Misi Dakwah Nabi Muhammad

Posted on

Assalamu’alaikum sobat rumussoal.com kali ini akan menyampaikan materi Misi Dakwah Nabi Muhammad di mekah dengan metode yang di lakukannya, lengkap dengan pengertian, prilaku, dan contoh perbuatannya.

Misi Dakwah Nabi Muhammad – adalah salah satu yang hal di lakukan oleh Rasulullah SAW dengan melakukan dan kepribadian yang mulia dan karakter yang baik, sebagai seruan untuk mengajak umatnya selalu mentaati perintah Alloh.

Misi Dakwah Nabi Muhammad Adalah

Misi-Dakwah-Nabi-Muhammad

Nabi Muhammad SAW, dalam melakukan dakwah sangat bersyukur dan didorong untuk karunia Tuhan karena dengan wahyu ini dia menerima petunjuk untuk membimbing orang – orang untuk menuju alan kebaikan.

  1. Mengarahkan Iman kepada Allah. Pada saat itu Jahiliyah menyembah berhala yang berada 360 berhala di sekitar Kabah.
  2. Letakkan dasar untuk hukum Allah dengan hukum yang mereka terapkan sebagai hukum rimba dan yang kuatlah yang menang.
  3. Membangun moralitas mulia yang disukai orang Arab pada masa Jahiliyah.
  4. Meningkatkan iman untuk kepentingan masyarakat pada masa wanita Jahiliyah Arab.

Dakwah Nabi Muhammad Dalam Ketuhanan

Ada tiga misi Nabi Muhammad SAW Misi Dakwah Nabi Muhammad dalam pengajaran tauhid sebagai rahmatan lil alamin, penyempurnaan moral manusia, dan yang mulia serta bermanfaat.

Berikut misi Nabi Muhammad diantaranya adalah:

1. Mengajarkan Tauhid

Alloh-Berfirman

Nabi Muhammad dalam mengajarkan kepada beberapa orang pada waktu itu masih sangat religius dengan cara yang benar sesuai dengan instruksi Nabi Ibrahim.

Tetapi beberapa orang yang benar-benar menyembah Allah melalui para mediator dan di antaranya adalah Dakwah dalam penyembahan berhala murni. untuk mengoreksi orang yang telah menyimpang pada waktu itu.

Allah SWT adalah satu-satunya orang yang berkomitmen untuk beribadah dan tidak memiliki pasangan, tidak punya anak atau beranakan, dan pada pertama kali mengirim Utusan Allah yang dianggap tauhid cukup untuk percaya bahwa Allah sampai انه وتعال merupakan satu-satunya yang patut di sembah.

Baca Juga: Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah

2. Menyempurnakan Akhlak mulia

Alloh-Berfirman-2

Ketaatan lurus dengan kesempurnaan moralitas dan orang-orang pada saat itu, mereka tahu bahwa ada Misi Tuhan yang maha kuasa, tetapi penerapan tauhid itu salah dalam apa yang sebenarnya Tuhan lakukan.

Keyakinan yang keliru ini membuat moralitas masyarakat menjadi banyak yang poligami tanpa batas karena takut menjadi miskin dan terhina, dan menyelesaikan semua masalah dengan perang.

Setelah Rasulullah SAW mengajarkan persatuan maka sangat menegakkan dan mengajarkan berbagai akhlak mulia yang pada akhirnya membuat orang melepaskan perilaku buruk dan masyarakat saat itu menjadi mulia dan terpuji.

3. Sebagai Rahmatan Lil ‘Alamin

Alloh-Befirman-3

Rasulullah SAW adalah Rahmatan Lil Alamin yang artinya rahmat bagi alam semesta, dalam menyebarkan cinta dan memberikan kabar baik dan peringatan.

Dalam memberikan kedamaian dan kemakmuran untuk orang Arab, tidak hanya untuk umat Islam, tetapi untuk semua umat manusia di bumi Allah SWT.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, Misi Dakwah Nabi Muhammad, dalam ajaran agama islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat mudah dipahami, dam mudah di mengerti, sekian dan terima kasih.

Artikel Lainnya: