Kerajaan Malaka

Posted on

Hallo gaes pada artikel sebelumnya rumussoal.com sudah memberikan wawasan atau berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai materi.

Namun kesempatan kali ini kali ini rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Kerajaan Malaka islam – lengkap dengan pengertian, sejarah, kebudayaan, letak dan peninggalannya supaya mudah dipahami.

Baiklah gaes untuk mempersingkat waktu langsung saja simak pembahasan dibawah ini yaaa…?

Kerajaan Malaka Adalah

Letak Kerajaan Malaka

Kerajaan Malaka Adalah salah satu kerajaan yang berasal dari kerajaan Melayu yang dulunya terletak di Melaka dan kerajaan ini didirikan oleh Parameswara pada saat akan abad ke-15.

Kerajaan Malaka terdapat jalan sebelum ditaklukkan perang pada saat melawan Portugal pada tahun 1511 setelah runtuhnya dalam bidang kolonisasi Eropa di pulau-pulau kecil.

Kerajaan ini meninggalkan bukti arkeologis yang akan digunakan sebagai bahan studi sejarah berdasarkan keberadaan kerajaan Cina selama Dinasti Ming.

Maka kerajaan ini menciptakan kompleksitas bagi sejarah yang memiliki hubungan dengan perkembangan Islam di Malaka yang dipimpin dari masing masing raja – raja.

Baca Juga: Pengertian Efektivitas

Sejarah Kerajaan Malaka

Sejarah malaka

Masuknya Islam pada kerajaan malaka ini dapat ​​mengubah namanya menjadi kerajaa Islam malaka, akan tetapi didirikan oleh Iskandar Syah dan sultan pertama Muhammad Iskandar.

Kerajaan ini dapat berjalan dan menerapkan ajaran agama islam dan berjalan dengan aman dibawah kepemimpinan Syah Iskanda pada saat berjalan di Samudra Pasai.

Selama masa pemerintahan Malaka banyak raja raja mengunjungi beberapa Sultan dan rakyatnya untuk melakukan adopsi Islam dan menyembahnya.

Setelah wafatnya raja Sultan Muhammad Iskandar Syah pada abad (1445-1458 M). Selama masa pemerintahan berlanjutlah dipimpin putra nya.

Nama sultan Mudzafar Syah termasuk Sultan yang Mansur dapat memimpin kerajaa malakah dengan aman dan terkendali.

Baca Juga: Teori Kontraksi

Raja Raja Kerajaan Malaka

Menurut sumber sejarah kerajaan Melayu dan Majapahit terbentuklah beberapa nama pahlawan yang memimpin kerajaan malaka dan memperjuangan kerajaan yang telah dan bermukim ditempat tersebut.

Sejumlah pengikut yang mengembangkan menjadi pelabuhan penting di Jalan Malaka.

Dengan nama nama adalah sebagai berikut.

  • Muhammad Iskandar Syah pada abad 1414-1424.
  • Sultan Mudzafat Syah berkuasa pada abad 1458 sampai 1477.
  • Sultan Alaudin Syah berkuasa pada abad 1477-1488.
  • Sultan Mahmud Syah berkuasa pada abad 1488-1511.

Baca Juga: Aspek Fisik Geografi

Kebudayaan Kerajaan Malaka

Dalam kehidupan masyarakat budayaan kerajaan malaka dapat berkembang dengan melakukan karya seni sastra Melayu dan mengembangakan nya dengan pesat.

Penciptaan karya sastra dapat mewakili karakter dari tokoh – tokoh heroik dari Kerajaan Malaka.

Misalnya:

  • Hikayat Hang Tuah
  • Hikayat Hang Lekir
  • Hikayat Hang Jebat

Dengan perkembangan seni sastra ini lah di era Islam yang pada umumnya dapat berkembang di wilayah Malaka dan Pulau Jawa.

Berikut beberapa peninggalan sastra Islam diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Suluk

Suluk adalah adalah salah satu karya sastra yang berisi tasawuf tentang persatuan dalam kebudayaan islam dengan meyakini keberadaan Alloh SWT.

Contohnya:

  • Suluk Wujil yang dilakukan oleh Sunan Bonang dalam hal ini berisi kata-kata yang mengungkapkan bahwa keberadaan Alloh dapat menciptakan semua yang ada di muka bumi ini.
  • Suluk berikutnya adalah menceritakan tentang seseorang bernama Sukarsa yang sedang mencari ilmu sejati untuk mencapai kesempurnaan hidup.

2. Hikayat

Hijayat adalah adalah salah satu hasil dari karya sastra yang didasari dengan identik cerita dongeng akan tetapi hal ini merupakan hikayat dalam gaya Islam.

Contohnya:

  • Dalam sebuah legenda yang di ungkap dari kisa Raja Pasai yang menceritakan tentang kisah pembentukan Kerajaan Samudera Pasai terhadap perlawanan Amir Hamzah.

3. Sejarah dan saran

Sejarah dan saran adalah saebuah ungkapan dalam sejarah terhadap perbedaan saran dalam hal karya sastra Islam yang mengandung nilai yang sama.

Maka dalam sejarah menceritakan kehidupan para nabi dan nasihat mereka.

4. Puisi

Puisi adalah adalah salah satu karya sastra lama yang memiliki ayat disetiap baris yang berakhir dengan suara yang sama.

Contohnya:

  • Puisi terkenal yang di ungkap dengan puisi perahu, puisi burung Pingai yang dikemukakan oleh penyaur yang bernama Abdul Muluk dan digunakan dalam lagu-lagu populer.

Baca Juga: Fungsi Nekara

Kejayaan Kerajaan Malaka

Kejayaan Kerajaan Malaka kerajaan malaka adalah sebuah ungkapan dalam kejayaan agama islam dan sering dikunjungi oleh orang Muslim.

Agama ini bertahap menyebar dengan perkembangannya pada abad 1414 Masehi.

Masuknya raja dalam Islam akan menjadikan agama telah resmi di menjadai Kerajaan yang akan banyak berkembang di wilayah yang lainnya dan akan bergabung memeluk agama Islam.

Di masa kejayanyaannya dikembangkan dilokasi yang berbeda dsiantaranya adalah.

  • Wilayah ke-2 Kepulauan Riau
  • Pantai Timur Sumatera Tengah
  • Brunai dan Sarawak
  • Tanjungpura (Kalimantan Barat)

Peninggalan Kerajaan Malaka

Ok gaes dari pembahasn di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa peninggalan Kerajaan Malaka adalah sebagai berikut:

  • Masjid Agung Deli
  • Masjid Agung Baitulrahman, Aceh
  • Masjid Johor Baru
  • Benteng A’Farmosa, bukti penaklukan Malaka oleh pasukan Portugis
  • Mata uang, peninggalan dari akhir abad ke-15

Baca Juga: Klasifikasi Planet

Letak Kerajaan Malaka

Letak Kerajaan Malaka menjadi pusat ekonomi untuk akan tetapi juga untuk wilayah Indonesia.

Selama puncak perdagangan masih banyak pedagang Indonesia yang akan berlabuh di pelabuhan Malaka.

Misalnya pedagang dari Saudi, Persia, Gujarat, Bengal, dan Cina.

Pada abad 1511 M Pada masa Sultan Mahmud Syah kejayaa pada Kerajaan telah runtuh setelah ditaklukkan oleh Portugis di bawah Alfonso d ‘Albuquerque.

Lokasi Jalan ini sangat strategis mendapatkan fenomena pasang surut, didaerah ini untuk membangun kerajaan baru.

Perthatikan letak peta dibawah ini:

kerajaan malaka

Kemudian membangun pelabuhan sebagai tempat berdagang dengan negara lain untuk memajukan dan ekonomi kerajaan.

Letak Kerajaan Malaka untuk membangun hubungan diplomatik antara Malaka dan Cina.

Karena malakukan kerja sama antara perdagangan cina dan indonesia akan memajukan perekonomian, akan tetapi masih banyak hambatan yangterjadi.

Banyak pedagang lain yang akan merusak kerjasama ini untuk membangun basis perdagangan yang bebas.
IKLAN

Dia kemudian raja – raja memberi tanda hormat dalam bentuk sutra dan kuning sebagai simbol kerajaan dan akan menjadikan Parameswara penguasa yang diakui oleh Kaisar Cina.

Kaisar Cina kemudian telah mengakui Parameswara sebagai penguasa sah wilayah Malaka.

Ok gaes sekian pembahasan dari rumussoal.com materi tentang Kerajaan Malaka, semoga materi yang singkat ini mudah dipahami, dan bisa bermanfaat untuk kita semua, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya>>>>>