Renang Gaya Dada

Posted on

Hallo guys kali ini rumussoal.com akan memberikan pemahaman artikel materi tentang Renang Gaya Dada – lengkap dengan pengertian, sejarah, contoh dan gambar agar mudah di pahami.

Renang gaya dada – merupakan gaya renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan jenis olahraga air ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan apa lagi jika kita lakukannya secara rutin.

Langsung saja kita simak materi di bawah ini …?

Renang Gaya Dada Adalah

renang gaya dada

Renang gaya dada adalah jenis renang yang sering disebut orang sebagai gaya katak.

Gaya dada merupakan gaya renang yang sangat di senangi oleh semua orang karna gerakan dari gaya ini amat sederhana dan mudah untuk di pelajari.

Gaya dada sendiri sering di sebut orang sebagai gaya katak karna cara berenangnya menghadap ke permukaan air.

Baca Juga : Peralatan Lari Estafet

Teknik Renang Gaya Dada

renang

Dalam berenang gaya dada agar kita dapat melakukannya dengan baik dan benar terdapat beberapa teknik yang harus kita perhatikan di antaranya yaitu:

1. Teknik Meluncur

  • Tempelkan tubuh anda tegak dan di tepi kolam, maka salah satu kaki anda harus menempel di sisi kolam.
  • Langkah kedua adalah posisi tubuh harus ditekuk sejajar dengan permukaan udara dan posisi kedua tangan lurus ke depan, lalu tekan kepala lurus dengan cup telinga.
  • Ketiga, untuk mendapatkan slide yang lebar dan cepat, kaki anda harus ditekan dengan keras. Setelah menggeser posisi kaki, tangan dan tubuh harus sejajar dengan air dan tidak dilupakan

Baca Juga : Macam Macam Gerakan Senam

2. Teknik Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Dada

Latihan pada gerakan tangan untuk renang gaya dada sangatlah penting karna ayunan dari kedua tangan dapat membantu dorongan pada kaki di saat sedang berenang.

Pada saat ketika kita akan mengambil nafas di saat berenang gerakan tangan amat di butuhkan agar di saat bernafas air tidak masuk

Berikut ini beberapa teknik latihan dari gerakan tangan saat berenang gaya dada yaitu:

  • Setelah meluncur, Anda perlu meregangkan kedua tangan dan kepala sejajar dengan permukaan udara.
  • Kedua, tarik kedua tangan ke arah dada Anda. Pada titik ini, Anda juga harus mendayung di udara dengan kedua telapak tangan (lihat ilustrasi di bawah).

Baca Juga : Gerakan Jalan Cepat

3. Teknik Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Dada

Berlatih gerakan kaki dalam gaya katak ini sangat penting karena gerakan kaki benar-benar dapat meningkatkan kecepatan kita saat berenang.

Usahakan tidak hanya mengebor di kolam, tetapi juga berolahraga. Karena itu bisa membantu anda berenang kaki saat berenang.

Cara berlatih gerakan kaki sambil berenang dengan gaya katak antara lain ialah:

  • Pertama, setelah meluncur, posisi tubuh harus mengarah ke bawah sejajar dengan air kolam.
  • Langkah kedua: tarik kaki Anda kembali dan kemudian kaki Anda kembali.
  • Ketiga, cambuk membuat gerakan penutupan.
  • Lakukan gerakan ini dengan mudah sehingga gerakan itu benar, dan kemudian ulangi sampai benar, atau lihat gambar

Baca Juga : Permainan Bola Bakar

4. Teknik Bernafas Dalam Berenang Gaya Dada

Teknik pernapasan harus di latih dengan baik saat melakuikan renang gaya dada karena jika kita tidak dapat bernapas dengan benar, energi kita dapat habis dengan cepat.

Saat bernafas, perlu dicatat bahwa kepala harus naik ke permukaan udara saat bernafas di udara.

Untuk melakukan ini, tangan yang melengkung ke belakang dan membungkuk disatukan.

Karena gerakan ini sedikit bisa mengangkat tubuh dan membuat pernapasan lebih mudah, perlahan-lahan lepaskan napasa anda di udara.

Baca Juga : Bentuk Bentuk Latihan Kekuatan

Sejarah Renang

gambar sejarah renang

Berenang telah dikenal selama berabad-abad sebelum orang bahkan bisa menulis hasil lukisan tentang perenang di dinding batu di gua bersaksi untuk berenang di masa lalu.

Berenang mulai menjadi populer sebagai olahraga pada abad ke-19 di London, Inggris. Pada tahun 1837 hanya ada enam kolam renang di kota ini.

Sejak itu renang menjadi semakin populer bahkan beberapa asosiasi olahraga renang muncul pada tahun 1869.

Berenang kemudian menjadi terkenal di dunia pada tahun 1896 renang resmi menjadi salah satu olahraga yang berlangsung di Olimpiade modern Athena Yunani.

Kolam renang pertama kali di bangun di Indonesia pada tahun 1904 berada di Cihamplas kota Bandung.

Perkembangan renang di Indonesia lebih lanjut dibentuk oleh pembentukan berbagai asosiasi renang seperti Bandungsche Zwembond atau Asosiasi Renang Bandung pada tahun 1917. Organisasi ini mengawasi tujuh asosiasi renang.

Bandungsche Zwembond tampaknya mendorong pembentukan asosiasi yang disukai di tingkat yang lebih tinggi. Di Jawa Barat ada Zwembond Jawa Barat, yang lahir pada 1918, sedangkan di Jawa Timur Oost Jawa Zwembond didirikan pada 1927.

Yayasan asosiasi renang membuahkan hasil. Pada Far Eastern Games (Olimpiade di Timur Jauh) pada tahun 1934 di Manila, Filipina, dua pelompat cantik dari Hindia Belanda meraih kemenangan pertama dan kedua.

Baca Juga : Lebar Gawang

Pengertian Renang Menurut Para Ahli

1. Menurut Muhajir (2004: 166), berenang adalah olahraga yang sehat.menyebabkan hampir seluruh tubuh bergerak, menyebabkan seluruh tubuh tumbuh dan kekuatan perenang meningkat.

2. Menurut Erlangga (2010: 75) berenang adalah olahraga yang sangat menyenangkan dan bermanfaat untuk kekuatan tubuh, jantung, paru-paru dan kesulitan merasa berat.

3. Menurut Abdoelah (1981: 270) berenang adalah sejenis latihan di udara. Baik dalam air tawar dan dalam garam atau air keras.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com materi tentang renang gaya dada semoga pembahasan yang sederhana ini dapat mudah dipahami dan berguna, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>