Pengertian Daya Tahan Tubuh

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com kali ini kami ingin membahas materi tentang Pengertian Daya Tahan Tubuh dalam kebugaran jasmani – lengkap dengan manfaat, teknik, dan cara melakukan latihannya, supaya mudah dipahami.

Daya Tahan Tubuh – adalah salah satu tindakan dalam menjaga kesehatan dan menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit, sehingga hal ini juga sebuah proses dalam penyempurnaan kekuatan tubuh.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Daya Tahan Tubuh Adalah

Pengertian-Daya-Tahan-Tubuh

Daya Tahan Tubuh adalah sebuah sistem yang disusun pada bagian tubuh manusia yang dilakukan dengan baik secara alami maupun rangsangan yang berupa imunita.

Hal ini juga akan disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkannya sebagai menjaga pola hidup yang sehat agar terhindar dari serangan penyakit.

Teknik Gerakan Daya Tahan Tubuh

daya tahan tubuhh

Menurut pemberitahuan yang kami dapat dari beberapa sumber, bahwa daya tahan tubuh manusia dapat dikelompokan dalam beberapa jenis yaitu  seperti dibawah ini:

1. Teknik Bawaan

Seperti yang sudah dibahas diatas, yaitu bahwa setiap manusia yang sudah terlahir ke dunia ini telah dibekali oleh sistem imunitas atau disebut juga dengan daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh alamiah pada manusia mencakup dalam banyak hal, tetapi tidak hanya melindungi dari serangan virus dan bakteri saja, pada daya tahan tubuh juga mencakup hambatan dariluar seperti kulit dan juga selaput lendir.

Seperti contohnya pada hidung, saluran pada pencernaan dan tenggorokan, bulu yang ada didalam hidung termasuk sebagai perlindungan atau daya tahan tubuh dari luar yang merupakan pertahanan yang paling pertama dari serangan penyakit dan kuman penyakit.

Apabila pada dinding pertahanan luar rusak seperti contohny ada luka pada kulit, maka pada jaringan kulit itu akan berusaha untuk cepat menyembuhkan dan para sel- sel melindungi dari serangan para bakteri atau virus yang akan menyebabkan infeksi.

2. Teknik Adaptif

Daya tahan tubuh adaptif atau bisa juga disebut dengan daya tahan tubuh aktif, sistem pada daya tahan tubuh ini akan berkembang selama kita hidup, dan daya tahan tubuh adaptif akan meliputi limfosit dan perkembangannya seperti pada saat orang terkena diimunisasi atau penyakit.

3. Teknik Pasif

Daya tahan tubuh atau Sistem imunitas pasif yaitu sistem pada daya tahan tubuh manusia yang berasal dari “pinjaman”atau sumber yang lain, contohnya yakni antibody yang ada dalam air susu ibu (ASI), ketika seseorang ibu sedang menyusui anaknya, maka antibody yang ada pada ASI(air susu ibu) bisa melindungi si bayi dalam waktu yang sementara.

Saat anak beranjak menjadi dewasa dan ia tidak lagi minum ASI, maka si anak itu dengan kata lain yaitu bertahan dari serangan penyakit dengan daya tahan tubuh yang alamiahnya dan juga pada daya tahan tubuh adaptif jika ia masih dalam tahapan dalam proses imunisasi.

Baca Juga: Teknik Dasar Panjat Tebing

Fungsi Gerakan Daya Tahan Tubuh

daya tahan tubuh

Secara umum sudah disebutkan pada sebelumnya bahwa fungsi dari sistem imunitas  atau daya tahan tubuh pada manusia ialah berfungsi untuk melindungi diri dari serangan penyakit maupun virus.

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang bisa juga sering disebut kekebalan tubuh ini bekerja dengan baik untuk mempertahankan tubuh untuk melawan serangan organisme yang menular yang bisa membahayakan tubuh kita.

Sistem ini merespon dengan sangat cepat sekali jika mengindikasi adanya organisme yang berbahaya dari luar, lalu ia akan segera menyerang oranisme itu dan zat- zat yang berbahaya dan akan menimbulkan penyakit, bagian-bagian utama dari sistem ini ialah sel- sel darah (Fagosit, limfosit dan Leukosit).

Dengan ini, sistem kekebalan pada tubuh sangatlah berperan penting didalam kehidupan kita sehari-harim, khususnya pada saat menjaga kesehatan tubuh, kita sangat sering melihat anak – anak mengalami demam, bahwa pada sistem kekebalan tubuh anak itu sedang tidak berfungsi dengan baik.

Tingginya suhu tubuh ialah respon dari sistem pada daya tahan tubuh sebagai contoh perlawanan terhadap virus atau bakteri yang sedang menyerang tubuhnya.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

Faktor Yang Mempengaruhi daya Tahan Tubuh

yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh

Mau bagaimanapun, daya tahan tubuh pada manusia kapan saja bisa mengalami perubahan, baik itu mengalami peningkatan ataupun mengalami penurunan pada tubuh.

Ada beberapa contoh faktor yang bisa mempengaruhi kondisi padadaya tahan tubuh kita yaitu sebagai berikut.

1. Perubahan Musim

Seharusnya kita tidak bisa menyalahkan fenomena alam yang sudah terjadi sebagai sumber meningkatnya berbagai macam bakteri dan penyakit

Namun kenyataan yang menunjukan bahwa pada saat musim- musim tertentu, tempat pelayanan kesehatan atau puskesmas sangat ramai didatangi oleh masyarakat dengan keluhan semuanya yang hampir sama, ini menunjukan bahwa adanya hubungan diantara keduanya.

2. Keadaan Lingkungan

Kebersihan ialah pangkal kesehatan peribahsa itu sangatah cocok untuk menjelaskan pada faktor yang ke-2 ini, linkungan yang sangat kotor baik dari limbah rumah tangga ataupun polusi yang tidak tertata dengan baik, tentu itu akan mengundang berbagai macam penyakit.

3. Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Pola hidup tidak sehat adalah faktor tercantum pada masing – masing indifidu, yang artinya terganutng dari diri kalian sendiri, pola hidup yang tidak sehat contohnya seperti perokok berat, sering begadang, dapat mengundang kondisi yang sangat buruk untuk kesehatan.

4. Makanan Yang Tidak Sehat

Apabila makanan yang kita konsumsi tidak memenuhi standar kesehatan, tentu saja itu akan berdampak buruk untuk tubuh kita dan langsung merusak daya tahan tubuh seseorang, salah satu makanan yang tidak sehat yaitu makanan yang banyak mengandung pengawet kimia dan bahan penyedap.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan memiliki daya tahan tubuh yang sangat baik, seseorang akan bisa bertahan dalam lingkungan dan lingkungan dalam kondisi apapun, bagaimana cara agar dapat dilakukan untuk meningkatkan pertahanan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa cara yang dapat kita lakukan yaitu seperti dibawah ini:

1. Menjaga Kebersihan Tangan

Tangan adalah bagian angota tubuh yang sagat sering terkena dan bersentuhan langsung dengan benda lain, benda itu contohnya seperti gagang pintu handphone, uang, dan lain sebagainya itu merupakan tempat yang sangat banyak dihuni bakteri dan kuman.

Oleh sebab itu biasakan memcuci tangan lalu tambah dengan mengunakan antiseptik untuk melindungi kita dari virus dan bakteri yang menempel pada tangan kita.

2. Olahraga Yang Teratur

Olahraga yaitu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk, dengan cara berolahraga secara teratur itu bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita, selain itu olahraga juga bisa membersihkan racun yang ada didalam darah.

3. Waktu Tidur Yang Cukup

Manfaat dari tidur ialah bisa memulihkan stamina pada tubuh,waktu tidur yang sehat itu ialah 7 dampai 8 jam setiap malamnya,apabila waktu tidur kita kurang, berarti tubuh kita tidak cukup beistirahat, hal ini akan akan membuat metabolisme pada tubuh yang tidak seimbang.

4. Makanan Yang Sehat

Salah satu hal yang paling penting dari yang lain adalah meningkatkan dan menjaga daya tahan pada tubuh dengan cara makan-makanan yang bergizi dan sehat, sebab sel pada darah yang berperan sebagai sistem kekebalan tubuh bisa dihasilkan oleh makanan yang sehat.

Berikut adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk daya tahan tubuh adalah.

Lemon – Tidak diragukan lagi bahwa buah lemon banyak sekali mengandung Vitamin C yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Sayuran Hijau – Sayu-sayurran yang berwarna hijau sangat banyak mengandung vitamin B1, A dan vitamin C, vitamin ini bisa menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan pada jika dikonsumsi dengan baik.

Barley dan Oat – (Sejenis Gandum) – Makanan ini sangat banyak mengandung serat yang lumayan tinggi (Beta-glucan) sebagai anti oksidan yang sangat baik untuk anti microba pada tubuh kitasupaya daya tahan tubuh kita semakin kuaat.

Yoghurt – Didalam yoghurt terkandung bekteri baik yang berfungsi dalam kesehatan, terutama pada usus kita dan saluran pencernaan kita, sistem pencernaan yang sangat baik tentu berpengaruh terhadap daya tahan tubuh kita.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Pengertian Daya Tahan Tubuh dalam kebugaran jasmani, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga Artikel Lainnya: