Pengertian Tekun

Posted on

Halllo sobat rumussoal.com akan menyampaikan materi tentang Pengertian Tekun dalam islam – lengkap dengan pengertian, arti , unsur, manfaat, dan contoh perbuatan nya, supaya mudah dipahami.

Pengertian Tekun – adalah salah satu aspek dengan keinginan untuk mencapai sesuatu dengan serius dan biasa disebut pekerja keras dan merupakan bentuk pengembangan kepercayaan diri, meskipun melakukan ketekunan tidak mudah putus asa.

Langsung saja simak pembahasan dibawah ini…?

Arti Tekun Adalah

Pengertian-Tekun

Tekun adalah sebuah kemampuan seseorang dapat bertahan di tengah tekanan dan kesulitan dengan mengatasinya, walaupun terdapat banyak rintangan yang harus diraih dan diselesaikan.

Ketekunan juga sebuah pemikiran dengan kecerdasan dan keterampilan, atau kemampuan yang diperoleh dari kehidupan dengan menempa dengan cermat dan akan mendapatkan hasilnya yang sangat luar biasa.

Tekun juga berarti mengarahkan pikiran dan perasaan ke arah kegiatan yang akan dilakukan dengan serius dan dapat juga di lakukan pada saat belajar dan dapat mencapai kehidupan yang sukses.

Sikap dan perilaku pekerja keras ini jelas sangat diperlukan untuk dapat melakukan tugas dan dapat melakukan nya dengan tujuan dalam ibadah, maka ketekunan juga terkait erat dengan kegigihan.

Jika seseorang yang memiliki kegigihan dan keterkunan tentunya sangat mudah untuk mencapai kesuksesan hidup dan akan mendapatkan keridhoan Allah SWT.

Baca Juga: Pengertian Ghibah

Manfaat Memiliki Sikap Tekun

Dari apa yang sudah kami sampaiakan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa manfaat seseorang yang memiliki sikap dengan ketekunan diantaranya adalah.

1. Memiliki Rencana Dalam Menentukan Sesuatu

Miliki rencana yang cukup matang adalahsalah satu sikap yang dapat melakukan sesuatu, dan memiliki makna atau perilaku yang gigih dan biasanya gigih dalam melakukan suatu dengan kegiatanakan mudah rencanakan.

Karena dalam mencapai sesuatu itu juga membutuhkan rencana yang matang dan dalam membuatnya juga harus mengimplementasikan rencana yang diguncang yang dimulai dari nol.

2. Pekerjaan Cepat Selesai

Dalam hal ini tentunya seseorang yang memiliki sikap tekun tentukan semua perkerjaan akan mudah cepat selesai atau mudah tercapai, tentunya hal ini sangat hebat dan istimewa.

Orang yang memiliki ssifat dan karakter tersebut dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu yang cepat dan singkat, dan akan didorong dengan semangat yang tinggi.

3. Disiplin

Banyak orang yang memiliki kegiatan atau tugas yang harus dilakukan, maka seseorang tersebut harus memiliki sikap yang diseplin, dan mengerjakan pekerjaan akan terlihat mudah.

Baca Juga: Dampak Buruk Hasad

4. Memiliki sikap optimis

Dalam hal ini seseorang yang mempunyai sikap tekun pastinya memiliki sikap optimis meski banyak yang melakukan pekerjaan tersebut masih gagal, tetapi cukup banyak orang yang tetap optimis.

Sita optimisme penting untuk melakukan suatu pekerjaan dan akan menghidupi nama kehidupan sehingga tidak mudah terpengaruh dan tidak mudah menyerah.

Baca Juga: Strategi Dakwah Rasulullah Di Madinah

Sikap Tekun, Ulet Dalam Keseharian

Ketekunan adalah sebuah syarat utama untuk sukses dalam hidup dengan melakukan kerja keras dan ulet di lingkungan keluarga dapat terjadi diantaranya.

  • Selesaikan pekerjaan dalam kegiatan rutinitas.
  • Mencoba melakukan pekerjaan dengan tugasnya sendiri.
  • Lakukan semua kegiatan dengan cermat.

Di lingkungan sekolah.

  • Ikuti peraturan sekolah dengan benar.
  • Lengkapi kiprah dengan sempurna.
  • Dengarkan pesan dan instruksi guru.

Di lingkungan komunitas.

  • Ambil bagian yang aktif dengan kegiatan di komunitas.
  • Jaga area dan tetap rapi dan tenang.
  • Peduli dan suka membantu orang lain.

Baca Juga: Misi Dakwah Nabi Muhammad

Keutamaan Tekun

Dari apa yang sudah kami sampaikan di atas maka kami juga akan menyampaikan beberapa keutamaan yang memiliki sikap dengan ketekunan diantara adalah sebgai berikut.

  • Menjadi seseorang yang disukai oleh Alloh dan berbuat baik.
  • Perencanaan dengan cerma.
  • Pekerjaanyang dapat dilakukan dengan cepat.
  • Disiplin ketika melakukan sesua.
  • Jadilah jiwa yang optimis tentang kehidupan

Sekian sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang, Pengertian Tekun dalam islam, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pengertian Taat