Unsur Unsur Lagu

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan Materi tentang unsur unsur lagu dalam seni musik – lengkap dengan pengertian, jenis, ciri, simbol dan contohnya supaya dapat mudah dipahami.

Apa itu Unsur Unsur Lagu – Dengan notasi ini juga, kita dapat mengenal,  membaca, menulis, dan menyanyikan sebuah lagu, jenis notasi juga memiliki dua macam karakteristik, yaitu notasi angka dan notasi balok.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Lagu Adalah

wa2

Unsur Lagu merupakan salah satu jenis seni musik yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menjadi irama, musik yang harmonis terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat musik dapat menghasilkan irama.

Lagu juga bisa disebut sebagai notasi yang dapat dilihat, dan nada tidak dapat dilihat tetapi dapat didengar dan diperdengarkan, nada merupakan suatu bunyi yang getarannya teratur.

Untuk menuliskan nada, dapat digunakan notasi (simbol) pada dasarnya, notasi hanya dapat melihatkan dua sifat nada, yaitu tinggi rendah dan panjang pendek bagian nada dapat dilukiskan dengan notasi.

Baca Juga: Lari Jarak Pendek

Jenis Jenis Notasi Lagu

Adapun jenis-jenis yang dapat membentuk sebuah lagu diantaranya adalah sebagai berikut:

A. Notasi Lagu

Nada pada notasi musik dapat dilihat dan diperlihatkan, namun dapat didengar juga didengarkan, nada adalah suatu bunyi yang getarnya teratur dan untuk menuliskan nada, digunakan lah notasi atau simbol jenis notasi ada dua macam, yaitu terdiri dari notasi angka dan notasi balok.

note-lagu
  • Notasi Balok adalah – simbol untuk menyatakan tinggi rendah nya nada yang di lihat dari gambar, notasi balok juga biasa disebut notasi mutlak karena mempunyai patokan tinggi nada yang tetap sehingga sangat efektif digunakan dalam musik.
  • Notasi Angka adalah – suatu sistem penulisan lagu menggunakan simbol angka-angka, notasi angka sebenarnya kurang efektif dilihat dari perkembanganya karena tidak memiliki patokan nada yang tetap tetapi notasi angka lebih baik digunakan dalam pembelajaran vokal atau menyanyi.

Baca Juga: Gambar Gerakan Silat

B. Melodi

Dalam hal ini merupakan sebuah rangkaian sejumlah nada atau bunyi berdasarkan tinggi rendah atau naik turunya, melodi merupakan ungkapan atau hanya penggalan ungkapan yang berisikan sejumlah nada.

Melodi bisa dikatakan baik, tergantung oleh intervalnya sendiri dapat atau tidak dijangkau oleh suara manusia, yang artinya tidak terlalu rendah dan tinggi.

C. Harmoni

Harmoni adalah keselarasan paduan bunyi, secara teknis juga harmoni meliputi susunan, peranan dan juga hubungan dari sebuah paduan bunyi dalam bentuk keutuhan.

Harmoni memiliki dua elemen yaitu interval dan akor, akor adalah susunan nada apabila dibunyikan secara serentak akan terdengan sangat harmonis.

Peran harmoni akan semakin sempurna apabila seseorang menyanyi dengan diiringi alat musik, harmoni dalam sebuah lagu memberi bibit, nilai dan bentuk tersendiri pada jalinan antara melodi dan nada.

Sebuah lagu pun akan terdengan sangat indah apabila memiliki harmoni yang baik.

Baca Juga: Peralatan Lari Estafet

D. Dinamik

Dinamik adalah sebuah karakteristik dari keras lembutnya sebuah lagu dan perubahanya.

dinamik

Tanda dinamik memiliki tiga bagian, diantaranya adalah:

  1. Tanda dinamik lembut, misalnya : piano (p) = lembut, pianissimo (pp) = sangat lembut.
  2. Tanda dinamik sedang, misalnya : mezzo piano (mp) = agak lembut, mezzo forte (mf) = agak keras.
  3. Tanda dinamik keras, misalnya : forte (f) = keras, fortissimo (ff) = sangat keras.

E. Ritme atau Irama

Ritme atau Irama adalah suatu gerak yang teratur dikarenakan muncul aksen secara tetap, ritme merupakan aliran dasar yang teratur dan mengikuti beberapa variasi melodi.

Setiap ragam musik juga menghasilkan menghasilkan irama dan pola yang berbeda sehingga dapat dikenali sebagai bentuk dari suatu irama.

Contohnya:

Salah satunya ada pada irama musik daerah seperti gamelan, gambus dan yang lainya.

F. Tempo

Tempo adalah cepat atau lambatnya sebuah pergerakan lagu, biasanya ukuran untuk menentukan tempo adalah Beat.

Beat, yaitu kekuatan dasar yang menunjukan seberapa banyak kekuatan pada satuan waktu biasanya permenit.

tempo-lagu

Misalnya:

Sebuah lagu memiliki beat 50 MM, artinya dalam satu menit terdapat 50 kali ketukan.

MM adalah singkatan dari Mentronome malzel metronome adalah alat pengukur tempo dan kata malzel diambil dari nama penemu alat ini.

Tempo dibagi menjadi tiga bagian yaitu tempo lambat, sedang, cepat dan perubahan biasa dikenal dengan campuran.

Baca Juga: Gerak Dasar Berjalan

G. Tanda Kunci

Tanda kunci merupakan sebuah tanda atau istilah lain dapat disebut dengan karakteristik kunci alat musik yang digunakan pada garis paranada guna menunjukan letak titik nada.

tanda-kunci

Tanda kunci memiliki 3 sifat macam yang berbeda, diantaranya adalah:

  1. Kunci C (Kunci Alto) – kunci c dalam praktik musik dipakai [ada alat musik tertentu yang bersuara sedang, misalnya biola alto.
  2. Kunci G (Kunci Biola)adalah kunci yang tandanya menunjukan nada G pada garis kedua di paranada.
  3. Kunci F – adalah tanda yang menunjukan nada F pada garis ke empat di paranada

Jadi, sekian sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai materi Unsur Unsur Lagu semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua termasuk bermanfaat bagi penulis, sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainya: