Pengertian Komputer

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini akan menerangkan materi tentang Pengertian Komputer secara umum – lengkap dengan pengertian, fungsi, sejarah, jenis, komponen dan perkembangan komputer supaya mudah dipahami.

Komputer – adalah perangkat elektronik yang dapat di ajak untuk bekerja sama oleh manusia karna komputer memiliki jutaan komponen hingga dapat menghasilkan sebuah imformasi.

Definisi Komputer Secara Umum

Pengertian-Komputer-1

Pengertian Komputer adalah merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat melakukan perhitungan secara aritmatika, dalam bahasa latin diberi nama computer.

Komputer sendiri dapat di pakai untuk membuat, menyimpan serta mengolah data, komputer pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Charles Babbage.

Komputer sendiri terdiri dari beberapa perangkat seperti braiware, hadware serta software dengan semua alat tersebut komputer akan menghasilkan data bagi penggunanya.

Baca Juga: Cookies Internet Adalah

Fungsi Dan Manfaat Komputer

komputer-1

Secara umum komputer memiliki fungsi dan manfaat yang sangat di butuhkan oleh manusia, apalagi di zaman seperti sekarang ini fungsi komputer yaitu:

  • Dapat menghasilkan sebuah informasi
  • Dapat menyimpan data dari hasil pengolahan yang di dapat
  • Proses yang terjadi mengenai input berdasarkan oleh program yang telah dioperasikan menurut komputer
  • Dapat menerima sebuah daraata atau input

Cara kerja komputer sendiri dapat terbagi menjadi beberapa tahapan yang antara lain:

1. Output Data

Output data adalah sebuah informasi yang telah di olah, dan itupun telah di bagi yaitu softcopy dan hardcopy.

  • Softcopy adalah hasil tampilan yang keluar dari layar monitor seperti audio, gambar, serta visual yang lainnya.
  • Hardcopy adalah sebuah tampilan yang di lakukan oleh media berbentuk kertas melalui printer.

2. Input Data

Input data adalah merupakan suatu pekerjaan untuk memasukan data ke dalam sebuah memori komputer, namun sudah melalui pemecahan mengenai kode.

kemudian lalu di simpan dengan bilangan biner agar kemudian dapat di tulis dan di hafus kembali.

3. Processing Data

Processing data adalah peroses pengolahan mengenai data yang di oprasikan melalui Central Processing Unit atau CPU.

Peroses seperti itupun di bagi menjadi dua bagian yaitu eksekusi serta sebuah kontrol, lalu prosesor dari ram akan mengases data yang telah melalui peroses dalam input.

Baca Juga: Sejarah Tik

Fungsi Komputer Untuk Kehidupan

gambar-kompute

Kalau kita lihat dalam kehidupan fungsi komputer ialah sebagai alat komunikasi, menghitung, hiburan serta masih banyak yang lainnya.

Tetapi jika kita perhatikan secara detail serta terperinci kegunaan serta fungsi komputer dalam bidang – bidang tertentu antara lain adalah:

1. komunikasi

Dalam bidang komunikasi komputer sangat membantu sekali sebab dengan adanya komputer semua komunikasih kita menjadi lebih baik.

Contoh kecil bermunculannya sebuah media atau aplikasi seperti vidio call sehingga dengan begitu akan mempermudah kita untuk berhubungan terhadap kawan kerja maupun keluarga.

2. Dunia Hiburan

Di dunia hiburan komputer peran komputerpun amat tinggi terutama untuk sekarang – sekarang ini, sebab komputer lagi sangat di sukai di kalangan masyarakat.

Dengan di hubungkanya komputer kejaringan internet maka kita dapat mendengarkan musik dan melihat sebuah video.

3. Kesehatan

Di bidang kesehatan juga komputer sangat di butuhkan oleh para dokter melalui sebuah aplikasi sehingga para dokter dapat bekerja dengan hasil yang maksimal untuk pasien.

Baca Juga: Kapasitas Ram

4. Pertahanan Serta Keamanan

Pihak pertahanan dan keamanan sangat merasa terbantu dengan adanya komputer, karna dapat mengontrol keamanan dalam sebuah wilayah melalui jaringan internet yang di hubungkan dengan komputer.

Sehingga komputer emang betul – betul penting dan sangat di butuhkan oleh pihak pertahanan dan keamanan.

5. Usaha Serta Bisnis

Di dalam dunia bisnin komputer di pakai sebagai alat untuk menghitung, karna di dalam komputer terdapat aplikasi yang bernama akutansi dengan akutansi kita dapat menghitung lebih tepat dan cepat.

6. Pendidikan

Jika dalam dunia pendidikan fungsi komputer amat lebih banyak apa lagi seperti saat sekarang ini antara lain ujian sekolah, pendaftaran sekolah, dan pembayaran sekolah semuanya menggunak\an alat yang namanya komputer.

Baca Juga: Akor Keyboard

Sejarah Komputer

Pada saat awal – awal keluar komputer tak secanggih dan sehebat sekarang ini, karna komputer hanya di program untuk memudahkan kita dalam menghitung.

Abascus adalah mesin hitung yang ada pada 5000 tahun yang lalu mesin ini sendiri lahir di asia di buat melalui biji serta cara menggunakan nya dengan menggeser biji satu – persatu.

Jika rakyat indonesia sendiri mengenal abascus sebagai alat hitung dengan nama sempoa.

Lalu pada tahun 1623 sampai 1662 Blaise Pascal menemukan sebuah alat hitung yang di sebut dengan kakulator, di gunakan untuk perhitungan sebuah pajak.

Dan pada tahun 1931 sebuah mesin yang mampu untuk hitungan differensial dan mesin ini dapat meyelesaikan sebuah perhitungan yang amat rumit mesin ini di buat oleh Vannevar Bush.

Komponen mesin ini menggunakan perangkat yang sangat banyak sekali serta memiliki bobot yang sangat berat sekali.

Dan pada tahun 1940 telah lahir sebuah komputer elektrik yang pertama, namun pada saat itu peroyek terhenti karna soal permasalahan dana.

Baca Juga: Fungsi 10 Jari Pada Keyboard

Perkembangan Komputer

Pada saat terjadi perang dunia kedua seluruh negara berlomba – lomba dalam melakukan sebuah perkembangan untuk komputer antara lain:

1. Generasi Pertama Komputer

Setelah selesai perang dunia kedua, salah satu insinyur jerman membangun sebuah komputer pada tahun 1941 untuk kebutuhan peluru kendali serta pesawat terbang dengan nama Z3.

Inggris juga mengembangkan komputer agar dapat memecahkan sebuah kode rahasia mesin ini di sebut Colossus

Negara Amerika berusaha dengan Howard Aiken, IBM, serta seorang insinyur yang bernama Harvard menghasilkan sebuah komputer relai elektronik.

Tetapi mesin tersebut banyak memiliki kekurangan dalam urutan kakulasinya kurang veleksibel dan lambat dalam sebuah penghitungan.

2. Generasi Komputer Kedua

Dalam generasi kedua timbul superkomputer yang ukurannya agak kecil, lebih hemat energi dan lebih cepat daripada jenis komputer generasi pertama.

Sprey rand dengan nama LARC lalu IMB dengan nama stretch mereka merupakan dua perusahaan yang mengembangkan kompeter pada generasi ke dua.

lambat laut sekitar tahun 1960 pengguna komputer semakin pesat yang menggunakan tidak hanya perusahaan saja tetapi sebuah universitas dan pembisnis juga menggunakannya.

Pada akhirnya berbagai program dan bahasa juga bermunculan pada generasi ini banyak sekali progamer atau profesi seperti ahli komputer, dan analyst.

3. Generasi Komputer Ketiga

Pada generasi ketiga timbul sebuah komponen – komponen yang dapat di masukan ke semikonduktor atau chip.

Sehingga ukuran komputer dapat di buat lebih kecil lagi yang terkenal pada masa itu merupakan NOVA dan IMB S 360 itu di temukan melalui sebuah data general corporation

4. Generasi Komputer Kempat

Pada generasi komputer yang ke empat di tahun 1981 IMB melakukan sebuah publikasi mengenai personal computer.

Sehingga dapat di pakai oleh kebutuhan sekolahan, rumah tangga, hingga ke kantor.

Pada saat itu IMB menggunakan CPU yang di buat oleh intel hingga terbentuklah suatu jaringan yang di beri nama LAN atau Local Areal Network.

5. Generasi Komputer Kelima

Di generasi kelima komputer semakin lebih sempurna, karna komputer sekarang dapat di gunakan sebagai pengenalan wajah.

atau di sebut juga Artificial intelegence serta Parallel processing dan kapasitas ram ya pun kian semakin meningkat sehingga komputer dapat kerja lebih cepat hingga tidak akan terjadi suatu hambatan.

Baca Juga: Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Komponen Pada Komputer

komponen-komputer

Di dalam mempelajari sebuah komputer kita juga harus dapat memahami jenis – jenis komponen yang terdapat pada komputer itu sendiri di antaranya yaitu:

1. Monitor

Monitor adalah sebuah layar komputer yang berfungsi untuk menampilkan data, selain itu juga merupakan komponen perangkat lunak berfungsi sebagai output.

2. Keyboard

Keyboard adalah berfungsi untuk imput data mengenai angka dan huruf yang akan di sampaikan kepada cpu melalui sebuah sinyal digital agar dengan mudah di tangkap oleh processor

3. Motherboard

Motherboard adalah komponen terpenting untuk komputer karna tanpa adanya motherboard komponen yang ada dalam komputer tidak bisa saling berhubungan.

Motherboard biasanya di sebut juga mainboard yang akan menampung seluruh komponen yang memiliki peran penting di dalam sebuah komputer itu sendiri.

4. Processor

Processor adalah perangkat keras dari komputer berfungsi agar dapat menerima sinyal yang di berikan oleh cpu atau juga dapat di bilang sebagai yawanya komputer.

5. Ram

Ram sendiri bertugas sebagai peyimpan sementara akan dapat di akses apa bila komputer telah di nyalakan, namun jika komputer di matikan maka ram tersebut tidak dapat berfungsi lagi.

Baca Juga: Hardware Komputer

Jenis Jenis Komputer

Menurut ukuran serta bentuknya komputer di bagi untuk beberapa jenis di antaranya:

  • Laktop
  • Desktop
  • Komputer portebel
  • Paltom
  • Subnotebook
  • Notebook
  • Tower

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com pembahasan tentang Pengertian Komputer, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami dan bermanfaat, sekian dan terima kasih

Artikel Lainnya>>>>>