Amalan Bulan Ramadhan

Posted on

Hallo sobat, rumussoal.com kali ini penulis disini akan menerangkan materi tentang amalan di bulan ramadhan – lengkap dengan pengertian, contoh, serta, faedah supaya mudah dipahami.

Bulan suci ramadhan – adalah berupa puasa, sohlat teraweh, bersedekah, membaca Al Quran semua amalan itu pahalanya akan di lipat gandakan oleh Alloh.

Apa Itu Amalan Bulan Ramadhan

amalan-bulan-ramadhan

Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat di tunggu – tunggu oleh seluruh umat islam, karna bulan ini selain hanya di pertemukan setahun sekali.

Bulan ini juga merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan dari Alloh, sehingga umat islam pada bulan ramadhan ini banyak melakukan amalan – amalan baik.

Marhaban ya ramadhan artinya selamat datang wahai bulan ramadhan, bagaimana tidak di bulan ramadhan ini selain bulan yang penuh berkah seluruh amalan kita akan di lipat gandakan oleh Alloh.

Baca Juga: Macam Macam Hukum Taklifi

10. Amalan Di Bulan Ramadhan

Ada beberapa amalan di bulan ramadhan yang akan menambah nilai ibadah kita di antaranya yaitu:

1. Berpuasa

berpuasa

Puasa hukumnya wajib bagi umat islam apa lagi puasa di bulan ramadhan hanya terjadi satu tahun sekali, dan bulan ramadhan merupakan bulan yang di tunggu – tunggu bagi umat islam.

Dengan kita berpuasa di bulan ramadhan, berarti kita melatih sebuah kesabaran yang ada pada diri kita, sebab di bulan ramadhan kita di anjurkan untuk bersabar dalam segala hal.

2. Tadarus

tadarusan-2

Di antara amalan yang sangat di anjurkan di bulan ramadhan adalah tadarus, yang artinya menelaah, merenungkan, membaca dan memahami wahyu Alloh.

Keutamaan Dalam Tadarus

Di dalam tadarus ada beberapa keutamaan yang harus kita pahamin agar di bulan ramadhan kita dapat menjalankan tadarusan dengan sungguh – sungguh jika kita telah memahamin mengenai keutamaan tadarus.

Keutamaan tadarus di antaranya yaitu:

  • Di surga kelak Alloh akan menggumpulkan kita bersama para malaikat.
  • Menjadi orang yang sangat baik di antara orang – orang yang sering mengapal Al-quran.
  • Memperoleh semua kebaikan dari Alloh SAW.
  • Akan mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak.

Baca Juga: Tingkatan Ukhuwah

3. Sholat Lima Waktu

orang-solat

Bagi umat islam shalat merupakan tiang agama, jika kita melakukan shalat lima waktu tanpa putus di bulan ramadhan bukan hanya sebuah pahala yang akan kita dapat.

Apa lagi jika kita melakukan shalatnya secara berjamaah di masjid maka kita akan mendapatkan berkah, dan sahlat kita pun lebih baik di bandingkan seribu rakaat di bulan – bulan yang lain.

Karna bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah, sehingga semua aktifitas kita mengenai ibadah di bulan ramadhan akan di lipat gandakan oleh Alloh.

4. Shalat Teraweh

shlat-teraweh

Di bulan ramadhan selain kita harus menjaga shalat lima waktu kita juga harus melaksanakan shalat teraweh selama satu bulan penuh.

karna dengan melakukan amalan shalat teraweh di bulan ramadhan selain dapat pahala yang berlipat ganda, kita juga dapat menjalin silaturahmi bersama tetangga jika shalat teraweh tersebut di lakukan secara berjamaah di masjid.

5. Bersodakoh

bersedekah

Dalam ajaran agama islam bersodakoh merupakan hal yang sangat di anjurkan karna dengan bersodakoh kita dapat membersihkan harta benda yang kita dapat.

Amalan bersedekah pada bulan ramadhan sangatlah bagus, tapi bukan berarti sodakoh di bulan yang lain tidak bagus,

Karna setiap perbuatan baik pada bulan ramadhan setiap pahalanya akan di lipat gandakan dan akan mendapatkan imbalan surga dari Alloh serta akan di jauhkan dari api neraka.

Keutamaa Sodakoh

Di dalam sebuah sodakoh ada sebuah keutamaan yang harus kita ketahuin agar kita tidak lagi ragu untuk bersodakoh di antaranya antaralain:

  • Sodakoh dapat menghapus dosa yang telah kita perbuat,
  • Sodakoh dapat menghilangkan murkanya Alloh.
  • Sodakoh dapat memberi berkah terhadap harta yang kita miliki.

6. Makan Sahur

Makan sahur juga merupakan bagian dari amalan yang harus kita kerjakan pada bulan ramadhan agar puasa kita mendapatkan berkah dari Allah SWT.

hal ini di terangkan oleh beberapa hadist yang ada bahwa dengan makan saur maka keberkahan akan di berikan oleh Alloh.

Selain kita mendapatkan keberkahan dari Alloh ketika makan sahur, badan pun akan terasa lebih segar di bandingkan dengan orang yang tidak saur.

7. Menyegerahkan Berbuka

Alloh menganjurkan jika waktunya berbuka puasa telah tiba harus di segerakan jika telah mendengar suara adzan, berbeda dengan waktu sahur.

Jika waktu sahur kita disunnahkan agar kita sahur menjelang pada waktu imsak.

Agar kita bisa mendapatkan barokah dari Alloh maka kita harus mengikuti pendapat para ulama yang berdasarkan sebuah hadist dan firman Alloh.

8. Berzikir

Derzikir kita dapat lakukan dimana pun dan kapan pun namun jika bisa pada bulan ramadhan yang penuh berkah ini kita harus dapat lebih banyak untuk mengingat Allah.

Dengan banyaknya kita berzikir dan mengingat Allah itu dapat menghapus dosa yang ada pada diri kita.

Ada beberapa waktu yang bagus untuk melakukan zikir pada bulan ramadhan yaitu:

  • Memperbanyak istifar di waktu saur.
  • Orang yang sedang menjalankan puasa di saat berbuka puasa ada doa yang tidak dapat di tolak oleh AlloH.
  • Pada waktu sepertiga malam.

Baca Juga: Bacaan Sholawat

9. Memberi Makan Orang Puasa

Memberi makan pada orang yang sedang berpuasa merupakan salah satu amalan pada bulan ramadhan.

Kita memberi makan pada orang yang sedang berpuasa amalnya sama saja kita berpuasa, apa lagi jika orang yang kita kasih makan tersebut mendoakan kita.

Dan di dalam ajaran agama islampun tolong menolong sangat di anjurkan apa lagi di saat bulan ramadhan, karna di dalam bulan ramadhan setiap perbuatan baik akan di lipat gandakan amalnya.

10. Bertaubat

Bulan ramadhan merupakan bulan pengampunan jika pada bulan ramadhan kita bersungguh dalam bertobat, insaallah kita seperti seorang bayi yag baru lahir.

Jika kita bersungguh – sungguh dalam bertobat Alloh pasti akan menerima taubat kita yang penting kita tidak akan mengulangin kesalahan yang telah kita perbuat.

Karna Alloh itu maha segala – galanya sehingga sebesar apa pun dosa kita asalkan kita mau betul – betul bertobat, tobat kita pasti akan di terima oleh Alloh.

Contoh taubat yang di terima Alloh antara lain:

  • Tidak memiliki sebuah rasa dengki terhadap orang lain.
  • Cara bicara lebih terjaga dan terarah.
  • Dalam melakukan taubat tidak pernah berhenti.
  • Merasa senang dan nyaman tinggal dalam suwasana dan lingkungan yang baik.

Hikmah Amalan Bulan

Hikmah dari amalan bulan ramadhan jika kita bersungguh – sungguh dalam menjalankan amalan di bulan ramadhan tersebut maka kita akan seperti orang yang baru lahir kembali.

Sedangkan bulan ramadhan merupakan bulan yang di tunggu – tunggu oleh umat islam di seluruh dunia.

Karna bulan ini merupakan bulan yang sangat istimewah diataranya yang perlu kita ketahui yaitu:

  • Berlipat gandanya pahala.
  • Bulan mafiroh ( pengampunan ).
  • Malam turunnya lailatul qodar.
  • Turunnya al-quran.

Sekian sobat yang dapat rumussoal.com sampaikan materi tentang amalan di bulan ramadhan, semoga materi yang singkat ini dapat mudah dipahami, sekian dan terima kasih.

Baca Artikel lainnya>>>>>