Olahraga Air

Posted on

Hallo guys rumussoal.com akan memberikan pemahaman artikel materi tentang Olahraga Air – lengkap dengan pengertian, macam – macam, teknik, contoh, manfaat dan gambar agar mudah di pahami.

Olahraga air – merupakan jenis olahraga yang di lakukan di dalam air yang dapat kita lakukan secara perorangan atau perkelompok olahraga ini juga dapat di kerjakan di sungai, laut atau kolam renang.

Langsung saja simak di bawah ini …?

Olahraga Air Adalah

olahraga air

Olahraga air adalah jenis olahraga yang segala aktifitasnya di lakukan di dalam air.

Olahraga merupakan kebutuhan bagi anggota tubuh kita karna dengan berolahraga tubuh kita akan terasa bugar dan sehat.

Sebab olahraga dapat membakar seluruh lemak yang ada pada tubuh.

Namun dengan berkembangnya jaman olahraga kini tidak hanya dapat di lakukan di darat saja tetapi dapat juga di lakukan di dalam air.

Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai olahraga dalam air kita harus memahami dahulu pengertian tentang olahraga tersebut.

Agar di saat kita dalam melakukanya mengerti akan maksud dan tujuan serta manfaatnya.

Baca Juga : Pola Irama

Macam – Macam Olahraga Air

Dari beberapa ulasan di atas maka terdapat pula beberapa macam dan pola mengenai olahraga air.

Diantara mengenai macam – macam tentang olahraga air tersebut antara lain adalah:

1. Urfing

seki

Surfing adalah olahraga yang diterapkan pada permukaan udara dan mengikuti angin dan ombak di mana atlet disebut sebagai surfer.

Namun, istilah ini tidak banyak orang yang melakukan karena surfer drive lambat dan semua peselancar berselancar dengan papan selancar yang terbuat dari beberapa bahan.

2. Arum Jeram

arum jeram

Arung jeram adalah kegiatan olahraga melalui petualangan dan pendidikan dari puncak gunung mengikuti aliran air selain itu jenis dari olahraga ini dapat menguji yali kita.

Permainan ini di lakukan dengan cara beregu dan pada setiap regu berjumlah empat orang denga satu pemandu yang bertugas untuk penunjuk jalan.

Dalam olahraga ini kekompakan dalam tim sangatlah di butuhkan sebab dengan kekompakan akan dengan mudah melewati segala rintangan yang ada.

Baca Juga : Teknik Dasar Panjat Tebing

3. Ski Air

seki air

Ski air adalah olahraga di mana kegiatan dilakukan di dalam air dan beberapa ditarik di belakang perahu dengan papan selancar dan ditarik dengan tali panjang.

Gelombang yang cukup besar dapat digunakan dan dapat didorong dengan satu atau dua papan instalasi ski untuk secara ideal mempersiapkan permukaan.

Berselancar di air adalah tantangan besar karena diperlukan otot tubuh dengan otot tubuh bagian bawah yang kuat sehingga mereka dapat berkonsentrasi dengan baik

4. Kano

kano

Kano sendiri merupakan jenis olahraga cara berlombanya tidak ada bedanya dengan perahu sama seperti di dayung dengan putaran dan jarak tertentu sesuai dengan ketentuan yang ada.

Jarak dan jarak dalam permainan kano ini adalah 200 m hingga 1000 m dan waktunya sekitar 30 hingga 60 menit.

Karena itu kano membutuhkan peralatan tambahan untuk bisa berenang bersama perenang dan kacamata.

Baca Juga: Teknik Dasar Bulu Tangkis

5. berenang

berenang

Berenang adalah olahraga yang menggunakan berbagai teknik untuk menggerakkan tubuh dan sangat dianjurkan untuk mendukung kesehatan tubuh.

Karena olahraga ini menggunakan tangan dan kaki untuk memindahkan tempat ketika kita masuk ke air, olahraga ini disebut berenang.

6. Polo air

polo air

Polo air adalah olahraga yang dimainkan dengan kedua tim dan pertandingan sepak bola, jadi olahraga ini belum diketahui kebanyakan orang.

7. Snorkeling

sorkeling

Snorkeling adalah salah saty kegiatan yang sama dengan kolam renang untuk melakukan kegiatan menyelam dan menyelam untuk kolam renang.

Snorkeling biasanya dilakukan di perairan dangkal dan sungai yang mengalir dengan udara jernih saat menyelam akan terasa sangat menyenangkan.

Baca Juga : Teknik Dasar Lempar Cakram

8. Menyelam

menyelam

Menyelam merupakan jenis olahraga yang dilakukan oleh orang yang betul – betul mengerti dengan ekosistem laut.

Sebab jika olahraga renang tidak di bimbing dengan orang yang betul – betul ahli makan akan sangat berbahaya.

Berenang di bawah air jelas bukan motivasi bagi penyelam karena SCUBA adalah akronim untuk Alat Bantu Pernafasan Bawah Air yang Mengandung Sen

Manfaat Olahrga Air

Olahraga air tidak hanya menyenangkan tetapi akan membuat tubuh kita juga menjadi sehat.

Manfaat yang dapat kita peroleh dari jenis olahraga air antara lain adalah:

1. Penderita Artritis / Nyeri Sendi

Arthritis adalah penyakit sendi yang menyebabkan masalah saat berolahraga.

Sehingga olahraga air sangatlah cocok bagi orang yang mederita nyeri pada sendi karna dengan berenang maka seluru sendi – sendi kita akan bergerak.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Saat kamu melakukan hal yang demikian maka seluruh otot dan peredaran darah akan akan berkerja dengan baik sehingga akan membuat tubuh kamu terasa yaman.

Karena itu bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga anda bisa terlindungi dari berbagai penyakit berbahaya lainnya.

Baca Juga : Teknik Dasar Lompat Jauh

3. Memperkuat Tulang

Dengan cara ini anda bisa menghindari osteoporosis di usia tua atau pengeroposan tulang sebab dengan berenang tulang – tulang kita akan menjadi kuat dan terhindar dari pengeroposan

4. Kesehatan Mental

Ketika tubuh anda naik ke udara, udara dingin sebenarnya dapat diserap oleh tubuh dan pikiran, sehingga memiliki efek relaksasi olahraga dengan latihan yang baik untuk mengatasi atau menjaga kesehatan mental anda

5. Mengurangi risiko penyakit jantung / diabetes

Air memiliki sifat yang menopang tubuh dan mengendurkan otot-otot dalam tubuh ini juga dapat memiliki efek positif pada otot jantung anda.

Sementara itu, sifat yang dapat diterima adalah kadar gula normal sehingga anda dapat menghindari diabetes.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang olahraga air semoga pembahasan yang sederhana ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>