Fungsi Tari Sebagai Upacara

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi tentang Fungsi Tari Sebagai Upacara adat dan keagamaan – lengkap dengan pengertian, tujuan dan manfaat, supaya mudah dipahami.

Tari Sebagai Upacara – adalah tarian yang memiliki kekuatan magis yang hanya digunakan untuk dalam mempengaruhi alam atau acara sakral lainya.

Untuk lebih jelasnya lansung saja simak pembahasn di bawak ini…?

Pengertian Tari Dalam Upacara

Fungsi Tari Sebagai Upacara

Tari dalam upacara adalah salah satu jenis dalam karya seni dengan melakukan berbai gerakan yang dapat memberikan hiburan kepada penonton, sehingga hal ini dapat di lakukan dalam sebuah konteks sarana upacara.

Tari Menurut Fungsinya

Yang kita ketahui bahwasanya pengertian dari Seni tari ialah seni yang dihasilkan dari gerakan, mimik wajah, dan tingkah laku seseorang pada saat menari, tarian yang diiringi oleh musik pengiring supaya gerakannya menarik dan enak untuk dipandang.

Pertunjukan tari walaupun tidak langsung sebenarnya sering lihat di berbagai pentas seni, Media massa contohnya seperti internet, televisi, majalah, koran atau VCD sering sekali menampilkan banyak pertunjukan seni.

Didalam berbagai acara juga, pertunjukan tari sering dipentaskan, misalnya pada acara pernikahan, Tarian didalam prosesi acara pernikahan awalnya ialah hanya sebuah kebiasaan saja.

Kebiasaan itu terdiri atas kegiatan bermaksud kemasyarakatan dengan aturan yang telah ditentukan dan dilakukan secara turun-temurun, disetujuai bersama sebagai bagian dari adat istiadat daerah masyarakat setempat.

Tarian ini yang sering kalian lihat adalah salah satu cabang dari serangkaian aktivitas seremonial dari upacara adat yang ada, contohnya pada saat menyambut datangnya kelahiran bayi, masa transisi remaja meranjak dewasa, khitanan (sunatan), pernikahan, atau juga upacara kematian.

Tarian tertentu saja juga sering ditampilkan dan dengan tujuan bermacam-macam seperti tarian pada pesta panen, tarian upacara meminta hujan, ataupun tarian lainnya yang terlihat seperti tarian yang menceritakan tentang kebergembiraan, tarian ini dapat dilakukan oleh siapa saja yang mau menarikannya.

Tarian tradisional tanpa kita disadari sudah menjalar didalam kehidupan bermasyarakat dan bisa juga untuk menjadi media bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan, tarian tradisional menjadi bagian antar komunitas yang berbeda-beda dan tanpa membedakan golongan, agama dan ras.

Secara garis besar bisa kita simpelkan bahwa tradisional Nusantara menurut fungsinya didalam kehidupan bermasyarakat dikelompokkan menjadi 3 bagian besar, yakni fungsi tari sebagai hiburan, berfungsi sebagai tari upacara, dan fungsi tari sebagai pertunjukan atau tontonan.

Baca Juga: Jenis Jenis Kerajinan

3 Jenis Fungsi Tari Sebagai Upacara

Dari pembahasan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa jenis fungsi tari adalah.

  • Fungsi Tari Sebagai Upacara
  • Fungsi Tari sebagai Hibura
  • Fungsi Tari Sebagai Pertunjukkan.

Berikut beberapa jenis serta contoh tarian dalam sebuah pertunjukan diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Fungsi Tari Dalam Upacara Adat

Tari sebagai Upacara

Sebenarnya banyakberagam tarian yang tmelambangkantentang upacara yang kurang memenuhi kaidah pada tari, gerakan pada tari upacara sangatah bergantung kepada pikiran kita untuk bergerak tanpa harus mengindahkan segi estetika sebuah karya seni tari itu.

Terkadang para penari dalam tarian upacara sering melakukan gerakan yang disertai keadaan tidak sadaran diri (trance),hal initerjadi sebab ketika para penari itu mengungkapkan keinginannya yang ditonjolkan rasa keingginanya terkabul.

Dalam kesakralan tari upacara ini sudah berkurang di beberapa daerah yang ada diindonesia, tetapi pada beberapa daerah seperti Bali, meski sudah banyak tarian upacara yang berubah fungsinya, tari Bali kekal menjadi sebuah seni yang mempunyai nilai spiritualisme sebab tarian yang melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.

Satu hal yang paling penting adalah terhujidnya atau tersampaikannya keinginan para penari terhadap Tuhan mereka.

Baca Juga: Macam Macam Sulaman

2. Fungsi Tari Dalam Hiburan

Tari sebagai Hiburan

Jenis tari hiburan terbagi dari berbeda fungsi dan bentuk tari upacara, gerak tubuh yang menjadi sumber ungkap tari, pada tarian yang sifatnya berfungsi sebagai tarian hiburan hadir ketika manusia memerlukan aktualisasi perasaan kegembiraan, kebahagian atau hasrat.

Dengan ini, gerakan yang terlahir spontan dari batin sipenari, gerakan yang berirama itu akan dilakukan supaya menghibur hati para penarinya itu sendiri, perasaan kegembiraan seperti ini mungkin bisa saja terjadi di sekitar di dalam keseharian saja ekspresi wajah jika gembira bisa merasakannya.

Didalam karya seni tari yang berfungsi sebagai hiburan dan mengunakan ekspresi sejenis itu diungkapkan tidak hanya pada saat mendapatkan perasaan senang saja kesedihan.

Bahkan juga tragedi, dapat diekspresikan melalui gerak-gerakan pada tari, tari hiburan ialah tarian yang merupakan ekspresi wajah kegembiraan seseorang penari dan keterlibatan emosi si penari ketika sedang menari sangat menghayati.

Geraknya tidak secara sengaja dibuat sedemikian rupa, namun benar-benar tercipta sebab perasaan gembira, faktor keindahan bukanlah hal yang sangat paling utama.

Jenis tari ini cenderung sangat dipergunakan pada acara-acara erayaan atau pertemuan sebagai cara pergaulan yang bersifat sosial, padas aat orang asing datang ke Indonesia atau feodalisme itu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rendah.

Baca Juga: Macam Macam Tari Tunggal

3. Fungsi Tari Dalam Pertunjukan

Tari sebagai Kegiatan Pertunjukan

Tarian ini berfungsi sebagai tari persembahan memiliki perbedaan yang angat besar pada faktor keperluan pemainnya dan perbedaan pada tata cara menampilkan dibanding dengan tarian upacara atau tari hiburan saja.

Tarian upacara hidup sebab kebutuhan yang berhubungan langsung dengan spiritualisme manusia dan semua faktor pertimbangannya diperlihatkan pada 1 arah saja dan agar terjalin komunikasi yang baik dengan Yang Mahakuasa.

Walaupun penonton terlibat, namun tidak diperlukan aturan baku struktur persembahan dan membataskan gerak para penonton dan para pemain, kecuali jika pada praktiknya pemain dan penonton bergabung menjadi satu.

Kesatuan dengan emosional dan tetap berperilaku sesuai dengan adat istiadat dan norma yang ada dimasyarakat setempat, hal ini berbeda dengan tarian pertunjukan yang dibuat berdasarkan kaidah atau aturan-aturan yang ada pada seni untuk sebuah penampilan.

Beragam faktor yang harus memperhatikan pada cara memperlakukannya dan mempersiapkan seperti dibawah ini:

  • Cara menyajikannya
  • Penataan gerak
  • Penataan busana
  • Mempersiapkan sebuah pertunjukan
  • Penataan iringan
  • Tempat sajian (panggung)
  • Setting panggung
  • Segi artistik sebuah tempat sajian
  • Cara memublikasikannya
  • Seluruh materi pendukung

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Fungsi Tari Sebagai Upacara, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: