Musik Daerah Jakarta

Posted on

Hallo sobat rumussoal.com pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Musik Daerah Jakarta atau betawi – lengkap dengan pengertian, jenis, dan contohnya supaya dapat mudah dipahami.

Musik Tradisional – Adalah musik yang sudah melekat turun temurun dari zaman dahulu yang terkenal dengan ciri khas daerahnya masing masing, yang terus di pertahankan dan dikembangkan sebagai sarana hiburan.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Musik Daerah Jakarta Adalah

Musik Daerah Jakarta adalah salah satu jenis musik yang berasal dari budaya Jakarta atau campuran dari suatu daerah yang terdapat dari berbagai etnis, kebudayaan dalam dan luar negeri.

Suku – suku yang tinggal di Jakarta termasuk Jawa, Sunda, Minang, Batak dan Bugis selain populasi nusantara, budaya Jakarta juga banyak menyerap dari budaya eksternal seperti budaya Portugis, Cina, India dan Arab.

DKI Jakarta adalah ibukota negara Indonesia, budaya jakarta merupakan budaya mestizo atau percampuran beragam budaya dan etnis.

Suku betawi yang terdapat di Jakarta umumnya memiliki seni Gambang Kromong yang berasal dari seni musik Tionghoa, ada juga Rebana yang berasal dari tradisi musik Arab, lagu tradisional betawi adalah “Kicir – Kicir”.

Baca Juga: Seni Kriya Gerabah

Musik Ciri Khas Jakarta

kicir-kicir

Jenis Alat Musik Daerah Jakarta

monas

1. Gong

gong-1

Gong merupakan sebuah alat musik tradisional pukul, terbuat dari logam atau perunggu berbentuk bundar dan ukuranya cukup beasar, dipukul dengan alat yang empuk seperti palu yang di balut dengan kain.

Baca Juga: Media Karya Seni Rupa 2 Dimensi

2. Gambus

gambus

Gambus terbuat dari kayu, di jakarta gambus mempunyai ciri yang berbeda dari gambus lainya bergantung dari dawai yang dipakai, dawai mempunyai kandungan benang sutera yang dipilin sehingga menghasilkan suara yang halus.

3. Tehyan

tehyan

Tehyan dimainkan dengan cara digesek pada dawainya, tidak jauh berbeda dengan gambus ciri yang biasa di temui pada alat musik satu ini adalah lengkukan kayu di sebelah luar dawai dan berbentuk mangkuk pada atas nya.

Baca Juga: Cabang Seni

4. Rebana

rebana

Rebana adalah alat musik tepuk atau pukul yang mirip dengan marawis, perbedaa rebana dan marawis adalah bentuk nya yang lebih pipih, rebana kental dengan genre religi karena umumnya rebana digunakan untuk mengiringi lagu lagu pujian tuhan.

5. Kecrek

kecrek

Kecrek adalah alat musik yang terdiri dari beberapa bilah perunggu dan menggunakan alas untuk di pukul, suara yang dikeluarkan dari alat musik ini masuk ke kategori perkusi, kecrek hanya dipakai pada bagian awal dan akhir penanda musik.

6. Sukong

sukong

Sukong merupakan alat musik tradisional yang dipakai untuk melodi dalam musik, Sukok tidak jauh berbeda dari rebeb tetapi lebih kecil, cara memainkan sukong di gesek.

Musik marawis adalah suatu jenis musik dengan perkusi sebagai alat musiknya, nama marawis sendiri diambil dari nama alat musik yang sampai saat ini masih di gunakan, alat ini terbagi dalam 3 jenis yaitu:

  1. Perkusi Rebana
  2. Perkusi Besar
  3. Papan Tepok

Kadang juga perkusi dilengkapi dengan alat musik lainya kecrek atau tamborin, lagu yang dibawakan pun brirama gambus kuno lagu yang juga dapat di iringi dengan alat musik pukul.

Ada tiga jenis pukulan pada musik ini, yaitu sarah, zapin dan zaefah pukulan sarah umumnya dipakai untuk mengarak pengantin pukulan zapin mengiringi lagu gembira seperti lagu berbalas pantun dan pukulan zaefah untuk mengiringi lagu seperti majlas.

Secara umum pula jenis kesenian di Jakarta dipakai untuk memeriahkan pesta adat, keenian adat hingga pameran adat, serta orkes yang biasa memeriahkan sebuah pernikahan

Baca Juga: Sejarah Seni Rupa

Jenis Kesenian Daerah Jakarta

Tanidor masuk kedalam kategori orkes, kesenian tanjidor bermula pada abat ke-19 atas usulan Mayor Jantie, tanjidor berasalah dari sebuah musik tangsi sebuah asrama militer milik jepang yang saat itu dimainkan oleh masyarakat betawi

1. Tanjidor

tanjidor

Kesenian orkes tanjidor ini meliputi lebih dari 5 alat musik yang di antaranya adalah Tuba, Simbal, Terompet, Quarto

2. Keroncong Tugu

Keroncong tugu merupakan kesenian adat betawi perpaduan antara budaya indonesia dan budaya portugis, nama keroncong tugu diperoleh karena awal mula kesenian ini kerap di mainkan masyarakat Tugu, Jakarta Utara

keroncong-tugu

Baca Juga: Jenis Teater Tradisional

3. Gambang Kromong

Gambang-kromong

Gambang Kromong masuk ke dalam kesenian daerah orkes, gambang kromong sering digunakan sebagai alat musik tradisional jakarta pada sebuah ajang oertunjukan atau pentas kesenian daerah, Orkes ini dikategorikan sebagai Tradisi Cina Benteng

Lagu yang biasa di pertunjukan di kesenian ini mengandung syair syair yang dapat membangunkan semangat, kegembiraan , tak jarang pula gambang kromang digunakan sebagai sindiran dengan maksud dan tujuan yang baik.

Jadi, sekian dulu ya sobat rumussoal.com untuk penjelasan mengenai Musik Daerah Jakarta, semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainnya: