Aspek Fisik Geografi

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini kami akan menyampaikan materi tentang Aspek Fisik Geografi dalam kehidupan sehari hari, dengan cakupan fenomena geosfer – Lengkap dengan pengertian, struktur, cabang ilmu, prinsip, dan contohnya supaya lebih mudah dipahami.

Fisik Geografi – merupakan salah satu gejala, dari berbagai metode dan pendekatan alam yang dapat digunakan saat belajar geografi yaitu pendekatan spasial dan pendekatan ekologis atau lingkungan yang dibentuk secara kompleks atau regional.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Aspek Fisik Geografi Adalah

Aspek-Fisik-Geografi

Asfek Geografi adalah salah satu cabang utama dalam bidang geografi yang meneliti berbagai bentang alam atau lanskap pada fisik bumi dan fenomena alam yang terjadi.

Dalam hal ini juga fenomena alam ada hubungannya dengan manusia dan mencakup banyak objek penelitian dalam pembagian aspek geografis itu sendiri, sehingga ruang lingkup geografi fisik terjadi di atmosfer dengan lapisan udara.

Aspek ini juga dalam gerakan fenomena geosfer yang akan mempengaruhi kehidupan manusia maka secara langsung akan dipengaruhi oleh alam dan bukan oleh manusia.

Pada dasarnya letak dan geografinya hal ini dibagi menjadi tiga kategori adalah.

  • Bentuk dan dimensi bumi.
  • Elemen biotik (flora dan fauna dan makhluk hidup).
  • Elemen abiotik (cuaca, tanah, batu, dan mineral).

Dari ha diatas maka hal ini dapat diringkas dalam bidang studi dan sains yang terpisah dalam ruang lingkup studi aspek fisik geografi.

Baca Juga: Fungsi Biogas

Jenis Afek Fisik Geografi

asfek-geografi

Dari apa yang sudah kami sampaikan diatas maka kami juga akan menyampaikan beberapa jenis aspek Fisik Geografi berdasarkan bentuknya diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Fungsi Makanan

1. Aspek sosial

Aspek sosial adalah salah satu hal yang mencakup aspek sosial dan dapat memeriksa orang-orang yang hidup di dalamnya untuk melakukan asosiasi dengan fenomena yang akan terjadi dalam geosfer.

Aspek sosial juga meliputi antropologis yang berkaitan dengan pola kehidupan manusia atau budaya dan akan dipandang sebagai fokus utama dalam geografis dengan lingkungan.

Berbagai aspek sosial adalah.

  • Aspek sosial bidaya – adalah salah satu pembahasan masalah yang berkaitan dengan unsur tradisi yangada dimasyarakat dengan kelompok dari berbagai lembaga sosial.
  • Aspek Ekonomi – adalah salah satu aspek yang membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan elemen pertanian dan perdagangan.
  • Aspek budaya – adalah salah satu hasil dari diskusi tentang pertanyaan dalam pendidikan dengan agama dan bahasa.
  • Aspek politik – adalah salah satu pembahasan masalah yang berkaitan dalam unsur-unsur pemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.

Baca Juga: Teori Kontraksi

2. Geografi fisik

Geografi fisik adalah salah satu bentuk dari fenomena yang ada di permukaan bumi dengan proses terhadap penekanan geografis dan akan menjadi dasar kehidupan manusia, diantaranya adalah.

  • Studi geologi – adalah salah satu masalah tentang bagaimana bumi telah terbentuk dan akan mengalami perubahan dengan seiring berjalannya waktu.
  • Geomorfologi – adalah salah satu bentuk pada permukaan tanah dan sejarah dengan pembentukannya.
  • Ilmu tanah – adalah salah satu masalah dengan sifat-sifat fisik tanah dan terdapat kelebihan dan kekurangan dari jenis nya.
  • Meteorologi – adalah salah satu bentuk dari masalah yang diakibatkan gejala cuaca dan iklim yang terjadi di alam.
  • Studi oseanografi – adalah salah satu masalah tentang sifat salinitas dengan arus laut.

Baca Juga: Fungsi Vakuola Pada Sel Tumbuhan

Cabang Ilmu Geografi Fisik

Dalam sebuah fenomena alam yang sering terjadi di bumi dengan cakupan berbagai cabang dari ilmu geografi yang dialami oleh fisik geografi.

Berikut beberapa cabang ilmu goegrafi fisik adalah.

Hidrologi – adalah salah satu studi yang menerangkan tentang pergerakan dan distribusi air yang di bumi, sehingga pergerakan tersebut akan menjadi salah satu fenomena alam.

Geologi – adalah salah satu studi yang menerangkan tentang proses pembentukan bumi dengan berbagai struktur pada lapisan-lapisan bumi dan perubahan-perubahan di bumi dengan pergerakannya.

Geomorfologi – adalah salah satu studi yemng menerangakan tentang bentuk-bentuk tanah dengan pergerakannya atau berbagai bentuk permukaan bumi.

Geografi tanah – adalah salah satu studi yeng menerangkan tentang sifat-sifat tanah dan penyebarannya sehingga penggunaannya dapat dilakukan oleh manusia.

Biogeografi – adalah salah satu studi yang menerangkan tentang penyebaran spasial dan temporal dalam bidang organisme dan faktor-faktor yang dapat menentukan pola distribusi jarak.

Baca Juga: Alat Dan Bahan Hidroponik

4 Prinsip Aspek Fisik Geografi dan Contohnya

Dari pengertian dan beberapa asfek diatas maka disini juga kami akan menyampaikan beberapa Prinsip Aspek Fisik Geografi dan akan kami lengkapi dengan Contohnya diantaranya adalah.

1. Prinsip korologis

Prinsip korologi adalah sebuah prinsip geografi yang menggabungkan dan dapat memeriksa gejala atau fakta yang sehubungan dengan distribusinya ke dalam ruang tertentu.

Sehingga prinsip ini akan terjadai perubahan dalam bidang komprehensif karena dapat menggabungkan prinsip-prinsip yang lain sebagai geografi yang modern.

Contohnya:

  • Masalah curah hujan yang terjadai di Indonesia dan berbagai daerah akan mengalami kebanjiran yang tinggi.
  • Masalah suhu udara di daerah pedesaan dan perkotaan akan penyebabkan kerusakan lingkungan dan pohon – pohon akan mengalami kerusakan.

2. Prinsip interelasi

Prinsip interelasi adalah salah satu prinsip geografi yang akan menguji keterkaitan dari suatu fenomena dan gejala geografis yang lainnya dalam suatu ruangan sehingga dari prinsip ini dapat menggambarkan hubungan alam dalm gejala yang lainnya.

Keterkaitan alam dan manusia dapat membuat prinsip ini akan berhubugan dengan sebab-akibat yang saling ketergantungan dari manusia.

Contohnya:

  • Kekeringan itu terjadi sebagai akibat dari fenomena alam.
  • Fenomena deforestasi di kawasan hulu.
  • Kondisi iklim di Indonesia dipengaruhi oleh lokasi geografis.
  • Banyak warga pesisir menjadi nelayan karena dekat dengan laut.

3. Prinsip distribusi

Prinsip distribusi adalah salah satu prinsip geografi yang terjadai atas adanya gejala dan fenomena pada permukaan bumi sehingga fenomena dapat berupa bentang alam.

Dalam prinsip ini juga dapat menunjukkan bahwa hubungan antara satu fenomena dan fenomena yang lainnya secara keseluruhan akan digunakan untuk memprediksi situasi di masa depan.

Contohnya:

  • Penyebaran flora dan fauna.
  • Distribusi berbagai potensi air ke tempat lain.
  • Distribusi populasi yang tidak merata.

4. Prinsip Deskripsi

Prinsip deskripsi adalah salah satu prinsip yang digunakan sebagai memberikan penjelasan tentang gejala yang ada Bumi dan pada dasarnya dapat memberikan spesifik dari fenomena geografis.

Maka dalam prinsip ini dapat menggambarkan fenomena geosfer dari gambaran secara kualitatif yang didasari dari masalah sebab-akibat.

Contohnya:

  • Tabel tingkat pengangguran.
  • Peta grafis pada lempeng tektonik.
  • Peta wilayah laut di wilayah Asia.
  • Gambar distribusi curah hujan.

Sekian sobat pembahasan dari rumussoal.com mengenai materi tentang Aspek Fisik Geografi, semoga materi ini dapat bermanfaat untuk semua sobat rumussoal.com, sekian dan terimakasih.

Baca Artikel Lainya >>>>>