Fungsi 10 Jari Pada Keyboard

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Fungsi 10 Jari Pada Keyboard – lengkap dengan pengertian, cara dan manfaatnya, supaya dapat lebih mudah untuk dipahami.

Keyboard – Adalah sebuah komponen yang ada pada laptop ataupun komputer yang berguna sebagai alat media untuk mengetik dan menginput data.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Pengertian Keyboard Adalah

Fungsi-10-jari-pada-keyboard

Keyboard  – Adalah sebuah perangkat keras (Hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai media input data dan terdapat beberapa komponen berupa huruf, angka, dan simbol.

keyboard

Definisi keyboard ini adalah sebuah perangkat keras pada laptop atau komputer yang mempunyai bentuk persegi panjang dan memiliki tombol yang fungsinya berbeda beda dan dapat menghasilkan sebuah proses tergantung pada keinginan seorang pengguna.

Baca Juga: Sejarah Tik

Selain untuk menginput data keyboard juga memiliki fungsi khusus yang sudah dikombinasikan berbeda dari program nya, pada umumnya port keyboard memiliki 2 jenis yaitu:

  • PS2

Keyboard PS2 adalah suatu serial protokol yang dapat directional (dua arah) artinya dapat mengirim dan menerima, keyboard PS2 dalam cara kerjanya hanya menggunakan 2 buah kabel yaitu kabel data untuk aliran data dari atau ke komputer dan kabel untuk clock.

  • USB

USB sendiri adalah singkatan dari Universal Serial Bus, sebuah standar industri hanya untuk jarak pendek komunikasi data, port USB juga dapat menyediakan tenaga listrik di kabel ke perangkat tanpa sumber kekuatan dari terminal utama listrik mereka sendiri.

Namun seiring berjalanya perkembangan teknologi yang sangat pesat pada saat ini, keyboard juga sudah ada yang memakai teknologi Wireless atau sebuah perangkat tanpa menggunakan kabel.

Baca Juga: Cookies Internet Adalah

Fungsi 10 Jari Pada Keyboard

contoh-keyboard

Pernyataan mendasar fungsi 10 jari pada keyboard adalah digunakan untuk mengetik, menginput suatu proses hingga mencapai tujuan namun, beberapa hal perlu diketahui dalam menggunakan 10 jari pada keyboard.

Mengetik menggunakan 10 jari pada keyboard umumnya dibagi menjadi 3 bagian yaitu:

  • Fungsi jari kanan meliputi kelingking, manis, tengah, telunjuk
  • Fungsi jari kiri meliputi kelingking, manis, tengah, telunjuk
  • Sedangkan jempol di letakan pada 1 tombol yaitu Spasi.

Baca Juga: Kapasitas Ram

1. Fungsi Jari Kanan

Kelingking : Huruf P, tanda slash dan titik (.) koma (,)

Manis : Huruf L, O, angka 9 dan tanda titik (.)

Tengah : Huruf I, K, angka 8 dan tanda koma (,)

Telunjuk : Huruf N, M, B, Y, U, H, J dan angka 6, 7

2. Fungsi Jari Kiri

Telunjuk : Huruf R, F, V, T, B, G, Y dan angka 4, 5, 6

Tengah : Huruf E, C, D dan angka 3

Manis : Huruf X, W, S dan angka 2

Kelingking : Huruf A, Z, Q tombol Shift, Tab, CapsLock dan angka 1

3. Fungsi Jempol

Jempol kedua tangan kanan dan kiri di letakan pada tombol keyboard Space bar atau tombol spasi.

Dengan membiasakan mengetik keyboard seperti contoh diatas, sahabat rumussoal.com dapat merasakan kemudahan, ketepatan dan kecepatan pada proses pengetikan maupun penginputan data, sebab 10 jari yang di gunakan dapat menghemat waktu dan lebih fleksibel.

Baca Juga: Camera Wireless

Posisi Mengetik Pada Keyboard

Posisi yang dianjurkan pada saat mengetik menggunakan 10 jari pada keyboard adalah dengan memperhatikan jarak antara keyboard dengan user atau pengguna setidaknya 50cm dari layar monitor sobat, hal ini dapat mencegah terjadinya kelelahan mata, badan dan tangan akibat posisi yang tidak beraturan.

Posisi pergelangan tangan juga dianjurkan agar tidak menyentuh meja atau benda yang mendasari komputer, hal ini berguna untuk ke leluasaan dan kemudahan sobat mengetik pada keyboard.

Baca Juga:Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Cara Melatih Mengetik 10 Jari

Setelah langkah diatas sobat pahami dan di mengerti, langkah selanjutnya sobat dapat melatih kemampuan mengetik menggunakan 10 jari, diawali dengan mengetik kalimat dan diusahakan agar tetap menggunakan 10 jari.

Sobat juga dapat memilih contoh kalimat yang sobat akan gunakan untuk latihan mengetik menggunakan 10 jari, sobat dapat mengulangi nya hingga dirasa benar benar faham dan hafal letak masing masing tombol pada keyboard.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai Fungsi 10 Jari Pada Keyboard, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya: