Hardware Komputer

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Hardware Komputer – Lengkap dengan pengertian, fungsi, jenis dan contohnya supaya lebih mudah dipahami.

Hardware – adalah sebuah komponen komputer yang sifat nya fisik atau dapat di pegang dan dilihat secara kasat mata.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Hardware-Komputer

Hardware Komputer – adalah perangkat keras pada sebuah komputer atau laptop yang berfungsi sebagai komponen keutuhan komputer, hardware bersifat fisik artinya dapat dilihat secara keseluruhan dengan kasat mata dan dapat diraba secara langsung.

Hardware atau biasa di sebut dengan perangkat keras berfungsi sebagai pendukung segala proses kerja dari komputer dengan sesuai perintah yang diatur oleh user (pengguna) atau disebut dengan brainware untuk mecapai suatu tujuan tertentu.

Beberapa diantara sobat rumussoal.com mungkin ada yang tahu, komputer memiliki banyak komponen yang bekerja secara bersama dengan tujuan agar dapat mengolah informasi dalam proses yang dilakukan oleh komputer menjadi informasi yang dapat dimengerti oleh pengguna.

Jika salah satu dari hardware tidak dapat bekerja, maka otomatis proses pekerjaan pada komputer semuanya tidak akan terealisasikan sebab peranan hardware ini sangat penting pada komputer.

Baca Juga: Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Pengertian Hardware

Pengertian Hardware menurut beberapa para ahli

hardone

1. James O’Brien

Menurut James O’Brien definisi hardware adalah semua peralatan fisik yang difungsikan dalam proses pengolahan informasi, hardware juga merupakan media komunikasi yang dapat menghubungkan beberapa user dan jaringan lalu memperoses paket.

2. Joko Untoro

Menurutnya, hardware merupakan bagian fisik dari komputer dan termasuk juga salah satu sirkuit digital dalam perangkat komputer.

3. Wijaya Ariyana

Menurut Wijaya, hardware adalah komponen dari komputer yang bisa dirasakan dan dilihat secara fisik, yaitu dapat diraba dan dilihat secara kasat mata,

Hardware juga bagian terpenting pada komponen komputer kerena jika salah satu dari perangkat keras tidak berfungsi, maka kinerja dari komputer tidak stabil.

4. R. Wilman

Menurutnya, hardware merupakan kesatuan piranti elektronik tercompact di komputer berfungsi sebagai piranti – piranti menjadi satu bagian, dpengan begitu sistem kerja komputer terstruktur dengan bentuan dari hardwarer yang sudah dihubungkan dengan komputer.

5. Ali Zaki

Menurut Ali Zaki sendiri pengertian dari hardware adalah bagian fisik dari komputer itu sendiri termasuk komponen yang ada di dalam nya, bisa membantu kinerja komputer dengan sangat baik.

Baca Juga: Cara Menentukan Ide Pokok

Fungsi Hardware

Setelah penjelasan diatas mengenai pengertian dari hardware, mungkin sobat rumussoal.com ada yang masih bingung, sebenarnya apa sih fungsi dari hardware pada komputer, simak pembahasan di bawah ini.

Masing masing hardware memiliki fungsi yang berbeda beda, tentunya tetap memiliki peranan penting bagi jalanya sebuah proses pada komputer, secara umum, ada empat fungsi utama dari hardware, diantaranya adalah:

1. Menerima Input

Hardware yang bertugas seperti menerima input memiliki fungsi khusus untuk setiap pekerjaan yang dilakukan oleh pengguna atau user, perintah tersebut atau input nya segera diproses menjadi data terbaru.

2. Mengolah Data Atau Informasi

Setelah menerima input dari proses awal tadi, tugas hardware kedua ini adalah mengolah data dan informasi untuk kemudian disajikan secara sederhana dan memuat informasi baru.

3. Menyimpan Data

keluaraan yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam penyimpanan sekunder pada kompter, hardware penyimpanan data pada komputer tidak hanya terpasang pada bagian dalam komputer namun ada juga hardware yang terpasang diluar.

4. Memberikan Output

Setelah semua proses selesai hardware yang bertugas sebagai keluaran akan memberikan hasil atau output dari proses yang sudah di perintahkan diawal atau input, dan hasil informasi akan disajikan melalui hardware tertentu.

Baca Juga: Ciri Ciri Sejarah

Jenis Hardware Dan Fungsinya

Untuk memperjelas pemaparan diatas, berikut ini kami tampilkan beberapa jenis, contoh serta fungsi hardware.

1. Perangkat Masukan (Inpuet Device)

input-2

Perangkat masukan adalah perangkat keras yang fungsinya sebagai alat untuk memasukan sebuah data atau informasi dari pengguna ke dalam komputer, data yang ada pada komputer dapt berupa teks, video, gambar dan audio.

Contoh perangkat masukan dibawah ini adalah:

  • Mouse
  • Keyboard
  • Webcam
  • Scanner
  • Dan sebagainya

2. Perangkat Pemrosesan (Prosess Device)

Prosses Device atau perangkat pemrosesan adalah perangkat yang fungsinya untuk mengolah paket data yang sudah di input atau dimasukan ke dalam komputer.

Contoh perangkat pemrosesan dibawah ini adalah:

  • RAM ( Random Access Memory)
  • CPU ( Central Processing Unit)
  • VGA (Video Graphics Adapter)
  • Power Supply
  • Lan Card ( Kartu Internet)
  • MotherBoard
  • Dan sebagainya

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Output Device adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat pengeluaran sebuah proses data dan informasi yang sudah diolah dalam komputer.

Contoh perangkat keluaran dibawah ini adalah:

  • Monitor
  • Printer
  • Proyektor
  • Sound
  • Dan sebagainya

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangkat penyimpanan yang ada pada komputer merupakan perangkat penting di dalam kelengkapan sistem komputer, perangkat ini berfungsi sebagai alat penyimpanan data, informasi, gambar, audio dan semua yang berhubungan dengan data komputer teradpat di alat ini.

Contoh perangkat penyimpnan dibawah ini adalah:

  • Hardisk
  • Flashdisk

Baca Juga: Gerakan Jalan Cepat

Contoh Hardware Pada Komputer

Untuk memperjelas penmaparan diatas, berikut ini kami berikan contoh lengkap hardware yang ada pada komputer.

1. Central Processing Unit (CPU)

cpu

CPU (Central Processing Unit) merupakan sebuah komponen yang berupa sirkuit sistem otak komputer yang didalamnya berupa processor, sebagai pengendali proses kerja komputer yang bekerja oleh komponen lainnya.

Fungsi CPU berguna mengatur semua perintah program yang diperintahkan pada komputer dan juga sebagai unit untuk mengelola segala olah data yang terjadi di dalam sebuah komputer.

2. Hardisk

hdd

Hardisk adalah komponen yang berbentuk segiempat berisi piringan bentuknya sama dengan piringan hitam, motor penggerak, papan sirkuit elektronik, dan komponen lainnya di dalam hardisk yang dibungkus oleh casing yang kuat.

Fungsinya sebagai booting pada awal memulai komputer, media penyimpanan sistem operasi yang digunakan komputer, serta sebagai media untuk penyimpanan informasi dan data yang ukurannya besarsehingga pengguna atau user dapat menyimpan banyak data di dalam hardisk ini.

3. Power Supply

ps

Power supply adalah sebuah perangkat yang berupa tempat bertegangan listrik yang letaknya menempel pada bagian belakang setiap casing komputer yang memiliki kabel power dengan disambungkan ke komponen hardware kainya yang berada di dalam komputer.

Fungsinya adalah mengubah tegangan dari AC ke DC lalu kemudian menyuplai tegangan tersebut ke komponen lain yang membutuhkan arus dan juga tegangan listrik.

4. Motherboard

motherboard

Motherboard dugunakan untuk berfungsi menghubungkan dan mengendalikan antara semua komponen perangkat utama pada komputer Keyboard, CPU,Kartu Graphic, memori dan hard disk drive yang berhubungan serta berkomunikasi antara satu sama lain melalui motherboard ini.

5. Monitor

monitor

Monitor adalah sebuah layar yang menampilkan informasi yang telah diolah oleh komputerke dalam sebuah data informasi. Ketika kartu grafis mengkonversi biner informasi ke gambar, gambar yang ditampilkan ke monitor akan secara otomatis terhubung langsung.

Ada berbagai jenis monitor, termasuk Tabung sinar katoda (CRT) dan Liquid Crystal Display (LCD). Monitor juga memiliki fungsi sebagai pengontrol kecerahan, kualitas gambar maupun tampilan mengenai data, gambar, video dan informasi.

6. Keyboard

key

Keyboard komputer adalah perangkat input yang digunakan untuk memasukkan karakter dan perintah kata yang bertujuan untuk memberikan informasi intruksi dengan apa yang akan dilakukan oleh pengguna.

Keyboard pada komputer juga memiliki 2 tipe yakni keyboard kabel dan wireless, keduanya memliki fungsi dan keunggulan nya masing masing.

Baca Juga: Kebugaran Jasmani

7. Mouse dan Touchpad

Mouse dan Touchpad keduanya memiliki fungsi yang sama amun penenmpatan yang berbeda. Mouse biasanya digunakan pada komputer karena komputer membutuhkan perangkat tambahan seperti keyboard dan yang lain nya.

Berbeda dengan touchpad, biasanya berada pada laptop karena memang laptop adalah komputer potable, jadi keyboard mouse sudah menyatu pada komponen lainya, dan kedua nya memiliki fungsi dan kegunaan yang sama yaitu untuk memilih ikon atau sebagai alat penunjuk file mana yang akan di proses.

8. Casing

Casing atau pelindung komponen perangkat keras pada komputer memiliki fungsi sebagai pelindung semua komponen yang berada pada komputer, dan casung juga memperbaiki penampilan baik pada komputer.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai materi pembahasan Hardware Komputer semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com, sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainya >>>>>