Lari Jarak Pendek

Posted on

Assalamu’alaikum sobat, rumussoal.com kali ini akan membahas materi tentang Lari Jarak Pendek menngunakan start dalam bidang olahraga – lengkap dengan pengertian, manfaat dan teknik supaya mudah dipahami.

Lari Jarak Pendek – adalah salah satu cabang olahraga yang dilakukan dengan cara mengandalkan kecepatan dan kekuatan penuh saat ada garis lintasan dari start sampai finish dan menemouh jarak yang suda ditentukan dari catatan waktu.

Langsung saja perhatikan artikel kami dibawah ini…?

Pengertian Lari Jarak Pendek

lari jarak pendek12

Lari jarak pendek adalah cabang olah raga yang memerlukan kekuatan fisik dan kesahatan jasmani, sehingga dapat melakukannya dengan kecepatan atau speed endurance dan akan sampai pada ke garis finish.

Lari jarak pendek juga disebut sebagai lari sprint yang sering diadakan dalam lombaan lari dalam bidang internasional, karena hal ini sebuah lintasan jarak lari yang harus ditempuh oleh semua peserta lari.

Dengan menempuh jarak sekitar 100-400 meter saja, supaya dapat memaksimalkan tenaga pada saat berlari secepat mungkin yang dimulai dari titik start sampai garis finish.

Dan jika bila kita artikan, lari jarak pendek ini merupakan salah 1 jenis pertandingan lari atau olahragara yang mana setiap para peserta lari diwajibkan menggunakan kecepatan dengan kemampuan yang mereka miliki.

Klarifikasi Lari Jarak Pendek

  • Lari dengan jarak 400 meter putri dan putra atau di sebut juga dengan (long sprint).
  • Lari dengan jarak 200 meter putri dan putra atau di sebut juga dengan (medium sprint).
  • Lari dengan jarak 100 meter putri dan putra atau di sebut juga dengan (short sprint).

Bukan hanya yang disebutkan diatas saja, tetapi lari ini juga diperlombakan pada nO lari gawang atau (burdles), yaitu 100 m gawang, 110 m gawang, dan yang paling terakhir 400 m gawang.

Lari ini juga digunakan pada no lari estafet atau cabang olahraga lari sambung yaitu 4 x 400 meter danjuga 4 x 100 meter.

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

Lari Jarak Pendek

Dan sebelum kita lanjut membahas mengenai tentang teknik berlari cepat, sebaiknya kita harus lebih dulu mengetahui dan pengetahun yang sangat paling dasar pada saat berlari cepat atau lari jarak pendek.

Berikut adalah teknik dasar yang harus kita ketahui dalam melakukan jarak pendek diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pada tungkai kaki bagian bawah ditolakan dengan kuat sampai kaki lurus, Lalu mengangkat kaki yang depan harsu diusahakan lurus hingga posisi sejajar dengan tanah.
  • Tubuh kita harus sedikit lebih condong ke depan pada saat kita sedang melakukan lari, lalu ke-2 tanggan kita harus sedikit fleksibel 90 derajat dan harus diayunkan harus searah dengan gerakan kaki kita pada saat berlari.
  • Pada Otot-otot bagian depan juga ke-2 tanggan kita harus tetap ada dalam keadaan yang sangat rileks.
  • Saat sampai kegaris finish, tubuh kita harus dicondongkan dengan bersamaan kearah depan supaya mengantarkan tubuh pada bagian dada kita menyentuh pita garis finish.
  • Posisi pinggang kita harus tetap dalam keadaan posisi ketinggian yang sama saat berlari.

Teknik Start

Lari Jarak Pendek

Totalnya ada 3 (tiga) macam teknik dalam start, yaitu seperti dibawah ini:

  • Start Pendek – posisi pada kaki kiri di taruh kedepan lalu lutut kaki yang sebelah kanan kita taruh di sebelah kaki kiri kita dengan ukurannya kira-kira 1 kepal saja. lalu Kedua tangannya kita taruh dibagian belakang pada garis start dengab posis jari-jari rapat setelah itu ibu jari bisa dipisah.
  • Start Panjang – pada Posisi ini kaki kiri kita harus kita letakkan diposisi bagian depan lutut kaki sebelah kanan yang ada di belakang kaki sebelah kiri, jaraknya sekitar 1 kepal. dan untuk ke-2 tangan kita taruh kebagian belakang garis start dengan jari-jari rapat dan husus untuk ibu jari harus terpisah.
  • Start Menengah – pada Posisi Kaki kiri kita berada pas di depan, lalu lutut kaki sebelah kanan kita taruh pada bagian sebelah kanan pada tumit kaki sebelah kiri dengan jarak kira-kira satu kepal. Dan lalu ke-2 tangan kita letakkan pada posisi belakang garis start dgn 4 jari-jari yang rapat, dan ibu jari terpisah.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang, Lari Jarak Pendek, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya: