Jenis Pukulan Bulu Tangkis

Posted on

Hallo sobat olahraga rumussoal.com, kali ini akan manyampaikan materi tentang Jenis Pukulan Bulu Tangkis lengkap dengan pembahasan nya, dalam permainan ganda dan tunggal dan gambar gerakannya supaya mudah dipahami.

Pukulan Bulu Tangkis – merupakan salah satu cabang olah raga yang memiliki bentuk dengan gerakan yang menggunakan kekuatan otot tangan dan otot kaki dan kekuatan fisik, untuk melakukan pertandingan dalam koordinasi pada keterampilan.

Lansung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Pukulan Bulu Tangkis Adalah

Jenis-Pukulan-Bulu-Tangkis

Teknik memukul adalah salah satu permainan bulu tangkis dalam keterampilan berolah raga dapat digunakan pada bentuk dan strategi permainan yang efektif.

Jenis pukulan permainan bulutangkis juga sebagai sarana memperlambat dan mempercepat pukulan terhadap serangan lawan sehingga lawan akan merasa kesulitan untuk mengembalikan serangan.

Bulutangkis memiliki teknik dan kegunaan yang berbeda dengan jenis serangan yang kuat dan membutuhkan kekuatan tangan, dan beberapa serangan lambat yang menyulitkan lawan untuk mengembalikan item.

Tembakan bulutangkis dapat juga menggunakan teknik dasar dalam berolahraga, dan lawan akan sulit untuk menghadapi dengan mengendalikan serangan.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Kasti

6 Jenis Pukulan Bulu Tangkis

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas, maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa jenis yang terdapat dalam permainan bulu tangkis diantaraya adalah sebagai berikut.

1. Pukulan Servis

Pukulan-Drive

Layanan dalam permainan bulutangkis dapat dibagi menjadi beberapa bagian: layanan pendek, layanan panjang dan layanan film.

Namun, pemain profesional lebih sering menggunakan tugas pendek karena dapat digunakan lebih banyak untuk menipu lawan dan kurang berisiko.

Servis panjang memungkinkan lawan menyapa bola dan kemudian menghancurkannya, karena busur yang dihasilkan ideal untuk menghancurkan.

a. Layanan panjang – Untuk layanan yang panjang, bola ditempatkan dengan ringan di atas pinggang, kemudian klub diayunkan keras dari belakang. Akibatnya, bola hampir ditempatkan di lini belakang lawan dan lawan dipaksa untuk mengambil langkah mundur segera.

b. Layanan pendek (layanan singkat) – Servis pendek dilakukan dengan menempatkan bola hampir sejajar atau lebih rendah dari dada. Posisi raket di belakangnya sekitar 25-30 cm.

Maka pukulan itu tidak dilakukan dengan mengayunkan kelelawar, melainkan dengan dengan cepat mengangkatnya keluar atau mencambuknya, sehingga lawan mendapatkan efek yang mengejutkan.

Pemain seperti Kevin Sanjaya sangat pandai mencuri poin dengan layanan ini, yang menyebabkan lawan menjadi marah dan kehilangan fokus.

c. Layanan jentikan – Servis flick adalah kombinasi antara servis pendek dan servis panjang, di mana penempatan awal postur menyerupai servis panjang, tetapi bidikan tidak dilakukan dengan mengayunkan raket, melainkan seperti mencambuk raket dengan cepat.

Baca Juga: Teknik Dasar Bola Basket

2. Pukulan Lob

Pukulan-Lob

A. Puji Serangan – Seperti namanya, tembakan ini bertujuan untuk mengembalikan bola dengan cepat sesuai dengan rentang pemotretan yang tersedia. Jika bola melewati kepala dengan kecepatan tinggi, pemain dapat mengayunkan raket dan menerima pukulan seperti sisi kiri atau kanan lawan.

Teknih ini mirip dengan smash, tetapi loop serangan sebenarnya adalah pukulan yang bertujuan untuk mendapatkan lawan untuk mengembalikan bola untuk peluang smash.

B. lobus – Umumnya, ini dilakukan untuk menangkis tembakan dari lawan Anda, dan umumnya dari bawah ke atas, sehingga penempatan bola berada di atas lawan. Perlu dicatat bahwa jika kembalinya bola terlalu lemah (tanggung jawab), dapat dipastikan bahwa lawan akan menerima pukulan keras yang jatuh.

Baca Juga: Teknik Dasar Tenis Meja

3. Pukulan Drive

Pukulan-Drive-1

Pukulan bulutangkis ini biasanya digunakan untuk menekan lawan atau memberi lawan tidak ada peluang untuk mengangkat bola sehingga lawan tidak memiliki kesempatan untuk menyerang dengan pukulan overhead.

4. Pukulan Dropshot

Pukulan-Dropshot

sering disebut sebagai smash palsu atau (smash palsu), adalah pukulan terhadap tujuan menempatkan bola sedekat mungkin ke jaring. Pukulan ini menggunakan posisi lawan yang ada di belakang lapangan.

Sehingga pemain lawan segera ingin atau ingin memajukan posisi. Keuntungan lain adalah stamina lawan berkurang lebih cepat karena ia harus berlari lebih sering.

5. Smash

Jenis stroke yang paling diharapkan oleh pecinta bulutangkis di seluruh dunia, stroke ini sering merupakan ukuran seberapa baik seorang pemain. Smash adalah cara utama pemain bulutangkis mendapat poin.

karena penempatan bola cepat dan sulit kehilangan lawan dan mengalami kejutan mental.

Ada berbagai jenis pukulan, yaitu sebagai berikut.

  • Jump strike – Pukulan tajam ke bawah dengan bola perut dan disertai dengan lompatan yang terukur.
  • Backhand – Pemain seperti pemain Taufik Hidayat Abdminton dengan backhand terberat di dunia. Cara untuk melakukan ini adalah dengan posisi hampir kembali ke shuttlecock dan raket yang diputar ke belakang dengan memutar.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

6. Pukulan Netting (Net Play)

Pukulan-Netting

Pukulan di gim net adalah pukulan yang sangat sulit di gim bulutangkis. Ini karena game net ini membutuhkan banyak perawatan saat merasakan (feeling).

Faktor daya tidak diperlukan sama sekali, tetapi perasaan tenang benar-benar menentukan keberhasilan pukulan bersih.

Beberapa prinsip permainan jaring adalah:

  • Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin
  • Lingkaran bulutangkis dengan jaring harus serendah mungkin
  • Jatuhnya bola harus sedekat mungkin dengan jaring

Ok sobat olahraga demikianlah yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis, semoga apa yang sudah kami samapaikan dapat mudah di pahami dan dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Teknik Dasar Panjat Tebing