Fungsi Nutrisi

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com, kesempatan kali ini kami akan membahas artikel tentang Fungsi Nutrisi pada tumbuhan dan manusia – lengkap dengan, pengertian, unsur, manfaat, jenis, dan contohnya supaya mudah dipahami.

Fungsi Nutrisi – Dalam bidang biologi medis dan molekuler hal ini dapat mempertahankan fungsi tubuh dan dapat juga mencegah atau mendukung pengobatan penyakit kronis.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Nutrisi Adalah

Fungsi-Nutrisi

Nutrisi adalah salah satu zat organik yang sangat dibutuhkan dalam organisme yang akan berfungsinya sebagai mengatur sistem tubuh secara normal serta akan terjadinya pertumbuhan pada kesehatan.

Penelitian nutrisi memiliki hubungan antara makan dan minuman sehingga dapat menentukan nutrisi yang optimal sebagai Recommended Daily Allowance (RDA).

Nutrisi sangat erat kaitannya pada kesehatan yang optimal dan akan peningkatan kualitas hidup serta akan mendapatkan hasil pengukuran menggunakan metode antropometrik.

Baca Juga: Fungsi Herbarium

2 Jenis Nutrisi

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan jenis nutrisi dalam kehidupan manusia ataupun tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Nutrisi Makronutrien

Makronutrien merupakan sebuah kebalikan dari zat gizi mikro dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar karena akan mendapatkan sumber energi.

Misalnya:

Karbohidrat, protein dan lemak.

2. Nutrisi Zat gizi

Nutrisi Zat gizi adalah salah satu jenis nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil dan dapat memberikan dukungan pada tubuh dari kandungan zat senyawa yang akan digolongkan sebagai nutrisi.

Misalnya:

Vitamin, mineral dan air.

Baca Juga: Fungsi Biogas

6 Macam Nutrisi

Pembahasan – pembahasan singkat di atas maka kami juga akan menyampaikan 6 macam nutrisi yang terdapat dalam tubuh manusia dan tumbuhan diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Protein

Protein sangat berguna bagi tubuh untuk membangun dan memelihara jaringan otot dan saraf lainnya, dan akan menghasilkan hormon yang bermanfaat bagi tubuh yang dapat menyimpan protein dalam bentuk lemak.

2. Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi utama saat melakukan aktivitas sehari-hari, tubuh akan menggunakan karbohidrat untuk menghasilkan glukosa, yang dapat digunakan segera atau disimpan sebagai cadangan energi.

Jumlah kelebihan glukosa yang diproduksi disimpan oleh tubuh sebagai lemak, dan akan bermanfaat bagi tubuh yang bisa mengonsumsi nasi, jagung, gandum dan singkong sebagai sumber karbohidrat.

Baca Juga: Fungsi Lapisan Ozon

3. Mineral dan elemen jejak lainnya

Tubuh juga membutuhkan nutrisi dari mineral dan elemen lainnya. Keduanya bermanfaat untuk mempercepat kerja organ, isalnya mineral klorin yang dapat membantu menghasilkan cairan pencernaan di tubuh membuat tulang lebih kuat.

Kedua mineral tersebut ada dalam makanan yang konsumsi, tetapi karena unsur-unsurnya, tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah kecil. Nutrisi terakhir yang dibutuhkan tubuh namun, ketika mengkonsumsi nutrisi, ini tidak boleh melebihi dan dapat meningkatkan tekanan darah.

4. Makanan berlemak

Makanan berlemak tak jenuh yang bisa dikonsumsi adalah kelapa, kemiri, zaitun, kacang tanah kemudian lemak jenuh yang bisa dikonsumsi seperti daging, telur, susu, ikan, mentega dan minyak ikan.

Namun, konsumsi lemak jenuh yang berlebihan tidak dianjurkan karena hal ini dapat meningkatkan kadar kolesterol.

5. Vitamin

Tubuh juga membutuhkan nutrisi jenis ini untuk mendukung metabolisme tubuh, meningkatkan energi, dan mendorong pemikiran yang halus. Setiap vitamin yang konsumsi memiliki manfaat berbeda untuk tubuh.

Bahkan ada beberapa vitamin yang efektif untuk meminimalkan risiko penyakit tertentu, salah satu contoh adalah penggunaan vitamin A, C dan E, yang akan membantu dan dapat mencegah penyakit arteri koroner.

Selain itu, vitamin B1, yang berguna untuk mempercepat sistem pencernaan dan saraf tubuh, dan akan membantu menormalkan pertumbuhan sel.

6. Air

Keberadaan air sebagai salah satu nutrisi dalam tubuh jelas sangat penting. Air bertindak sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang sesuai dengan rutinitas harian. Selain itu, air juga dapat mengontrol jumlah kalori, meningkatkan fungsi ginjal, meningkatkan energi, dan menghilangkan racun.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang, Fungsi Nutrisi, semoga pembahasan yang singkat ini dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel Lainnya: