada nya kekebalan tubuh yang baik maka kita tidak akan muda sakit, apalagi jika kita kita imbangin dengan olah raga.

Baca Juga: Fungsi Herbarium

Jenis Jenis Makanan

Untuk jenis makanan sendiri secara umum dibagi menjadi dua hal yaitu berdasarkan pengolahannya dan sumber makanannya.

A. Berdasarkan Cara Pengolahannya

Berdasarkan dari jenis pengolahannya, makanan secara fungsional di golongkan jadi tiga kelompok ialah modern, tradisional, dan alami.

  1. Makanan modern adalah makanan yag di buat secara khusus dengan resep – resep baru, yang di buat untuk tujuan khusus yang umumnya di produksi melalui salah satu sebuah pendekatan.
  2. Makanan tradisional adalah makanan yang di olah secara turun temurun atau dari generasi ke generasi.
  3. Makanan alami adalah sebuah makanan yang sudah tersedia tanpa adanya peroses pengolahan.

B. Berdasarkan Sumber Makanan

  • Makanan fungsional hewani merupakan sebuah makanan yang berasal dari hewan,

Contohnya:

Ddaging sapi, ikan, dan susu serta jenis produk olahan yang lainnya.

  • Makanan fungsional nabati merupakan makanan yang berasal dari tumbuhan,

Contohnya:

Brokoli, beras merah, tomat, anggur serta teh.

Baca Juga: Fungsi Biogas

Contoh Makanan Pokok Pada Manusia

Berdasarkan ulasan di atas dapat kita simpulkan beberapa contoh makanan antara lain:

1. Makanan pokok

Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengadung karbohidrat antara lain jagung roti, nasi, sagu dan singkong karbohidrat sendiri sangat di butuhkan tubuh sebagai sumber dari tenaga.

2. Sayur Dan Buah

Sayur dan buah sangat banyak mengandung mineral serta vitamin yang berfungsi untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terkena penyakit antara lain wortel, kangkung, dan bayam.

Sedangkan buah – buahan sendiri contohnya pepaya, mangga, jeruk, dan pisang untuk itu setiap hari kita harus butuh makan sayur dan buah yang cukup bagi tubuh.

3. Lauk Pauk

Lauk pauk sendiri banyak mengandung sebuah lemak dan protein yang dapat mengganti sel – sel yang rusak, contoh nya telur, tempe, tahu, serta yang lain – lain.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang fungsi makanan pada manusia dan pada hewan, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya: